Asbabul Nuzul Sirah Al-Lahab (Gejolak Api)

🐝 MFT (MANIS For Teens)

📆 Sabtu, 03 Muharram 1439 / 23 September 2017

📕 Al Qur'an

📝 Ida Farida

📖 Asbabul Nuzul Sirah Al-Lahab (Gejolak Api)
~~~~~~~~~~~~~~~
🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar adik-adik semua? Semoga kita semua masih dalam naungan Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Aamiin

langsung kita mulai aja ya

بسم الله الرحمن الرحيم
تَبَّتْ يَدَآ أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ. مَآ أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ. سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ. وَٱمْرَأَتُهُۥ حَمَّالَةَ ٱلْحَطَبِ. فِى جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍۭ

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.

🐣Adik-adik yang di rahmati Allah, dalam suatu riwayat dikemukakan pada suatu ketika Rasulullah saw naik ke bukit Shafa sambil berseru: "Mari berkumpul pada pagi hari ini!" Maka berkumpullah kaum Quraisy. Rasulullah saw bersabda, "Bagaimana pendapat kalian, seandainya aku beritahu bahwa musuh akan datang besok pagi atau petang, apakah kalian percaya padaku?" Kaum Quraisy menjawab: "Pasti kami percaya." Rasulullah saw bersabda, "Aku peringatkan kepada kalian bahwa siksa Allah yang dahsyat akan datang." Berkatalah Abu Lahab, "Celaka engkau! Apakah hanya untuk ini, engkau kumpulkan kami?" Maka turunlah ayat ini (QS. Al-Lahab: 1-5) berkenaan dengan peristiwa tersebut, yang melukiskan bahwa kecelakaan itu akan menimpa orang yang memfitnah dan menghalang-halangi agama Allah. (HR. Bukhari dan lain-lain, yang bersumber dari Ibnu 'Abbas)

🐣Adik-adik semuanya, dalam riwayat lain dikemukakan bahwa istri Abu Lahab menyebarkan duri-duri ditempat yang akan dilalui Nabi saw.. ayat ini (QS. Al-Lahab:1-4) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut, yang melukiskan bahwa orang yang menghalang-halangi dan menyebarkan permusuhan terhadap Islam akan mendapat siksaan Allah. (Diriwayatkan oleh Ibnu Karir dari Isra-il, dari Abu Ishaq yang bersumber dari orang Hamdan yang bernama Yazid bin Zaid dan diriwayatkan pula oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari 'Ikrimah)

☄Demikian pembahasan kali ini, semoga bertambah pengetahuan kita dan bisa kita mengambil ibrah dari kisah Abu Lahab dan istrinya.

Adik-adik semuanya, kita berdoa bersama-sama semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat seperti Abu Lahab dan istrinya. Aammiiinn🙏🏻

🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

📲Sebarkan! Raih pahala
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ikuti Kami di:
📱 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
🖥 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
📮 Twitter : https://twitter.com/majelismanis
📸 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
🕹 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
📱 Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Asbabul Nuzul Sirah Al-Lahab (Gejolak Api)"

Post a Comment