SUKU-SUKU KAHLAN YANG BERHIJRAH

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Kamis, 04 Zulqadah 1438 H/ 20 Juli 2017

๐Ÿ“• SHIRAH NABAWIYAH

๐Ÿ“  Kak Siro

๐Ÿ“– Judul Materi *SUKU-SUKU KAHLAN YANG BERHIJRAH*
~~~~~~~~~~~~~~~~~ ๐Ÿซ๐ŸŒด๐Ÿซ๐ŸŒฟ๐Ÿซ

Assalaamu'alaikum Wr.Wb

Bagaimana kabarnya hari ini adik adik ?

Mudah-mudahan selalu di limpahkan Rahmat, Hidayah serta Ridha Allah Swt. Dan Semoga Allah memberikan ketetapan hati dengan iman yang terus bertambah di dalam diri kita. Aamiin ...

Hari ini kita akan mengenal suku-suku kahlan yang berhijrah dapat di bagi menjadi 4 golongan :

1) *Azad*

    Perpindahan mereka dipimpin oleh pemuka dan pemimpin mereka, Imran bin Amru Muzaiqiya mereka berpindah pindah di negeri Yaman dan mengirim para pemandu lalu berjalan ke arah utara dan timur. Dan inilah rincian akhir tempat-tempat yang pernah mereka tinggali setelah perjalanan mereka tersebut : Tsa'labah bin Amru pindah dari azad menuju Hijaz, lalu menetap di antara Tsa'labiyah dan Dzi Qar. Setelah anaknya besar dan kuat dia pindah ke Madinah dan menetap di sana. Di antara keturunan Tsa'labah ini adalah aus dan khazraj yaitu dua orang anak dari Haritsah Bin Tsa'labah.

Diantara keturunan mereka yang bernama Haritsah bin Amr ( atau yang dikenal dengan Khuza'ah ) dan anak keturunannya berpindah ke Hijaz, hingga mereka sehingga Mur azh-syahran, yang selanjutnya membuka tanah suci dan mendiami Mekah serta mengusir penduduk aslinya, Al-jarahimah. Sedangkan Imran Bin Amr singgah di oman lalu bertempat tinggal di sana bersama anak-anak keturunannya yang disebut Ada Oman sedangkan kabilah-kabilah Nashr bun Al Azd menetap di tihamah yang disebut Azd Syanuah. Jafnah bin Amr pergi ke Syam dan menetap di sana bersama anak keturunannya. Dia dijuluki Bapak para Raja Al-Ghassasinah, yang dinisbatkan kepada mata air di hijaz yang dikenal dengan nama Ghassan, yang telah mereka singgahi sebelum akhirnya pindah ke Syam.

2) *Lakhm dan Jutaan*

Mereka pindah ke timur dan Utara. Tokoh di kalangan mereka adalah nashr bin rabi'ah pemimpin raja-raja al-mundzir di Hirah.

3) *Bani Tha'i*

Setelah Azad berpindah, mereka berpindah ke arah utara hingga singgah diantara dua gunung, Aja' dan Salma.Mereka menetap di sana hingga mereka dikenal dengan sebutan Al-jabalani ( 2 gunung ) di gunung Thayyi'.

4) *Kindah*

Mereka singgah di Bahrain lalu terpaksa meninggalkannya dan singgah di Hadramaut. Namun nasib mereka tidak jauh berbeda saat berada di Bahrain hingga mereka pindah lagi Najd. Disana mereka mendirikan pemerintahan yang besar dan kuat. Tetapi Secepat itu pula mereka punah dan tak meninggalkan jejak. Di sana masih ada satu kabilah dari himyar yang diperselisihkan asal keturunannya, yaitu Qudha'ah. Mereka hijrah meninggalkan Yaman dan menetap di pinggiran Iraq.

๐Ÿซ๐ŸŒด๐Ÿซ๐ŸŒด๐Ÿซ๐ŸŒด๐Ÿซ๐Ÿซ๐ŸŒด๐Ÿซ

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c
[28/7 13:50]