Manajemen Waktu

๐Ÿ MFT (MANIS For Teens)

๐Ÿ“† Rabu , 26 Juli 2017/ 02 Dzulqo'idah

๐Ÿ“• Akhlak

๐Ÿ“ Kak Lelisya

*๐Ÿ“– MANAJEMEN WAKTU*
~~~~~~~~~~~~~~~~
๐Ÿ„⏰๐Ÿ„⏰๐Ÿ„⏰๐Ÿ„⏰๐Ÿ„

*๐ŸŒคManjemen Waktu*

⏰ Seorang muslim yang taat maka sudah selayaknya menjadikan hari-harinya  menjadi sesuatu yang memiliki kemanfaatan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Agar tiap hari waktunya bermanfaat, maka selayaknya setiap muslim dapat mengatur waktunya dengan baik sehingga tidak terbuang sia-sia.

*Waktu Adalah Nikmat Yang Agung*

⏰ Allah banyak bersumpah dengan waktu. Tidak lain karena keagungan nikmat waktu dan begitu urgensinya dalam kehidupan anak manusia. Allah bersumpah dengan waktu dhuha, waktu malam, siang, dan bahkan dengan waktu itu sendiri. “Demi masa”. Rasulullah saw melarang kita mencaci waktu. Karena waktu adalah hamba Allah yang senantiasa tunduk dan berserah diri kepada-Nya. Maka atas perintah-Nya dia berlalu dan melaju bagaikan badai tanpa ada yang sanggup menghentikannya kecuali Allah yang maha perkasa. Beliau juga bersabda:

ู†ุนู…ุชุงู† ู…ุบุจูˆู† ููŠู‡ู…ุง ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ: ุงู„ุตุญุฉ ูˆุงู„ูุฑุงุบ .

Dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu darinya, yaitu kesehatan dan waktu luang.

*Waktu Adalah Umur dan Kesempatan*

⏰ Adalah keberadaan kita. Ia bagaikan ruang yang membatasi kita. Tanpanya kita benar-benar tiada. Dialah Allah yang selalu mendatangkan waktu itu  silih berganti sehingga hari kemarin tak akan dapat kita jumpai lagi. Bahkan sedetik waktu yang telah berlalu itu terlalu jauh kebanding setahun yang akan datang. Karena setiap yang akan datang itu dekat. Orang yang bertanggungjawab hanyalah orang yang menghargai waktu-waktunya. Adapun mereka yang menyia-nyiakannya maka ia pasti menuai kerugian besar. Yang bisa dilakukannya hanya menjawab tanggung saja!! Ia hidup dalam keadaan  mati,   meskipun  ia berjalan di muka bumi, masih merah warna darahnya serta berdetak pompa jantungnya. Inilah  makna yang  tersirat dari ucapan orang-orang kafir ketika mereka ditanya,”Berapa tahunkah   lamanya engkau  tinggal di bumi? Mereka menjawab  kami  tinggal di bumi sehari atau setengah hari”.

⏰ Jawaban itu menunjukkan bahwa seakan-akan mereka hidup hanya sehari atau setengah hari saja. Padahal sebenarnya diantara mereka ada yang hidup selama enam puluh tahun, ada yang hingga delapan  puluh tahun dan bahkan  ada yang  seratus tahun. Namun mereka tidak memahami arti umur, tidak mampu menguasai dan mengisinya sehingga merasa bahwa perjalanan hidupnya di dunia serasa begitu singkat, mengingat mereka tidak mengetahui masalah akhirat. Mereka hanya mengonsentrasikan pada masalah keduniawian belaka. Waktu-waktu yang dilaluinya berisi kesia-siaan semata

⏰ Waktu adalah kesempatan untuk berbuat baik dan berbekal di hari kemudian. Dan ketika  maut menjemput, maka saat itulah hilang sudah kesempatan kita. Yang tersisa hanyalah kenangan atau penyesalan. Tak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki ataupun menambah kebaikan itu. Hilangnya kesempatan bagi orang lain merupakan pelajaran berharga bagi setiap orang yang takut kepada Allah dan hari pembalasan. Sehingga seusai Allah menceritakan adzab yang membinasakan Fir’aun Allah berfirman :

ุฅู† ููŠ ุฐู„ูƒ ู„ุนุจุฑุฉ ู„ู…ู† ูŠุฎุดู‰

Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut.

*Manajemen Waktu Dalam Islam*

⏰ Tugas dan kewajiban kita sebagai manusia terlalu banyak. Sedang waktu membatasi ruang gerak dan usaha kita. Dilihat dari sisi waktu dan kepentingannya pekerjaan itu bermacam-macam dan bertingkat. Dari situlah seorang mukmin harus memandang, memilih dan memilah berbagai pekerjaannya.

⏰ Dahulukan yang wajib dari yang sunnah atau mubah. Karena takwa itu terletak pada pekerjaan yang diwajibkan dan meninggalkan yang di haramkan. Bukan pada pekerjaan yang sunnah. Disanalah terletak tuntutan dan pertanggungjawaban!! Jika seseorang melalaikan yang wajib, maka cacatlah atau bahkan batallah ketakwaannya. Namun jika meninggalkan yang sunnah, maka tidaklah merubah ketakwaannya.

⏰ Manajemenlah waktu kita dengan sebaik-baiknya semisal : usahakan sholat fardhu kita tepat waktu, jangan sampai dengan seabrek aktivitas melalaikan waktu sholat fardhu kita..

⏰Sobat MFT yang dimuliakan Allah swt, ibarat pepatah mengatakan : waktu adalah pedang....maka dari itu berhati-hatilah

~~~~~~~๐Ÿ„๐Ÿ๐ŸŒบ
~~~~~~~๐ŸŒบ๐ŸŒธ☘

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/majelismanis
๐Ÿ“ธ Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
๐Ÿ“ฑ Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c

0 Response to "Manajemen Waktu"

Post a Comment

loading...
loading...