Antara Tanggung jawab sbg Istri dgn Pekerjaan

Assalamu'alaikum Ustadzah.. Tanya dong.. apa yang harus aku lakukan menurut Islam. Selamatkan kebutuhan keluarga atau selamatkan nyawa pasien yang membutuhkan pertolongan?
Aku bener pusing.. fisik, gak mampu. Pekerjaan dan tanggung jawab sebagai ibu, istri dan atasan luar biasa banyak. Sementara hemofilia sering kali jadi pilihan sulit manakala harus menolong pasien yang sedang bertaruh nyawa.. 😔
Sementara aku ngerasa 'kerja sendiri' di hemofilia untuk bantu Dr Novie.
Ini pertanyaan buat di MANIS yaa.  🙏🏾
# A 14

Jawaban
--------------

‌و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

MasyaAllah... kondisi yang berat.
Maaf  di pertanyaan ada kata-kata tanggung jawab sebagai istri, berarti bekerjanya sifatnya membantu dan sudah ada izin dari suami. Sehingga butuh komunikasi yang baik supaya suami bisa back up atau paling tidak suami memahami tuntutan atau konsekwensi pekerjaan sebagai seorang dokter.

Untuk pekerjaan ia akan jadi berat kalau kita menjalaninya dan menganggapnya sebagai beban. Sehingga untuk bisa terasa ringan mindset berfikir kita yang harus kita rubah, kita yakini:

1. Ini sarana untuk bisa menggapai surga.

2. Ladang amal sholeh yang tidak semua orang bisa dapat karena harus ahli.

3. Bisa membantu,meringankan penderitaan pasien bahkan bisa menolong pasien yang sedang bertaruh nyawa, ini luar biasa butuh pendampingan.

4. Ladang pahala yg luar biasa.

5. Menjalaninya harus dengan ikhlas. Dan menikmati.

Jangan dibenturkan semua tuntutan dan tanggung jawab sebagai istri, ibu dan pekerjaan tapi dimanage, di arrange libatkan orang-orang terdekat untuk terlibat . Misal yang bantu pekerjaan rumah. Antar jemput anak. Dll.

Bismillah....
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan Allah tidak menghendaki kesulitan untuk kalian.” 
(QS. Al-Baqarah: 185)

Wallahu a'lam.