Hak & Kewajiban Suami

assalamu'alaykum ustadz/ustadzah..
sy mau bertnya,apa sajakah hak dan kewajiban suami terhadap istrinya?
jazaakillaahu khayran atas jawabannya. 🙏🏻

Jawaban
--------------

‌و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

Apa yang menjadi hak suami sama dengan kewajiban istri dan apa yang menjadi kewajiban suami itu adalah hak istri. Diantara hak suami adalah:
🌿Suami berhak ditaati dalam hal apapun dengan  batasan hadits "Tidak ada ketaatan kepada makhluq apabila mengajak kepada kemaksiatan kepada Allah"

🌿 Istri menjaga kesucian dirinya disaat suami tidak ada dirumah .
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لِحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ.

“Barangsiapa yang menjaga apa yang ada di antara dua bibir (lisan)nya dan di antara dua paha (kemaluan)nya, aku akan jamin ia masuk ke dalam Surga.”

🌿 Menjaga harta suami.

🌿Menjauhkan diri dari mencampuri sesuatu yang dapat menyusahkan suami.

🌿Menjaga penampilan dihadapan suami

🌿Menjaga perasaan suami

Kewajiban suami atas istri diantaranya yaitu:

🌴Suami wajib membayar mahar pernikahan.

🌴Suami adalah pemimpin terhadap istri dan rumah tangganya. Allah berfirman:

" Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. " (Qs. An-nisaa,4:34)

🌴Suami wajib melindungi istrinya dan memberikan segala sesuatu keperluan hidup rumah tangga sesuai dengan kemampuannya .

🌴Suami wajib memberikan pendidikan agama kepada istrinya dan memberi kesempatan belajar pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa.

🌴Suami wajib memberikan nafkah pada istri seperti tempat kediaman bagi istri, biaya rumah tangga, biaya perawatan dan biaya pengobatan bagi istri dan anak juga biaya pendidikan bagi anak.

🌴Wajib memuliakan istri. Karena dengan memuliakan istri akan menambah rizki dan Allah akan mencukupkannya.

🌴. Menggaulinya dengan baik

Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah, yang paling baik akhlaknya dan paling ramah terhadap istrinya/keluarganya. (Tirmudzi)

Itulah diantara  sebagian.hak dan kewajiban suami.

Wallahu a'lam.

Oleh: Nurdiana

NASEHAT HARI INI