Godaan Kelalaian dari Jihad

Seorang laki-laki dari kalangan Muhajirin yang berjihad membebaskan Konstantinopel melesatkan dirinya ke barisan lawan hingga berhasil menerobosnya.

Pada saat itu terdapat Abu Ayyub al-Anshari (ra). Manusia banyak berkata, "laki-laki itu telah melemparkan dirinya dalam kebinasaan" seraya menukil "janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan" dari Surah al-Baqarah ayat 195.

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Abu Ayyub al-Anshari (ra) menjawab, "kami lebih tahu tentang ayat tersebut karena diturunkan atas kami.. ..Menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan itu adalah berdiam-diri bersama keluarga dan (menikmati) harta serta meninggalkan jihad".

Menikmati Tafsir Ibn Katsir, Surah al-Baqarah: 195

*Red .
🔸Lawan banyak ? Posisi kuat ? Waktu & resources terbatas ? jangan menghalangi kita untuk mengoptimalkan proses dengan kreatifitas
🔹 Jangan pernah berhenti untuk memaksimalkan partisipasi dalam segala lini
🔸Siapkan diri dengan segala skenario yg mengantisipasi semua kemungkin yg akan terjadi

Oleh: Agung Waspodo, SE, MPP

NASEHAT HARI INI