WAHABI

Assalamualaykum wr wb. Ustadz/ah...
Apakah yang dimaksud dengan kaum wahabi? Apakah mereka sesuai dengan qur'an dan sunnah?
Syukran mba.  A02

Jawaban
--------------

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته

Bismillah wal Hamdulillah wash shalatu was salamu 'ala rasulillah wa ba'd:

Gerakan Wahabiyah, adalah sebuah gerakan tajdid (pembaharuan), di jazirah Arab, khususnya Najd. Dimotori oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab Rahimahullah.
Tema utamanya adalah pemurnian tauhid dari noda kesyirikan dan pemurnian ibadah dari noda kebid'ahan.

Da'wah beliau, tidak bernama. Ada pun penamaan wahabi, ada beragam versi; ada yang menyebut dari penjajah Inggris, ada pula yang menyebut penamaan itu berawal dari kakak kandungnya sendiri, Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab yang tidak menyukai da'wah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Syaikh Sulaiman menyusun kitab membantah da'wah adiknya, dengan judul Fashlul Khithab fi Raddi 'ala Muhammad bin 'Abdil Wahhab. Konon, sbagian ulama mengatakan bahwa sang kakak sudah meralat hal itu dan justru membela da'wah adiknya.

Garis perjuangan dan pemikiran Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab sejalan dengan Imam Ibnu Taimiyah, dan juga Imam Ahmad bin Hambal. Bahkan dianggap pelanjut estafeta mereka.

Gerakan da'wah Beliau ... selanjutnya terlalu banyak kabut sejarah yang menyertainya. Fitnah yang dialaminya dari musuh-musuhnya, juga pembelaan kepadanya dari para pengikutnya. Keduanya pada porsi yang sangat banyak saling bantah dan menihilkan.

Kadang citra buruk itu diperagakan oleh pengikutnya sendiri, pada Syaikh tidaklah demikian. Kadang citra itu adalah fitnahan semata. Sejauh yg saya ketahui, pandangan2 Beliau jika dilihat dari karyanya sendiri, bukan dr kutipan2 org lain yg sgt mungkin terjadi bias, maka Beliau memang seorg pejuang tauhid, namun tetap moderat. Para ulama -yg bukan Wahabiyah-  telah memberikan penilaian positif kepadanya seperti Syaikh Wahbah Az Zuhailiy, Syaikh Muhammad bin Alawiy Al Malikiy, dan lainnya. Tentunya yang mengkritiknya juga ada bahkan menyebut gerakan Wahabiyah adalah khawarij.

Pandangan Beliau terhadap tawassul dgn org soleh misalnya, beliau menganggapnya perselisihan fiqih, dan mayoritas ulama melarangnya. Dan menurutnya, hendaknya toleran.

Sementara kita dapati kesan di luar, bahwa Beliau nampak begitu keras dan buas terhadap pelaku tawassul. Sehingga gambaran itu membuat marah pihak yang pro tawassul.

Dan sebagainya.

Di Indonesia, gerakan ini sdh ada sejak masa Tuanku Imam Bonjol, lalu dilanjutkan oleh Muhammadiyyah, Persis, dan Al Irsyad. Sebagaimana umumnya terjadi pada sebuah pemikiran, maka para pengikutnya selalu ada yang bersikap ekstrim dan fanatik.

Ekstrim dan Fanatik ini bisa terjadi pd gerakan apa pun. Maka, titik titik itulah yang paling sering terjadi gesekan baik tokoh atau awwamnya.

Bagi yang moderat, msh mungkin mereka bekerja sama dan saling lapang dada dalam perbedaan.

Wallahu a'lam.

Pemateri: Ustadz Farid Nu'man Hasan.S.S.

NASEHAT HARI INI