NABI AYYUB

Assalamu'alaikum ustadz/ah... mau nanya yang materi Istri Nabi Ayyub
Di situ disebutkan bahwa Nabi Ayyub bersumpah akan me mukul Istrinya Kalau beliau  sembuh
 Kenapa ya alasannya?
Kalau yang pernah saya baca karena beliau pernah mendengar Istrinya menjual jalinan rambutnya terapi Nabi Ayyub salah paham dan keburu bersumpah akan me mukul Istrinya
 Benarkah spt itu?

Jawaban
-------

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،

Jawaban dari pertanyaan:
1. Memang banyak riwayat yg menyebutkan bahwa penyebab dipukulnya istri nabi Ayub karena ia memotong rambutnya untuk dijual. Namun dalam riwayat2 di buku tafsir tdk disebutkan riwayat tersebut.
2. Alasan nabi Ayyub memukul istrinya karena saat sakit seluruh harta milik nabi Ayyub habis. Termasuk sanak keluarga dan anak2nya yg tidak lagi mau berinteraksi dng nabi Ayyub. Hanya istrinya yg masih bersedia mendampingi nabi Ayyub. Karena saking ingin sembuh dan tidak ada yg tersisa selain istrinya, nabi Ayyub bernadzar jika ia sembuh maka ia akan memukul istrinya tersebut 100 kali.
Ada hikmah dlm peristiwa ini yaitu perlunya berhati2 dlm bernadzar jangan sampai kita bernadzar dengan sesuatu yg terlalu berat. Kedua, dalam kondisi tertekan orang biasanya putus asa dan merasa tidak mungkin mendapat pertolongan. Sehingga ia berani bernadzar dengan sesuatu yg sangat berat. Padahal Allah Maha Kuasa untuk menjadikan apapun. Dan seorang muslim harus selalu yakin bahwa pertolongan Allah itu dekat. Jadi kedepankan selalu husnudhon kepada Allah.

Wallahu a'lam.

Oleh: Ustadzah Eko Yulianto Siraj

NASEHAT HARI INI