Assalamu'alaikum...Bertanya Pada Ustadz/Ustadzah
1. Assalamu'ailaikum Mba. Mau tanya terkait makeup/kosmetik yang waterproof.  Kalau wudhu sebenarnya sah atau tidak?

2. Tanya Ustdz, Bagaimana dengan wudhunya orang yang memakai perhiasan cincin. Apakah Sah wudhunya?
Member A03..Jazakumullah

Jawaban
--------------

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته
1.Bagi mereka yang ber make up pakai kosmetik yang waterproof kemudian mereka berwudhu maka wudhunya tidak sah kenapa? Karena bagian wajah yang seharusnya terkena air , terbasuh tapi hakekatnya air tidak bisa menyentuh kulit karena kosmetik waterproof.

Di dalam Islam terkait dengan bermake up  , Allah berfirman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى، وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآَتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ، إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

“Dan hendaklah kalian (wahai istri-istri Nabi) menetap di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj (sering keluar rumah dengan berhias dan bertingkah laku) seperti (kebiasaan) wanita-wanita Jahiliyah yang dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait (istri-istri Nabi) dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya” (QS al-Ahzaab:33).

Dan dalam hadits yang shahih Rasulullah  bersabda:
“Sesungguhnya wanita adalah aurat, maka jika dia keluar (rumah) setan akan mengikutinya (menghiasainya agar menjadi fitnah bagi laki-laki), dan keadaanya yang paling dekat dengan Rabbnya (Allah ) adalah ketika dia berada di dalam rumahnya.” (HR Ibnu Khuzaimah 1685), Ibnu Hibban 5599) dan dishahihkan al-Albani).

Menyimak qur'an dan hadits diatas. Kita lihat apa keperluan berhias.kalau keperluannya berhias untuk suami dalam batas batas kewajaran di bolehkan. Kalau untuk keluar rumah Islam tidak membolehkan wanita keluar dengan berhias karena akan jadi fitnah. Terlebih lagi kosmetik yang dipergunakan waterproof inikan maksudnya make up yang tidak luntur saat kena air.spt hujan ,keringat.dll.
Hindarilah kosmetik yang berlebihan karena bisa menimbulkan kemudharatan yang lebih besar.

2.Bagaimana dengan wudhunya orang yang memakai perhiasan cincin. Wudhu sah atau tidak tergantung rukun dan syarat wudhu nya.kalau semua terpenuhi maka sah wudhu nya

🌸Syarat sah Wudhu :
1. Islam
2. Mumayyiz (belum baligh tapi sudah bisa membedakan antara yang hak dan   batil)
3. Tidak sedang berhadats besar
 4. Memakai air yang suci dan menyucikan.
 5. Tidak ada yang menghalangi air sampainya  ke kulit, seperti cat, getah, kuteks,   tip ex dan  semacamnya.

🌸 Rukun Wudhu :
 1. Niat,  (yakni secara sadar sengaja untuk berwudhu);
2. Membasuh muka, (yaitu meratakan air daritempat  tumbuhnya rambut di bagian atas                                sampai ke dagu, dan dari daun telinga sebelah kanan hingga daun telinga sebelah kiri)
 3. Membasuh kedua tangan sampai siku.
4. Mengusap kepala.
5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.
6. Tertib
Apabila ia memakai cincin dan saat menyela jari-jari cincinnya ia putar putar shg air membasuh semua bagian tangannya maka sah wudhunya

Wallahu a'lam.

Oleh: Nurdiana

NASEHAT HARI INI