KISAH NABI ADAM A.S. (4)

Brother and Sista,

Apa khabarnya? Masih ingat pembahasan kita tentang Kisah Nabi Adam a.s. sampai dimana, kan? Kita coba lanjutkan ya materinya.

Dari berbagai nash yang kita terima hari ini, berikut ini kelanjutan beberapa fakta terkait dengan Nabi Adam a.s., sebagai manusia pertama yang diciptakan-Nya di muka bumi, sbb.:

12.  Keturunan Nabi Adam a.s. tercipta ketika Allah ﷻ mengusap punggung Nabi Adam a.s., dan terciptalah seluruh keturunannya hingga hari Kiamat. Di antara ciptaannya berbeda-beda dari seluruh sifat dan kenikmatannya serta amal-amalannya, dengan tujuan untuk mengetahui mana yang tetap bersyukur kepada Rabb-nya. Pada saat itulah Adam a.s. tertarik bertanya terkait salah satu keturunannya dengan cahaya yang khusus, yakni Nabi Daud a.s., dan beliau memberikan 40 tahun jatah umurnya untuk Nabi Daud a.s. sehingga memiliki umur 100 tahun.

13.  Keturunan Nabi Adam a.s. telah dimintakan persaksiannya pada saat itu, di Yaumi Alastu, agar tidak ada yang nanti lalai bahwa kehidupan di dunia sejatinya adalah waktu untuk merealisasikan janji yang pernah diikrarkan. Allah ﷻ berfirman dalam Q.S. Al-A'rāf [7] ayat 172:

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini.”

14. Nabi Adam a.s. diciptakan dengan ketinggian 60 hasta x 7 hasta (HR. Ahmad) dan kemudian anak keturunannya akan mengalami penurunan ketinggian jasad. Setiap yang memasuki Jannah memiliki ketinggian seperti Adam a.s. Hari Jum’at adalah hari yang mulia, diantaranya karena pada hari itu Nabi Adam a.s. diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukkan ke Surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan dari Surga. (HR. Muslim)

Sampai disini dulu ya Brother and Sista. Ada yang mau ditanyakan? Kita akan lanjutkan poin-point terkait sosok Adam a.s. pada tulisan selanjutnya ya.

Oleh: Pemateri: Dr. Wido Supraha

NASEHAT HARI INI