Keutamaan Tahajjud

Assalamu'alaikum adik-adik, apa kabarnya hari ini, semoga kita masih dalam naungan rahamt Allah swt, aamiin. Kali ini kita akan membahas tentang Tahajjud

Sebagian ulama ahli hikmah berkata: "Aku mencari pelita hati dalam shlat siang hari,  tapi aku menemukannya dalam shalat di malam hari."

"Dan dari sebagian malam hendaklah engkau melaksanakan shalat tahajjud sebagai tambahan bagimu. Semoga Allah membangkitkan kamu di tempat yang terpuji". (QS. Al-Isra:79)

"Sedekat-dekat Tuhan dari hamba-Nya adalah pada tengah malam yang terakhir, apabila kamu mampu menjadi orang yang suka berdzikir kepada Allah pada saat itu, jadilah" (HR. Turmudzi, Nasa'i, dan Hakim)

Samurah bin Jundub mengatakan "Rasulullah saw memerintahkan kami agar melaksanakan shalat malam sedikit atau banyak dan menjadikan akhirnya shalat witir" (HR. at-Tabrani dan al-Bazzar)

Ibnu abbas mengatakan "kami disuruh oleh Rasulullah saw melakukan shalat malam dan supaya menggemarinya, hingga ia mengatakan: "Lakukan shalat malam sekalipun satu rakaat" (HR. at-Tabrani)

"Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya malam dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu..." (QS. Al-Muzamil: 20)

Wallaahu'Alam..

Oleh: Ustadzah Ida Faridah

NASEHAT HARI INI