Shalat Jamaah Niat Munfarid


✍🏽 Ustadzah Prima Eyza Purnama

Assalamualaikum ka, aku mau nanya. Klo misalkan kita shalat jama'ah tapi kita baca niatnya shalat munfarid , itu berarti shalatnya termasuk jama'ah atau munfarid ka?. Mohon jwbn nya ka, Syukron.

MFT A08
==========

Jawab:

Wa'alaikumussalaam warahmatullahi wabarakatuh

Super pertanyaannya. Dan ini termasuk salah satu perkara yang penting untuk diperhatikan.

Semua ulama fiqih sepakat bahwa jika kita sholat berjama'ah mengikut imam (yakni menjadi makmum) maka wajib bagi kita untuk berniat mengikuti imam atau berniat sholat berjama'ah atau berniat menjadi makmum ketika bertakbiratul ihram.

Maka jika kita sholat berjama'ah namun berniat sholat munfarid (sholat sendirian), maka sholat tersebut tidak terhitung sebagai sholat berjama'ah, melainkan termasuk sholat munfarid. Hal ini berdasar kepada makna umum dari hadits berikut:

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung kepada niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai kepada apa ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Demikian, wallaahu a'lam bishshowab...

0 Response to "Shalat Jamaah Niat Munfarid"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI