KISAH NABI ADAM A.S. (3)

Apa khabarnya? Masih dalam kehausan akan ilmu kan? Keep your spirit, yach!
Oh ya, terkait judul materi ini, kita lanjutkan ya tadabburnya.

Dari berbagai nash yang kita terima hari ini, berikut ini kelanjutan beberapa fakta terkait dengan Nabi Adam a.s., sebagai manusia pertama yang diciptakan-Nya di muka bumi, sbb.:

9. Nabi Adam a.s. adalah manusia yang materi jasadnya diambil oleh Malaikat Maut dari wakil seluruh debu tanah dari seluruh wilayah di bumi, dibawa oleh Malāikat Jibril, dan dikumpulkan Allah dalam bentuk tanah campuran, dibiarkan-Nya hingga berwujud tembikar kering. Wajar sehingga kemudian warna kulit manusia ini berbeda-beda, ada yang merah, kuning, hitam atau putih. (Q.S. Shād [38]:71-72/HR. Ahmad)

10. Nabi Adam a.s. adalah manusia dan ciri manusia adalah berongga secara jasad, dan berpadu dengan ruh. Adanya ruh melahirkan sifat dasar jasad yang kehausan, kelaparan dan senang dengan segala sesuatu yang indah dan menarik hatinya. Sifat dasar inilah yang seringkali membuat manusia sering tergesa-gesa dalam segala sesuatu (Q.S. Al-Anbiyā [21]:37)

11. Ruh memasuki seluruh bagian jasad Nabi Adam a.s. dan keturunannya, hingga ketika meliputi bagian kepala, disinilah pusat perintah pergerakan manusia. Di antara awal perintah otak adalah ketika Nabi Adam a.s. bersin, maka ia memuji-Nya, _Alhamd li Allāh_, dan Allah ﷻ mendo'akannya dengan _Yarhamukallāh_.. (Qashash al-Anbiyā)

Sampai disini dulu ya Brother and Sista. Ada yang mau ditanyakan? Kita akan lanjutkan poin-point terkait sosok Adam a.s. pada tulisan selanjutnya ya.

By: Dr. Wido Supraha

NASEHAT HARI INI