Iptek dan Kekuasaan Allah ﷻ

Iptek dan Kekuasaan Allah ﷻ

✍🏽 Ustadzah Prima Eyza Purnama

Uraian tentang keterkaitan Iptek dengan keagungan sang pencipta berdasarkan QS. AL BAQARAH:164, QS. AN NAHL:11 dan QS.YUNUS:101

===========
Jawab:

Salah satu keagungan Al Quran yang tidak terbantahkan adalah kedudukannya sebagai kitab ilmu. Al Quran adalah sumber ilmu, segala ilmu. Bahkan sangat banyak dari pengembangan ilmu pengetahuan dan bahkan teknologi saat ini, bersumber dari apa yang disampaikan Allah di dalam Al Quran. Demikianlah kita menyaksikan dan membuktikan bahwa Al Quran itu mendahului ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diantara contohnya adalah apa yang terdapat pada QS. Al Baqarah ayat 164, QS. An Nahl ayat 11, dan QS. Yunus ayat 101.

回● Allah SWT berfirman pada QS. Al Baqarah ayat 164:
Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Diantara keterkaitan ilmu pengetahuan/teknologi dan keagungan Allah SWT yang dipaparkan pada ayat ini adalah:

a. Allah lah yang menciptakan langit dan bumi. Kemudian Allah menjadikan bumi tersebut dengan segala apa yang tersimpan didalamnya untuk kemanfaatan hidup manusia, baik di darat maupun di laut. Maka kemudian manusia menemukan, mengolah, dan memanfaatkan banyak sumber daya baik di darat maupun di laut untuk penopang kehidupannya.

b. Langit, bintang-bintang, dan benda-benda langit semua bergerak menurut aturan yang telah ditentukan Allah. Tidak ada yang menyimpang dari aturan-aturan itu.

c. Pergantian malam, siang dan terjadi perbedaan panjang dan pendeknya pada beberapa negeri karena perbedaan letaknya, kesemuanya itu membawa kemanfaatan yang sangat luas bagi kehidupan manusia.

d. Bahtera/kapal-kapal bisa berlayar di lautan. Hal ini memungkinkan manusia menjangkau dari satu negeri ke negeri yang lain untuk banyak keperluan, termasuk membawa barang-barang perniagaan untuk memajukan perekonomian.

e. Allah SWT lah Yang menurunkan hujan dari langit, yang dengan air hujan itu bumi yang tadinya mati dapat menjadi hidup dan subur kembali, serta segala jenis hewan dan makhluk hidup lainnya dapat pula melangsungkan kehidupannya.

f. Perputaran/perkisaran angin dari suatu tempat ke tempat yang lain adalah salah satu tanda dan bukti kekuasaan Allah yang besar faedahnya bagi kehidupan manusia.

g. Begitu pula, harus direnungkan dan diperhatikan keluasan nikmat Allah bagi manusia yang tak terhitung jumlahnya berupa awan diantara langit dan bumi.

Kesemua rahmat yang diciptakan Allah tersebut direnungkan, difikirkan, bahkan dibahas dan diteliti oleh manusia untuk menambah kekokohan iman mereka kepada Allah SWT dan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupannya, yang hal ini juga membawa kepada pengakuan dan pembuktian akan keesaan dan keagungan Allah SWT.

回● Demikian pula halnya yang Allah wahyukan dalam QS. An Nahl ayat 11, tentang kekuasaan Allah menumbuhkan berbagai tanaman dengan air; juga zaitun, kurma, anggur, dan berbagai buah-buahan. Kesemuanya dipikirkan dan diteliti dalam koridor ilmu sehingga tanaman dan buah-buahan tersebut menghasilkan manfaat yang multidimensi bagi manusia.

回● Juga firman Allah dalam QS. Yunus ayat 101,
Artinya : “Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. ”

Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada rasul-Nya agar dia menyeru manusia untuk memperhatikan dengan mata kepala mereka sendiri dan dengan mata hati mereka sendiri, segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Berbagai macam ciptaan Allah yang tersebar di langit dan di bumi tersebut memberi manfaat yang sangat luas kepada manusia.

Kesemuanya itu memperlihatkan dengan nyata dan membuktikan dengan jelas tentang tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir dan yakin kepada penciptanya. Akan tetapi bagi mereka yang tidak percaya adanya pencipta alam raya ini, maka kesemua tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah di alam ini tidak akan bermanfaat bagi dirinya.

Demikian, wallaahu a'lam bishshowab...

0 Response to "Iptek dan Kekuasaan Allah ﷻ"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI