Doa Nurbuat

Assalamu'alaikum, mau tanya. Pengalaman membaca doa nurbuat itu apakah dianjurkan oleh Rasulullah? Mohon jawabannya yaa ukh, syukron.


Jawab:

Wa'alaikumussalaam wrwb...

Banyak ulama meragukan apakah doa nurbuat ini benar berasal dari Rasulullah saw atau tidak.
Karena ada beberapa alasan yang cukup kuat yang harus dipertimbangkan, diantaranya adalah kesalahan tata bahasa dalam sebagian lafazh doa yang tidak sesuai dengan nahwu bahasa Arab, juga isi permintaan dalam doa tersebut serta keutamaan-keutamaan membaca doa ini yang tidak jelas dasar dalilnya.
Oleh karena itu, sebagian ulama berpendapat bahwa doa ini bukan berasal dari Nabi saw dan tidak ada anjuran khusus untuk membacanya sehingga tidak layak untuk dirutinkan.

Meskipun demikian, ada juga kalangan ulama yang mengatakan bahwa walaupun doa nurbuat ini bukan berasal dari Nabi saw, namun membaca doa ini boleh-boleh saja, sebagaimana hukum berdoa secara umum yakni boleh-boleh saja untuk berdoa meminta kebaikan-kebaikan kepada Allah SWT asalkan isinya tidak bertentangan dengan syariat.
Walaupun memang, doa yang paling utama adalah doa yang terdapat dalam Al Quran, doa yang berasal dari Nabi saw, dan doa yang berasal dari para sahabat dan orang-orang sholeh terdahulu.

Maka untuk lebih afdhol dan keluar dari perbedaan pendapat ini, adalah lebih baik jika kita mengamalkan doa-doa yang utama yakni doa-doa yang terdapat dalam Al Quran, doa yang berasal dari Nabi saw, para sahabat dan orang-orang sholeh terdahulu.

Demikian, wallaahu a'lam bishshowab...

Dijawab oleh Ustadzah Prima Eyza

NASEHAT HARI INI