Adab Menasehati Teman

Adab Menasehati Teman

Ustadz Wido Supraha

Assalamu'alaikum, ustadz/ustadzah...bagaimana cara nya memberi tau yg baik ke teman agar dia bisa hijrah ke yg lebih baik..karena pd dasar nya dia ingin berubah akan tetapi karena pergaulan jd sepertinya dia susah utk meninggal kan itu..contoh ketika mau ketemu dengan kita pakaian nya syar'i..tetapi ketika dengan teman gaul nya dia pakenya celana jeans dan kerudung pun hanya di lilit ke leher...mohon penjelasan..

 Jawaban

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته
Sampaikanlah ilmu secara tidak langsung secara hikmah kecuali dia adalah sosok yang terbuka.

✔ Cintailah sahabatmu sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri
✔ Berikanlah keteladanan terbaikmu, nikmatilah, dan konsisten dalam keteladanan.
✔ Berpikirlah mendalam dan temukan gagasan pembicaraan yang memasukkan sedikit konten yang 'membicarakan perilaku dirinya' dalam kemasan pembahasan yang tidak kentara namun meninggalkan jejak cara berpikir di sanubari sahabat tercinta
✔ Berikanlah motivasi selalu bahwa Allah ﷻ sangat mencintainya dan mintalah ia untuk tidak lupa mendoakan kita agar selalu diberikan keistiqomahan dalam meraih ridho Ilahi.

⭐ Memberi tahu sejatinya adalah menjadikan seorang manusia menjadi tahu, bukan salah tahu. Maka gunakanlah seluruh cara yang mudah-mudahan di antaranya menjadi obat terbaik untuk sahabat tercinta.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Adab Menasehati Teman"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI