Setiap Kebaikan Akan Menghindarkan Kita Dari Api Neraka

Pemateri: Rikza Maulan, Lc., M.Ag

Setiap Kebaikan Akan Menghindarkan Kita Dari Api Neraka

A. Hadits

عن عَائِشَةَ تَقُولُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِي آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلَاثِ مِائَةِ مَفْصِلٍ، فَمَنْ كَبَّرَ اللَّهَ، وَحَمِدَ اللَّه،َ وَهَلَّلَ اللَّهَ، وَسَبَّحَ اللَّهَ، وَاسْتَغْفَرَ اللَّهَ، وَعَزَلَ حَجَرًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ، أَوْ شَوْكَةً أَوْ عَظْمًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ، وَأَمَرَ بِمَعْرُوفٍ أَوْ نَهَى عَنْ مُنْكَرٍ، عَدَدَ تِلْكَ السِّتِّينَ وَالثَّلَاثِ مِائَةِ السُّلَامَى، فَإِنَّهُ يَمْشِي يَوْمَئِذٍ وَقَدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنْ النَّارِ  (رواه مسلم)

Dari Aisyah ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"Sesungguhnya setiap manusia dari anak cucu Adam terlahir dengan tiga ratus enam puluh ruas persendian.

Barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertahlil, bertasbih serta memohon ampun Allah, menyingkirkan bebatuan, duri-durian atau tulang belulang dari jalan yang biasa dilewati manusia, serta menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar adalah sebanding dengan tiga ratus enam puluh jumlah persendian kebaikan.

Sungguh pada hari itu ia akan berjalan sedang ia telah menjauhkan dirinya dari adzab api neraka." (HR. Muslim, hadits no. 1675).

B. Hikmah Hadits:

1. Setiap kebaikan yang dilakukan oleh seorang muslim yang ditujukan untuk mendapatkan keridhaan Allah Swt baik berupa tasbih, tahmid, tahlil, takbir, istighfar,  menyingkirkan duri, batu, tulang belulang dari jalanan, menganjurkarkan yang ma'ruf dan mencegah kemungkaran, serta segala kebaikan lainnya akan dihitung sebanyak 360 kali kebaikan sama persis dengan jumlah seluruh ruas persendian dalam diri manusia.

2. Bahwa setiap kebaikan yang dilakukan seseorang apapun bentuknya, maka selain akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt menjadi 360 kali kebaikan, ternyata juga akan menjadi penyebab dihindarkannya ia dari api neraka.

3. Maka alangkah indahnya apabila dalam keseharian kita, atau dalam setiap detik waktu yang menghantarkan kita pada perputaran zaman, senantiasa kita iringi dengan segala bentuk amal kebajikan, karena dengan demikian insya Allah akan menjadikan kita mendapatkan dua kebaikan sekaligus, yaitu dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt menjadi 360 kebaikan dan dihindarkannya kita dari dahsyatnya azab neraka.

Wallahu A'lam

0 Response to "Setiap Kebaikan Akan Menghindarkan Kita Dari Api Neraka"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI