Kisah Musaikah

Pemateri: *Ustadzah Eko Yuliarti Siroj*

Kisah Musaikah


وَلا تُكْرِهُوا فَتَيَاتِكُمْ عَلَى الْبِغَاءِ إِنْ أَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِتَبْتَغُوا عَرَضَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا
_"Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. (QS An Nuur:33)._

💫Musaikah adalah budak perempuan milik Abdullah bin Ubay bin Salul penghulu orang-orang munafiq. Abdullah bin Ubay memaksanya untuk melacurkan diri. Ia menawarkan Musaikah, saudara perempuannya dan beberapa orang lain kepada para pemabuk dari orang-orang Yahudi. Ia membuatkan tempat khusus untuk itu.Musaikah pergi menghadap Rasulullah Saw dan menceritakan apa yg ia alami. Maka turunlah ayat diatas.
❄Suatu pagi Musaikah pergi ke luar rumah. Di perjalanan ia mendengar kaum perempuan yang sedang berbincang tentang Islam dan diantara mereka ada yang sedang membaca Al-Qur'an. Hatinya bergetar dan cahaya iman mulai merasuki jiwanya. Ia mendekati mereka, berharap cahaya iman membanjiri jiwanya. Salah seorang mereka mencegahnya untuk mendekat, namun seorang yg lain berkata:"Biarkan dia mendekat. Semoga masuk Islam, beriman dan menjauhi tindakan yang buruk."

💫Demikianlah ketentuan Allah. Musaikah mengucapkan dua kalimat syahadat disaksikan para muslimah itu. Tiba-tiba ia teringat sesuatu. Dengan air mata berlinang, ia bertanya seperti meratap:"Apakah Allah akan menerima taubatku?" Apakah Allah akan memaafkan apa yang telah aku lakukan?" Mereka mengatakan:"Sesungguhnya2 Allah Maha Pengampun Maha Penyayang."

 ❄Orang yang paling tua diantara mereka berkata:"Ayo kita menghadap Rasulullah! Agar beliau mengajarkanmu urusan agamamu dan agar beliau mengajarkanmu cara beristigfar. Agar beliau mendo'akanmu dengan taubat dan agar Allah menerima taubatmu dan menerangimu dengan cahaya iman." Musaikah berkata:"Baiklah...dan aku akan bersuci untuk menghadap Rasulullah."

💫perempuan solihah itu mengajaknya ke rumahnya agar Musaikah mandi dan bersuci. Kemudian keduanya pergi menghadap Rasulullah Saw.

❄Rasulullah menguatkan keislaman Musaikah. Dan saat pergi meninggalkan Rasulullah, ia seperti memiliki jiwa yang baru. Jiwanya terbang ke angkasa menyambut petunjuk dan cahaya iman.

💫Musaikah pulang ke rumah majikannya dengan cahaya iman dan dia telah melarang dieinya untuk melakukan hal yang haram. Beberapa hari kemudian, seseorang mencarinya untuk melakukan perbuatan dosa seperti biasa. Akan tetapi Musaikah menolak. Ia mengatakan bahwa ia sudah masuk Islam dan Islam mengharamkan perbuatan seperti itu. Majikannya merayunya dengan iming-iming akan diberi harta yang banyak tapi Musaikah tetap menolak. Maka Musaikah dipukul dengan sangat kuat hingga ia terjatuh dan bibirnya berdarah. Kemudian majikannya menawarkan harta yang lebih banyak lagi namun Musaikah tetap menolaknya. Ia bahkan bersumpah tidak akan melakukan hal-hal yang dibenci Allah....selamanya.

❄Abdullah bin Ubay putus asa. Ia meninggalkan Musaikah dengan darah bercucuran dan ia berjanji akan kembali dengan siksa yang lebih pedih.

💫Dengan terseok-seok, Musaikah berjalan menuju rumah Rasulullah Saw. Diperjalanan ia bertemu dengan Abu Bakar kemudian ia dipapah dan diantar oleh Abu Bakar menemui Rasulullah Saw. Ia pun menceritakan apa yang terjadi hingga turunlah ayat yang sangat jelas

وَلا تُكْرِهُوا فَتَيَاتِكُمْ عَلَى الْبِغَاءِ إِنْ أَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِتَبْتَغُوا عَرَضَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا
"Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. (QS An Nuur:33)


*Hikmah kehidupan :*
💫Hidayah itu tidak bisa dipaksakan untuk didapat oleh orang tertentu. Juga tidak bisa ditolak saat ia sampai kepada orang tertentu.
❄Hidayah adalah anugrah Allah yang teramat mahal. Seyogyanya ia dirawat, dipelihara, dijaga, dipupuk agar menumbuhkan buah-buah iman dan amal soleh yang banyak.
💫Hidayah kadang sulit untuk didapat. Tapi kadang begitu mudah datang. Hanya Allah Yang Maha Tahu rahasia hidayah.
❄Pintu taubat terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin kembali kepada Allah dengan kesalahan sebesar apapun.
💫Jangan pilih-pilih objek dakwah. Karena kita tidak tahu siapa yang lebih dekat dengan hidayah Allah.
❄Diantara tugas para da'i adalah membimbing para muallaf untuk memahami agamanya. Jangan tinggalkan mereka mencari sendiri.
💫Penderitaan fisik sangat lekat dengan para pejuang aqidah. Demikian sunnatullah sejak zaman nabi Adam As.
❄Seburuk apapun masa lalu seseorang, saat ia benar2 bertaubat maka ia akan kembali pada kesucian.

Wallohu a'lam bis showwab

0 Response to "Kisah Musaikah"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI