The Power of Time Management

By: Ustadzah Dina Farihani

"Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran." (QS. Al-Ashr : 1-3)

Hai Sobat. Pernahkah kamu merasa sangat sibuk? Atau selalu terburu-buru mengerjakan tugas? Sering belajar kebut semalam? Atau menyelesaikan tugas melewati batas waktu yang ditentukan???

Let see, ada yang perlu kamu tahu tentang manajemen waktu.

⇨⇦⇨⇦⇨⇦⇨⇦⇨⇦⇨⇦⇨⇦⇨

▣ Dalam mengatur waktu, ada yang namanya 'PRIORITAS' >> prioritas berhubungan dengan urutan tingkat kepentingan suatu kegiatan/pekerjaan

▣ Prioritas artinya ada kegiatan yang harus kamu dahulukan ketimbang yang lain. Sebagai pelajar, penting untuk membuat jadwal berdasarkan prioritas, sehingga kamu betul-betul dapat memenuhi tuntutan tugas yang seharusnya.

◈ Jenis kegiatan:
1. Penting-Mendesak
2. Penting-Tidak Mendesak
3. Tidak Penting-Mendesak
4. Tidak Penting-Tidak Mendesak

◈ Jenis yang no. 1 : jadikan prioritas pertama, didahulukan untuk dilakukan.
No 2 : menjadi prioritas ke dua
No 3 : prioritas selanjutnya
No 4 : tidak menjadi prioritas, sebaiknya ditinggalkan.

◈ Pengelolaan waktu yang efektif berarti penggunaan waktu sebaik-baiknya, sehingga tidak ada yang terbuang percuma. Dengan demikian kita terhindar dari sikap tidak produktif.

◈ ASPECT untuk suksesnya perencanaan :
⇨ A tur prioritas.
⇨ S asaran yang jelas.
⇨ P erencanaan yang jelas; bisa rencana harian, per-pekan, per-bulan, dst.
⇨ C atat kesesuaian pelaksanaan dan rencana, serta kendala atau masalah yang dihadapi.
⇨ T eliti lagi pengaturan waktu yang sudah dilakukan.

◈ Strategi Pengelolaan Waktu :
1. Gunakan kalender saat membuat jadwal atau perencanaan.
2. Buatlah daftar tugas yang harus dilakukan.
3. Mulailah tiap hari dengan membuat rencana apa saja yang akan kamu lakukan hari ini.
4. Bersikaplah fleksibel ketika ada perubahan tugas/jadwal.
5. Abaikan hal-hal atau kegiatan yang tidak bermanfaat.
6. Berusahalah adil dan seimbang dlm perencanaan; perhatikan kebutuhan untuk beribadah, istirahat dan makan bergizi.
7. Belajar untuk bisa berkata "Tidak" pada ajakan yang mengganggu prioritas perencanaanmu.
8. Manfaatkan waktu-waktu singkat untuk tugas-tugas kecil dan mudah. Misal, saat menunggu jemputan, bisa dimanfaatkan untuk mengulang hafalan, atau mengecek jadwal tugas, dst.
9.Tinggalkan sikap suka menunda-nunda.

"Waktu adalah kehidupan itu sendiri. Kamu tidak akan bisa mengembalikan dan menggantikan waktu. Menyia-nyiakan waktu berarti menyia-nyiakan hidup, tapi menguasai waktu berarti menguasai hidup dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin." (Alan Lakein)