Pengantar Aqidah Islamiyah

📆 Jumat, 11 Shafar 1438H / 11 Nopember 2016

📚 AQIDAH ISLAM

📝 Pemateri: Ustadz KH Aus Hidayah Nur

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🌹

🌷. APA ITU AQIDAH?

Dalam bahasa Arab akidah berasal dari kata al-'aqdu (الْعَقْدُ) yang berarti ikatan, at-tautsiiqu (التَّوْثِيْقُ) yang berarti “keimanan”, “kepercayaan yang kokoh” atau keyakinan yang kuat, al-ihkaamu (اْلإِحْكَامُ) yang artinya mengokohkan (menetapkan), dan ar-rabthu biquw-wah (الرَّبْطُ بِقُوَّةٍ) yang berarti mengikat dengan kuat.

Pondasi akidah Islam didasarkan pada hadits Jibril, yang memuat definisi Islam, rukun Islam, rukun Iman, ihsan dan peristiwa hari akhir.

Sedangkan menurut istilah (terminologi), akidah adalah iman yang teguh dan pasti, yang tidak ada keraguan sedikit pun bagi orang yang meyakininya.

Jadi, Akidah Islamiyyah adalah keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada Allah dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepadaNya, beriman kepada para malaikatNya, rasul-rasulNya, kitab-kitabNya, hari Akhir, takdir baik dan buruk dan mengimani seluruh apa-apa yang telah shahih tentang prinsip-prinsip Agama (Ushuluddin), perkara-perkara yang ghaib, beriman kepada apa yang menjadi ijma' (konsensus) dari salafush shalih, serta seluruh berita-berita qath'i (pasti), baik secara ilmiah maupun secara amaliyah yang telah ditetapkan menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah yang shahih serta ijma' salaf as-shalih.

🌷. BAGAIMANAKAH KEDUDUKAN AQIDAH DALAM AJARAN ISLAM?

Dalam ajaran Islam, aqidah memiliki kedudukan yang paling penting. Ibarat suatu bangunan, aqidah adalah pondasinya, sedangkan ajaran Islam yang lain, seperti ibadah dan akhlaq, adalah sesuatu yang dibangun di atasnya.

Rumah yang dibangun tanpa pondasi adalah suatu bangunan yang sangat rapuh. Tidak usah ada gempa bumi atau badai, bahkan untuk sekedar menahan atau menanggung beban atap saja, bangunan tersebut akan runtuh dan hancur berantakan.

Maka, aqidah yang benar merupakan landasan (asas) bagi tegak agama (din) dan diterimanya suatu amal.

🌷. BAGAIMANAKAH HUBUNGAN AQIDAH DENGAN AJARAN ISLAM LAINNYA?

Ibarat sebuah pohon,  Aqidah merupakan akar pohon sedangkan ibadah bagaikan batang dari pohon tersebut, sedangkan ajaran-ajran lain seperti akhlaq, syariah, jihad dan lain-lain .

Jika pohon itu ingin subur dan memberikan manfaat maka yang besar  maka akar dan batangnya yang lebih dahulu harus kokoh dan kuat.

Firman Allah, tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik  seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (Ibrahim: 24-25)

🌷. MENGAPA AQIDAH MERUPAKAN ILMU YANG SANGAT PENTING?

Karena setiap muslim wajib menjadikan aqidah atau keimanan sebagai landasan dari seluruh amal perbuatan dan perilakunya sehingga tidak ada satu pun yang terlepas dari keimanan.

Jika Anda ingin belajar Islam dengan urutan yang benar maka pelajarilah aqidah terlebih dahulu.

Itu sebabnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam memprioritaskan  menanamkam aqidah kepada para sahabatnya selama 13 tahun pertama di Makkah. Para sahabat Nabi telah memiliki iman yang kokoh sebelum mereka melaksanakan seluruh ajaran syariat Al Qur-an di Madinah.

Seperti kata Abdullah bin Umar bin Khattab  Rodhiyallahu Anhuma, “Kami telah mengalami masa yang panjang dalam perjuangan Islam, dan seorang dari kami telah ditanamkan keimanannya sebelum diajarkan Al-Qur’an, sehingga tatkala satu surah turun kepada Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wa Sallam  maka ia langsung mempelajari dan mengamalkan halal-haram, perintah-larangan dan apa saja batasan agama yang harus dijaga.

Lalu aku melihat banyak orang saat ini yang diajarkan Al-Qur’an sebelum ditanamkan keimanan dalam dirinya, sehingga ia mampu membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir dan tak mengerti apa-apa soal perintah dan larangan dan batasan apa saja yang mesti dipelihara.”

[Kitab Al-Mustadrak ‘Alash-Shahiihain, Jilid I hlm, 35]