Nabi Nuh AS (Part 2)

By: Ustadzah Ida Faridah

Assalamu'alaikum adik-adik....
Apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua masih dalam lindungan Allah SWT, kali ini kita bahas tentang Nabi Nuh as. Lagi

*Jarak Antara Nuh Dengan Adam as*

Nabi Nuh lahir setelah 126 tahun kematian Adam as seperti yang disebutkan oleh Ibnu Jarir dan lainnya. Menurut ahlul kitab ( Yahudi dan Nasrani ) jarak antara kelahiran Nuh dan wafatnya Adam adalah 146 tahun. Namun Ibnu Hibban menshahihkan sebuah riwayat dari Abu Umama ra sebagai mana di sebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fahrul Bari bahwa ada seorang laki-laki berkata :" berapakah jarak waktu antara Adam dan Nuh ?" Rasulullah SAW bersabda :" sepuluh abad." Ibnu Katsir berkata :" Riwayat ini sesuai syarat Muslim namun beliau tidak meriwayatkannya."

Dalam shahih Bukhari dari Ibnu Abbas ra beliau berkata : antara Adam dan Nuh itu sepuluh qarn ( kurun), semuanya beragama islam.

Ibnu Katsir dalam Qashah Anbiya berkata : " jika yang dimaksud dengan kurun adalah 100 tahun sebagaimana pemahaman umum kebanyakan manusia, berarti antara keduanya adalah 1000 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan lebih dari 1000 tahun, karena Ibnu Abbas mengatakan bahwa semuanya dalam keadaan islam sehingga mungkin saja ada beberapa abad terakhir (sebelum Nuh ) manusia tidak dalam keadaan beragama Islam. Sedangkan bila yang dimaksud dengan kurun adalah satu generasi seperti firman Allah SWT:

"Dan berapa banyaknya generasi sesudah Nuh telah kami binasakan". ( QS. Al Isra: 17)

"Kemudian kami jadikan sesudah mereka generasi yang lain". (QS. Al Mu'minum:31)

"Dan ( kami binasakan ) kaum 'Aad dan Tsamud dan penduduk Rass  dan banyak (lagi) generasi-generasi diantara kaum-kaum tersebut". ( QS. Al Furqan: 38 )

"Dan beberapa generasi yang telah kami binasakan sebelum mereka itu lebih besar kekuatannya dari pada mereka ini". ( QS. Qaf: 36 )

Atau seperti hadits Rasulullah SAW
خيرالقررن قرنى
"Sebaik-baik generasi adalah generasiku..."

Jika yang dimaksud kurun adalah generasi seperti ayat-ayat dan hadits diatas, maka umur setiap generasi pada masa itu panjang sehingga jarak diantara Adam dan Nuh adalah ribuan tahun."

Allah SWT mengutus Nuh as sebagai nabi dan rasul kepada kaumnya yang disebut Banu Rasib tatkala mereka telah menyembah berhala-berhala dan thagut dan tenggelam dalam kesesatan serta kekufuran. Diutusnya beliau adalah rahmat dari Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya.

Para ulama berbeda pendapat tentang berapa usia Nuh saat diutus oleh Allah SWT, salah satu pendapat menyebutkan usia beliau saat itu 50 tahun, pendapat lain menyebutkan 350 tahun, adapula yang mengatakan 400 tahun.