Khadijah Binti Khuwailid R.a. (Part 2)

Oleh: Ustadzah Yani

إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا.

"Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya." (QS. Al-Ahzab : 33)

2⃣ Keluarga Bahagia Nan Barakah.

Bunda khadijah, r.a. walau beliau usia nya lebih tua dari Rasulullah SAW, dari keluarga kaya dan terhormat, tidak menghalangi mereka dlam mengarungi bahtera rumah tangga. Selain itu, sebagai istri beliau tetap memposisikan diri nya sebagaimana layaknya seorang istri.

Sementara, Rasulullah SAW tetap pada kemuliaan budi pekertinya, kemuliaan akhlaknya. Tidak berubah pada perilaku tercela hanya karena bergelimang harta. Hal ini memberikan pelajaran berharga, bahwa hubungan dan perilaku suami istri tidak ditentukan oleh latar belakang kedua belah pihak. Akan tetapi ditentukan oleh kedudukan yang Allah SWT tetapkan.

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا.

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. An-Nisa : 34)

3⃣ Buah Pernikahan Harmonis.

Dari pernikahan Rasulullah SAW dengan bunda Khadijah r.a., Allah SWT memberikan karunia 4 orang putri dab 3 putra, ke 4 putrinya yaitu :

1. Zainab
2. Ruqayyah
3. Ummu Kultsum
4. Fatimah

Sedangkan ke 3 putranya yaitu :
1. Al-Qasim, karenanya Kuniah beliau adalah Abul-Qasim.
2. Abdullah, yang dijuluki Ath-Thayib.
3. Ath-Thahir

Rasulullah SAW mendapatkan putri-putri nya yaitu hasil pernikahannya dengan bunda Khadijah r.a.  Sedangkan, Putra-putra nya selain dari bunda Khadijah,  Rasulullah SAW mendapatkannya dari pernikahannya dengan Maria Al-Qibthiyah yang bernama Ibrahim. Selebihnya, Rasulullah SAW tidak mendapatkan keturunan dari istri-istri beliau yang lain.

Namun, Allah SWT berkehendak dalam takdir Rasulullah SAW dengan penuh hikmah, seluruh putra Rasulullah SAW wafat ketika usia anak-anak. Sedangkan, semua putri-putri beliau hidup hingga dewasa dan sempat menikah.

Adapun Zainab, Ruqayyah dan Ummu Kultsum meninggal semasa Rasulullah SAW masih hidup. Hanya Fatimahlah yg masih hidup setelah wafatnya Rasulullah SAW, dan hanya beberapa bulan saja kemudian Fatimahpun wafat menyusul ayahandanya.

Bersambung...

=====================
⇨ Maraji' :
Isteri & Puteri Rasulullah SAW (Mengenal & Mencintai Ahlul Bait)
⇨ Divisi Terjemah Kantor Dakwah Sulay KSA (Penyusun : Ust. Abdullah Haidir, Lc)

0 Response to "Khadijah Binti Khuwailid R.a. (Part 2)"

Post a Comment