Tafsir Surah Al-Kautsar

๐Ÿ“† Sabtu, 22 Dzulhijjah 1437 H/ 24 September 2016

๐Ÿ“’ Al-Qur'an

๐Ÿ“ Ustadz Noor Rahmat

๐Ÿ“– Tafsir Surah Al-Kautsar
============================
๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ

Assalamu'alaikum adik-adik...
Pagi ini kita lanjutkan bagian kedua dari Tafsir Surat Al-Kautsar ya...

Setelah di kesempatan yang lalu kita membahas pendahuluan mengenai Al-Kautsar. Maka, kali ini langsung saja kita mulai dengan ayat pertama.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

ุฅِู†َّุง ุฃَุนْุทَูŠْู†َุงูƒَ ุงู„ْูƒَูˆْุซَุฑَ

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu Al-Kautsar." (QS. Al-Kautsar: 1)

Dalam hadist yang disampaikan pekan lalu telah disebutkan bahwa Al-Kautsar adalah nama sebuah sungai di dalam surga.

Anas bin Malik r.a. pernah membaca ayat pertama ini, lalu ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"ุฃุนุทูŠุชُ ุงู„ْูƒَูˆْุซَุฑَ، ูَุฅِุฐَุง ู‡ُูˆَ ู†َู‡َุฑٌ ูŠَุฌْุฑِูŠ، ูˆَู„َู…ْ ูŠُุดู‚ ุดَู‚ًّุง، ูˆَุฅِุฐَุง ุญَุงูَّุชَุงู‡ُ ู‚ِุจَุงุจُ ุงู„ู„ُّุคْู„ُุคِ، ูَุถَุฑَุจْุชُ ุจِูŠَุฏِูŠ ูِูŠ ุชُุฑْุจَุชِู‡ِ، ูَุฅِุฐَุง ู…ِุณْูƒُู‡ُ ุฐَูَุฑุฉ، ูˆَุฅِุฐَุง ุญَุตَุงู‡ُ ุงู„ู„ُّุคْู„ُุคُ"

"Aku diberi Al-Kautsar, dan ternyata ia adalah sebuah sungai yang mengalir, tetapi tidak dibedakan sebagai mana sungai. Dan ternyata kedua tepinya terdapat kubah-kubah dari mutiara; lalu aku menyentuhkan tanganku ke tanahnya, dan ternyata ia seharum minyak kesturi yang sangat harum baunya, dan ternyata batu-batu kerikilnya dari mutiara."

Imam Ahmad juga meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

«ุฏَุฎَู„ْุชُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉَ ูَุฅِุฐَุง ุฃَู†َุง ุจِู†َู‡ْุฑٍ ุญَุงูَّุชَุงู‡ُ ุฎِูŠَุงู…ُ ุงู„ู„ُّุคْู„ُุคِ ูَุถَุฑَุจْุชُ ุจِูŠَุฏِูŠ ุฅِู„َู‰ ู…َุง ูŠَุฌْุฑِูŠ ูِูŠู‡ِ ุงู„ْู…َุงุกُ ูَุฅِุฐَุง ู…ِุณْูƒٌ ุฃَุฐْูَุฑُ ู‚ُู„ْุชُ: ู…َุง ู‡َุฐَุง ูŠَุง ุฌِุจْุฑِูŠู„ُ؟ ู‚َุงู„َ: ู‡َุฐَุง ุงู„ْูƒَูˆْุซَุฑُ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุนْุทَุงูƒَู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ»

"Aku masuk ke dalam surga, dan tiba-tiba aku melihat sebuah sungai yang kedua tepinya dipenuhi oleh kemah-kemah dari mutiara, lalu aku sentuhkan tanganku ke tanah yang dialiri airnya, tiba-tiba ia adalah minyak kesturi yang sangat harum baunya. Aku bertanya, "Hai Jibril, apakah ini?" Jibril menjawab, "Ini adalah Al-Kautsar yang diberikan oleh Allah SWT kepadamu."

Imam Bukhari dan Imam Muslim juga telah meriwayatkan bahwa setelah Nabi SAW dibawa naik ke langit, beliau menceritakan:

«ุฃَุชَูŠْุชُ ุนَู„َู‰ ู†َู‡ْุฑٍ ุญَุงูَّุชَุงู‡ُ ู‚ِุจَุงุจُ ุงู„ู„ُّุคْู„ُุคِ ุงู„ْู…ُุฌَูˆَّูِ ูَู‚ُู„ْุชُ ู…َุง ู‡َุฐَุง ูŠَุง ุฌِุจْุฑِูŠู„ُ؟ ู‚َุงู„َ: ู‡َุฐَุง ุงู„ْูƒَูˆْุซَุฑُ»

"Aku datang ke sebuah sungai yang kedua tepinya dipenuhi oleh kemah-kemah dari mutiara yang dilubangi, lalu aku bertanya, "Apakah ini, hai Jibril?" Jibril berkata, "Ini adalah Sungai Al-Kautsar."

Ada pula yang bertanya kepada Siti Aisyah r.a., ''Wahai Ummul Mu'minin, ceritakanlah kepadaku tentang Al-Kautsar? Aisyah menjawab, "Sebuah sungai di lembah surga." Aku bertanya, "Apakah yang dimaksud dengan lembah surga?" Aisyah menjawab, "Terletak dibagian tengahnya, kedua tepinya penuh dengan gedung-gedung dari mutiara dan yaqut, dan tanahnya seharum minyak kesturi, sedangkan batu kerikilnya dari mutiara dan yaqut."

Nah adik-adik....
Dari semua sinyalemen yang disampaikan oleh Rasulullah SAW terkait Telaga Al-Kautsar, maka, bisa disimpulkan bahwa Al-Kautsar ini adalah sebuah sungai yang dipenuhi kebaikan dan secara khusus diberikan Allah Azza wa Jalla kepada Rasulullah SAW dan ummat beliau yang terpilih.

Ingin merasakannya? Yuk kita berburu amalan yang bisa membawa kita ke syurga...
Sementara sampai disini dulu ya, sampai bertemu kembali di bagian ketiga dari tafsir Surat Al-Kautsar ya...

Wassalamu'alaikum wr wb.

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒบ

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

๐Ÿ“ฒSebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
๐Ÿ“ฑ Telegram : https://is.gd/3RJdM0
๐Ÿ–ฅ Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
๐Ÿ“ฎ Twitter : https://twitter.com/grupmanis
๐Ÿ“ท Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
๐Ÿ•น Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

0 Response to "Tafsir Surah Al-Kautsar"

Post a Comment