Sujud Syukur (bersambung)

Kamis, 13 Muharam 1438 H/ 14 Oktober  2016

Ibadah

Ustadzah Ida Faridah

Sujud Syukur (bersambung)
============================

Assalamu'alaikum adik-adik,,,,,

Apa kabar hari ini?

Tetap semangat dalam belajar ya

Kali ini, kita akan membahas tentang "Sujud Syukur"

Adik-adik, Sujud adalah meletakan dahi seluruh bagian telapak tangannya diatas tanah dan mengangkat kedua siku-sukunya diatas tanah dengan penuh ketundudukan dan kekhusyuan.

Sedangkan syukur dan kata-kata yang seakar dengannya di dalam al-Qur'an meliputi makna 'pujian atas kebaikan', 'ucapan terimakasih', atau 'menampakan nikmat Allah SWT kepermukaan', yang mencakup syukur dengan hati, syukur dengan lidah, dan syukur dengan perbuatan. Didalam hal ini, syukur juga diartikan sebagai 'menggunakan anugrah ilaahi sesuai dengan tujuan penganugerahan'

Jadi sujud syukur adalah sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali diwaktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar.

Firman Allah

 وإذ تأذن ربكم لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرت أن عذابي الشديد

"Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Qs. Ibrahim:7)

فاذكروني أذكركم واشكروا لي ولا تكفرون

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku". (Qs. al-Baqarah:152)

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
- Telegram : @majelismanis
- Fans Page : /majelismanis
- Twitter : @grupmanis
- Instagram : @majelismanis
- Play Store : Majelis Iman Islam
- Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c