KISAH PENANGGGALAN

Ustadz Menjawab
Sabtu, 15 Oktober 2016
Ustadzah Novria Flaherti, S.si

KISAH PENANGGGALAN

Assalamu'alaikum wr.wb. afw ukht.  sekiranya prtanyaan saya ini agak lancang saya berlindung kpd Allah SWT  dan memohon ampun kepada-Nya krn ktrbatasan ilmu saya, dan di sisi lain kita juga diwajibkan utk brtanya kpd ahli ilmu ttg suatu hal yg kita tdk mengetahuinya agar tdk trjerumus dlm kesesatan krn ktidaktahuan kita. prtanyaan saya, bagaimana bisa pd zaman nabi Musa As sdh diketahui 10 muharram beliau brpuasa pdhl penanggalan hijriyah baru di mulai sejak hijrahnya nabi Muhammad SAW ke Madinah dari Mekkah. dan penanggalan itu juga baru di buat pd zaman khalifah Umar bin Khattab RA. mohon diberi penjelasan yg disertai dalil yg kuat agar kami masyarakat yg awam akan ilmu agama dpt memahamu dgn sebenar2nya. syukron wa jazakillah khairon katsiran 😊

Jawaban :
------------

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته
Memang benar bahwa bahwa penetapan kalender hijriah dibuat pada masa khalifah Umar bin Khatab.

Khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun di mana hijrahnya Nabi Muhammad dari
Mekkah ke Madinah.

Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharram Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622.

Sistem penanggalan sdh ada sejak awalnya manusia dibumi, Allah menciptakan manusia dilengkapi dgn Akal dan fikiran. Diciptakannya matahari dan bulan, melainkan terdapat tanda2 kebesarannya bagi orang2 yang berfikir

Bukti sistem penaggalan berdasarkan bulan/lunar/hijriah sudah ada semenjak dulu berdasarkan dalil dibawah ini:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram..."
(At Taubah, 9 : 38)

Dalam satu riwayat dikatakan bahwa sistem kalender yang lunar atau hijriah atau yg menggunakan acuan bulan sudah dipakai sejak adanya nabi Ibrohim, sejak adanya perintah berhaji dan qurban

Berdasarkan dalil dibawah ini:

“Orang-orang bertanya kepadamu tentang hilal. Wahai Muhammad katakanlah: “Hilal itu adalah tanda waktu untuk kepentingan manusia dan badi haji.” (QS. Al-Baqarah: 189)

Sebelum penanggalan hijriyah ditetapkan, masyarakat Arab dahulu menjadikan peristiwa-peristiwa besar sebagai acuan tahun. Tahun renovasi Ka’bah misalnya, karena pada tahun tersebut, Ka’bah direnovasi ulang akibat banjir. Tahun fijar, karena saat itu terjadi perang fijar. Tahun fiil (gajah), karena saat itu terjadi penyerbuan Ka’bah oleh pasukan bergajah. Oleh karena itu kita mengenal tahun kelahiran Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dengan istilah tahun fiil/tahun gajah.

Terkadang mereka juga menggunakan tahun kematian seorang tokoh sebagai patokan, misal 7 tahun sepeninggal Ka’ab bin Luai.” Untuk acuan bulan, mereka menggunakan sistem bulan qomariyah (penetapan awal bulan berdasarkan fase-fase bulan)

Inilah bukti-bukti bahwa sistem penanggalan baik mengacu kepada matahari atau bulan sudah lama adanya, bahkan sebelum adanya Islam masuk ke bangsa Arab..

Allahu 'Alam bisshowab

Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
- Telegram : @majelismanis
- Fans Page : /majelismanis
- Twitter : @grupmanis
- Instagram : @majelismanis
- Play Store : Majelis Iman Islam
- Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c