Jangan Mudah Memberi Cap Buruk pada Orang Lain

Senin, 16 Muharam 1438 H/17 Oktober 2016

Akhlak

Ustadzah Ida Faridah

===========================

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk ucapan yang paling dusta, dan janganlah kalian saling mendiamkan, saling mencari kejelekan, saling menipu dalam jual beli, saling mendengki, saling memusuhi dan janganlah saling membelakangi, dan jadilah kalian semua hamba-hamba Allah yang bersaudara." (HR. Bukhori No. 5606)

Jika terbersit satu prasangka buruk, ada baiknya kita mencarikan alasan-alasan untuk menghindari prasangka tersebut. "Aah mungkin dia bersikap seperti itu karena sedang lelah, atau dia seperti itu karena anaknya sedang sakit," dan puluhan alasan lainnya agar kita tidak mudah bersu'udzon.

Selain diminta untuk menjauhi prasangka buruk, Rasulullah pun menyatakan larangan menjelekkan saudara sesama muslim.

"Cukuplah seseorang dari kejelekan bila ia merendahkan saudaranya sesama muslim. Setiap muslim terhadap muslim yang lain, haram darahnya, kehormatan dan hartanya. Sesungguhnya Allah tidak melihat ke tubuh-tubuh kalian, tidak pula ke rupa kalian akan tetapi ia melihat ke hati-hati dan amalan kalian." (HR. ِBukhari No. 6066 dan Muslim No. 6482)

Wallahu a'lam.

0 Response to "Jangan Mudah Memberi Cap Buruk pada Orang Lain"

Post a Comment