Agar Tidak Malas Shalat

Ustadzah Menjawab
Ustadzah Novria
14 Oktober 2016
=====================

السلام عليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saya nayla dari baubau...mau tanya bagaimana caranya biar ga malas sholat. Trus usia kayak saya 11 tahun keluar rumah wajib pake jilbab kah? trimakasih kak

Nayla, grup 03


=============
Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Sholat terutama sholat 5 waktu merupakan kewajiban manusia terhadap Tuhanya. Sholat merupakan landasan pokok dan merupakan aktualisasi makna iman yang bersemayam didalam hati. Sholat juga merupakan perwujudan nyata dari keimanan kepada yang ghaib. Sholat juga merupakan bukti penyembahan seorang hamba kepada penciptanya. Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam surat Adz-Dzariat ayat 56:

.ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧْﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan Manusia melainkan untuk menyembah kepadaku”. [Adz
Dzariyat [51] : 56].

selain itu shalat juga dijadikan pembeda antara seorang muslim dan orang kafir. Banyak hadits shahih meriwayatkan begitu pentingnya solat bagi seorang hamba, diantaranya ;

 “Batas antara hamba dan kekufuran adalah sholat" (HR Tirmidzi dan Abu Dawud).

"Batas antara seseorang dan kemusyrikan adalak sholat" (HR Muslim)

"Ikatan antara mereka dan kita adalah sholat, barang siapa meninggalkannya maka ia telah kafir" (HR Tirmidzi dan Nasa'i).

Hadist-hadist diatas bermakna seorang bisa dikatakan muslim apabila ia sudah mendirikan sholat, dan seorang dikatakan kafir apabila ia tidak melaksanakan sholat. Solat menjadi pembeda antar seorang muslim dgn orang kafir.

Ada banyak cara agar tidak malas melaksanakan solat, beberapa diantaranya;

1. Jadikan sholat sebagai kebutuhan bukan sekedar kewajiban

Sholat bukan hanya dijadikan sebagai kewajiban saja,tetapi hendaknya juga dijadikan sebagai kebutuhan. karena jika sholat hanya dijadikan sebagai kewajiban, hal inilah yang bisa menjadi beban. Dan apabila kita bisa menjadikanya sebagai kebutuhan maka akan terasa ringan.

2. Jangan Menunda sholat

Selain pahala sholat yang berkurang. Menunda sholat juga dapat menambah rasa malas. Hal inilah yang biasa dilakukan syetan untuk membujuk dan menggoda manusia. awalnya syetan hanya membujuk untuk menunda, lalu syetan akan mengalihkan pikiran manusia agar lupa terhadap sholatnya misalnya tidur.

3. Perbanyak Mengingat Allah/Dzikir

Dzikir/mengingat Allah akan menghidupkan hati sedangkan hati yang hidup akan selalu dekat dengan Tuhannya. Tidak berdzikir atau tidak mengingat Allah maka akan menyebabkan hati menjadi mati, jika hati kita mati maka syetan akan selalu mengendalikan hidup kita.

4. Mengingat Kematian

Setiap yang bernyawa pasti mati. Dengan mengingat kematian  akan menimbulkan rasa takut kepada Allah

5. Perbanyak mencari ilmu tentang keutamaan sholat

Setiap kita harus mengetahui makna dan hakikat solat, urgensi dari solat yang dilakukan, dan konsekwensi dari meninggalkan solat. Dengan cara menuntut ilmu kita akan mengetahuinya. Ilmu bisa diperoleh dari membaca buku dan menghadiri majelis ilmu.

6. Bergaul dengan orang yang soleh

Bergaul dengan orang sholeh akan memotivasi kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang diperintakan Allah kepada kita.

Rasulullah bersabda:
Janganlah kalian berkumpul, kecuali dengan orangbyang beriman. Jangan sampai ada yang menyantap makananmu, kecuali orang yang bertaqwa (HR Tirmidzi)

7⃣Menjauhkan diri dari orang-orang yang suka berbuat kerusakan/orang yang lalai

Janganlah berteman dengan orang-orang  yang suka berbuat kerusakan atau orang-orang yang lalai dari mengingat Allah.

Apakah usia 11 tahun sudah wajib pake jilbab keluar rumah??

Berdasarkan firman Allah SWT   dalam QS. An-Nur ayat 31, yang artinya:

“Katakanlah kepada wanita-wanita beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan Vernia mereka kecuali yang (biasa) tampak daripadanya“.

Juga dalam QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

 “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka menjulurkan khimarnya (jilbab) ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“.

Nabi saw juga bersabda:

“Ada dua macam golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat sebelumnya: Sekelompok laki-laki yang menggenggam cambuk seperti ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang dan berlenggak lenggok. Dikepalanya ada sesuatu seperti punuk onta. Mereka itu tidak akan masuk surga dan tidak juga mencium baunya surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak yang sangat jauh“. (HR. Muslim)

Perintah hijab diwajibkan bagi wanita yang sudah akil baligh, akil baligh pada anak perempuan ditandai dengan keluarnya darah haid. Tetapi alangkah baiknya pembiasaan menggunakan hijab sejak maka kanak-kanak agar ketika kewajiban telah sampai kepadanya, yaitu telah akil baligh maka berhijab akan menjadi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan. Banyak anak perempuan sdh akil baligh pada umur 11 tahun bahkan banyak juga pada umur 10 tahun, jadi umur 11 tahun sdh berkewajiban utk menggunakan hijab keluar rumah, tidak hanya keluar rumah tetapi berhijab dari orang-orang yang bukan muhrim kita, misalnya saudara sepupu.

والله اعلم بالصواب


Dipersembahkan oleh:
www.manis.id

Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
- Telegram : @majelismanis
- Fans Page : /majelismanis
- Twitter : @grupmanis
- Instagram : @majelismanis
- Play Store : Majelis Iman Islam
- Join Grup WA : http://bit.ly/2dg5J0c