KISAH NABI ADAM A.S. (1)

📆Jum'at, 30 Dzulqo'dah1437 H/  02 September 2016

📘Sirah

📝 Pemateri: Dr. Wido Supraha

📖 KISAH NABI ADAM A.S. (1)
=============================
🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Brother and Sista,

Umat manusia yang ada saat ini sejatinya berawal dari manusia yang satu (Q.S. 4:1), dialah Bapak Manusia, Adam a.s. Sains hari ini pun telah mementahkan teori Darwin yang menyebutkan bahwa manusia hasil evolusi dari kera. Mengetahui hakikat tentang Bapak kita yang pertama tentunya adalah keutamaan tersendiri ya Brother and Sista, agar kita semakin memahami hakikat hidup dan kehidupan ini.

Dari berbagai nash yang kita terima hari ini, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Nabi Adam a.s., sebagai berikut:

1⃣ Nabi Adam a.s. diciptakan dari tanah (Q.S. 3:59), bukan dari api yang tidak berasap, dan bukan dari cahaya. Nabi Isa a.s. juga diciptakan dari tanah. Secara logika manusia, tentunya Nabi Adam a.s. lebih  berhak disembah sebagai Tuhan daripada Nabi Isa a.s., namun Islam tidak mengajarkan manusia untuk dijadikan Tuhan.

2⃣ Nabi Adam a.s. adalah manusia pertama dalam sejarah umat manusia hari ini, dan menjadi manusia pertama yang menikah. Hal ini menunjukkan betapa mulianya pernikahan, dan betapa dilarangnya berpacaran. (Q.S. 7:189)

3⃣ Awal kekhawatiran para Malaikat akan penciptaan manusia yang akan melalahirkan kerusakan dan pertumpahan darah adalah karena Malaikat telah menyaksikan kehidupan para jin sebelum penciptaan manusia. Namun pengetahuan makhluk akan tujuan Allah amatlah terbatas. (Q.S. 2:30)

4⃣ Kesombongan iblis, sebagai salah satu jenis makhluk dari kalangan jin tampak ketika ia tidak mau memberikan penghormatan kepada Nabi Adam a.s. yang baru diciptakan-Nya hanya karena perbedaan materi penciptaan. Sejatinya, Iblis membangkang perintah Tuhannya. (Q.S. 7:11)

Sampai disini dulu ya Brother and Sista. Ada yang mau ditanyakan? Kita akan lanjutkan poin-point terkait penciptaan manusia pada tulisan selanjutnya ya.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼Sebarkan! Raih pahala....

0 Response to "KISAH NABI ADAM A.S. (1)"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI