Kekuatan Tekad

📆 Selasa, 04 Dzulhijjah 1437 H/ 06 September 2016

📕 Sirah

📝 Ustadz Noorahmat

📖 Kekuatan Tekad
============================
🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

🖌 Assalamu'alaikum wr wb adik-adik..
🖌 Pada kesempatan kali ini kita bahas mengenai apa itu kekuatan tekad yang ternyata kaitannya sangat erat dalam melahirkan kesungguhan dan keberanian dalam diri kita untuk memperjuangkan target tujuan dalam kehidupan..

🖌 Ada sebuah kisah yang cukup melegenda..khususnya di kalangan kita, Ummat Islam.
Ingin tahu ceritanya? .... Saya yakin semua pernah mendengar kisahnya, tapi tak mengapa kalau diulang kembali ya.... boleh? ☺

🖇 Ketika itu, Rasulullah SAW menghadapi berbagai marabahaya dan malapetaka secara sekaligus. Semua terkait aktifitas dakwah beliau di Mekkah. Diantara meningkatnya ekskalasi perlawanan dan kecaman dari kaum kafir Quraisy, maka Abu Thalib, berbicara kepada kemenakannya...Rasulullah Muhammad SAW.

🖇 "Tidak bisakah kau berhenti dari semua ini?"..
"Yakini saja semuanya untuk dirimu sendiri, tapi jangan usik orang lain!"..
"Jangan kau buat murka para penguasa dan membahayakan dirimu serta kita semua dengan menyebarkannya!"

🖇 Dengan penuh keberanian dan percaya diri..Rasulullah SAW menjawab
"Demi Allah, kalaupun mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, lalu menyuruhku untuk meninggalkan tugas ini, aku tidak akan meninggalkannya..!!!"

🖌 Adik-adik....
🖇 Jawaban yang diungkapkan Rasulullah SAW terhadap paman beliau yang sangat beliau cintai ini menunjukkan kekuatan Ilahiyyah yang dimiliki beliau. Ungkapan tersebut pun menunjukkan bahwa beliau tidak pernah menunjukkan kelemahan dalam memperjuangkan tugas yang beliau emban. Dengan penuh totalitas, Rasulullah SAW menjalankan misi sebagai pengemban Risalah dengan kesungguhan dan sepenuh kekuatan tekad.

🖌 Masih perlu kisah lain yang menunjukkan keutamaan kekuatan tekad?
Lanjut ya..

🖇 Suatu saat, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Demi Dia yang menggenggam nyawaku, seandainya bukan karena segolongan mukminin akan merasa tidak puas karena aku meninggalkan mereka tetap di belakangku, sehingga aku dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, tentu aku tidak akan tetap tinggal tatkala ada ekspedisi berangkat di jalan Allah SWT. Demi Dia yang menggenggam nyawaku, aku berharap terbunuh dan dihidupkan kembali, lalu terbunuh kembali"

🖇 Ka'ab bin Malik pernah mengisahkan bahwa, jika Rasulullah SAW berniat untuk ikut melakukan melakukan perjalanan ekspedisi tempur, beliau selalu terlebih dahulu seakan pergi ke suatu tempat lain hingga tiba waktu ekspedisi tersebut dimulai. Misalnya ketika ekspedisi Tabuk. Rasulullah SAW menjalankankannya di bawah terik panas matahari yang luar biasa, menempuh perjalanan panjang dan kemudian menyongsong musuh yang besar. Beliau menunjukkan dengan jelas kepada kaum Muslimin, apa yang harus mereka lakukan agar dapat mempersiapkan perlengkapan perjalanan, dengan mengatakan kepada mereka ke mana beliau akan pergi.

🖇 Ada pula kisah legendaris lainnya yang menunjukkan kegigihan dan kekuatan tekad Rasulullah SAW. Dalam Perang Badr Al-Kubra, beliau berhadapan dengan 1000 pasukan bersenjata lengkap sementara pasukan beliau hanya berjumlah 313 dengan perlengkapan seadanya. Namun, beliau tetap tidak pernah menunjukkan rasa takut atau kecil hati. Beliau menghadapi tantangan berat itu dengan keberanian yang luar biasa sehingga dapat memenangkan pertempuran dahsyat tersebut.

🖇 Belum lagi ketika perang Uhud, ketika kemenangan berubah menjadi separuh kekalahan karena kesalahan beberapa anggota pasukan pemanah yang tidak disiplin. Ditambah pasukan muslim berlarian panik setelah mendengar isu hoax terkait kematian Nabi SAW....tapi beliau Rasulullah SAW tetap tenang saja sebagaimana biasa. Beliau terus melanjutkan perlawanan dengan diiringi para sahabat setianya, hingga sebagian gigi beliau tanggal.. Kepemimpinan beliau yang gagah berani di medan perang Uhud akhirnya menyatukan pasukan muslim hingga kemudian musuh pun mundur tanpa kejelasan hasil perang..

🖌 Ada lagi kisah legendaris lainnya....
🖇 Ketika dalam perang Hunain, para muallaf melarikan diri terbirit-birit dari medan perang di bawah siraman hujan anak panah. Belum lagi hembusan fitnah dari segolongan munafik diantara pasukan. Hanya tinggal Rasulullah SAW dan diiringi sahabat setia beliau yang tetap tegar, hingga akhirnya dengan kepemimpinan dan kekuatan tekad Rasulullah SAW, beliau berhasil kembali mengatur serangan dan melakukan perlawanan sengit yang berujung pada kemenangan bagi pasukan Muslim.

🖇 Saksi mata dalam perang Hunain (Bara' bin 'Azib) menyampaikan, "Ya benar aku sempat melarikan diri, tetapi aku menyaksikan Rasulullah SAW tetap tegar bediri dan tetap tegak di tempatnya berdiri. Demi Allah, ketika perang makin sengit, kami berlindung disisi beliau dan orang-orang yang paling berani diantara kami berdiri disamping beliau."

🖌 Ketahuilah adik-adikku....
🖇 Anas bin Malik pernah pula menyampaikan bahwa Rasulullah SAW merupakan sosok yang paling berani diantara semuanya..

🖇 Pernah, suatu kali tersiar khabar di Madinah bahwa Pasukan Musuh telah datang menyerang dan siap berperang. Siapakah orang Madinah pertama yang maju? Ya benar...Rasulullah SAW menjadi orang pertama di Madinah yang tanpa menunggu pelana terpasang langsung memacu kuda beliau untuk mencari tahu kebenaran berita tersebut..

🖌 Kesungguhan tekad Rasulullah SAW dalam melaksanakan amanah mengemban Risalah Islam menjadikan beliau secara totalitas memenuhi setiap episode kehidupan yang beliau jalani dengan penuh keberanian.

🖌 Keberanian itu bukan berarti tanpa rasa takut lho adik-adik... Keberanian itu sebenarnya merupakan keteguhan untuk bertindak dan melangkah maju meskipun diiringi rasa takut.

🖌 Dari kisah-kisah yang diambil dari teladan mulia, Rasulullah SAW. Maka, kita bisa melihat bahwa Islam yang terus berkembang hingga saat ini merupakan buah dari kesungguhan tekad Rasulullah SAW dalam melaksanakan amanah Risalah dari Sang Penguasa Alam.

🖌 Nah adik-adik...
Kalian tentu punya target dan cita-cita bukan?
Sudah seberapa kuatkan tekad adik-adik untuk mewujudkannya?
Sudah sejauh manakah persiapannya?
Sudah seberapa beranikah adik-adik menghadapi tantangan yang merintangi?

🖌 Yuk kita kokohkan lagi cita-cita kehidupan kita dan selaraskan dengan cita-cita Islam agar kita semakin kokoh dalam memperjuangkan cita-cita kita dengan penuh harapan mendapatkan Ridha Allah Azza wa Jalla.

🖌 Sebagai penutup, silahkan adik-adik sekalian simak secara mandiri QS. Al-Baqarah ayat 249-250. Nanti jangan lupa diskusikan di WAG kesan-kesannya ya...InsyaAllah kita sambung lain waktu dengan urusan disiplin dan keshabaran.

🖌 Wassalam..😊

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

📲Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
📱 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
🖥 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
📮 Twitter : https://twitter.com/grupmanis
📸 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
🕹 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

0 Response to "Kekuatan Tekad"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI