Diantara Akhlak Dalam Bersin dan Menguap

 Ahad, 2 Dzulhijjah 1437H / 4 September 2016
 *MUAMALAH*

 Pemateri: *Ustadz Rikza Maulan, Lc., M.Ag .*
 *Diantara Akhlak Dalam Bersin & Menguap*

 *Hadits*
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ (رواه اليخاري)
Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
_"Sesungguhnya Allah menyukai bersin, dan membenci menguap. Maka apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia memuji Allah (mengucapkan alhamdulillah), dan kewajiban muslim lainnya yang mendengarnya untuk mendo'akannya (mengucapkan yarhamukallah). Sedangkan menguap datangnya dari syetan, maka hendaknya ia menahan menguap semampunya. Dan jika sampai ia mengucapkan "haaah" (menguap dengan bersuara), maka syetan akan tertawa (senang) karenanya."_
(HR. Bukhari)
 *Hikmah Hadits :*
❣1. Anjuran berakhlaqul karimah dalam segenap aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam kebiasaan sehari-hari yang terkadang dianggap sepele dan ringan, seperti akhlak ketika sedang bersin atau ketika sedang menguap.
❣2. Ketika bersin, kita dianjurkan untuk berdoa memuji Allah Swt dengan mengucapkan _*"Alhamdulillah"*_. Karena bersin merupakan nikmat dari Allah Swt.
Sementara, bagi muslim lainnya yg mendengarkan ucapan hamdalah dari orang yang bersin, dianjurkan untuk turut mendoakannya dengan mengucapkan _*"yarhamukallah".*_
Kemudian selanjutnya orang yang bersin tadi membalasnya kembali dengan mendoakan orang tersebut dengan ucapan _*"yahdikumullah"*_.
Dan sungguh, betapa indahnya kehidupan orang yang beriman, yang selalu saling mendoakan satu dengan yang lainnya.
❣3. Adapun menguap, umumnya datangnya dari syaitan dan termasuk perkara yang tidak disukai Allah Swt. Maka anjuranya ketika menguap adalah hendaknya ditahan sebisa mungkin.
Dan kalaupun harus menguap juga, maka *_hendaknya jangan sampai mengeluarkan suara ketika menguap_*.
Sebab menguap dengan mengeluarkan suara, termasuk perbuatan tercela, dan syaitan sangat menyukainya serta tertawa karenanya.
Wallahu A'lam

Dipersembahkan oleh:
http://www.iman-islam.com
Ikuti Kami di:
Telegram : https://is.gd/3RJdM0
Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
Twitter : https://twitter.com/grupmanis
Istagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
Sebarkan dan raihlah pahala ...

0 Response to "Diantara Akhlak Dalam Bersin dan Menguap"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI