Bergaul-lah Walau Ekslusif Itu Nyaman

 Senin, 24 Dzulhijjah 1437H / 26 September 2016
 *HADITS DAN FIQIH*

 Pemateri: *Ustadz Farid Nu'man Hasan.*
 *Bergaul-lah Walau Ekslusif Itu Nyaman*

 Sejarah menunjukkan para Nabi dan Rasul 'Alaihimussalam juga bergaul
 Begitu juga Nabi kita, Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam
 Gelarnya Al Amin - terpercaya, menunjukkan bahwa Beliau bergaul
 Gelar tersebut bukan gratisan, tapi hasil dari gaulnya di tengah masyarakat dan mereka merasakan keluhuran akhlaknya
 Bergaul-lah ... Sebab dengannya kita dapat memberikan manfaat kepada orang lain, sehingga kita menjadi manusia terbaik:
وخير الناس أنفعهم
للناس
Manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. (HR. Ad Daruquthni dalam Al Afrad, Dhiya Al Maqdisi dalam Al Mukhtarah. Dishahihkan oleh Imam As Suyuthi)
 Bergaul-lah, agar kita matang dalam pertarungan hidup dan menghadapi tipe beragam manusia, lalu bertahanlah atas fitnah-fitnahnya
 Imam An Nawawi dalam kitabnya yang terkenal, Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin, membuat bab yang sangat panjang, “Keutamaan berbaur dengan manusia dan menghadiri perkumpulan dan jamaah mereka, menyaksikan kebaikan dan majlis dzikir bersama mereka, menjenguk orang sakit, dan mengurus jenazah mereka. Memenuhi kebutuhan mereka, membimbing kebodohan mereka, dan lain-lain berupa kemaslahatan bagi mereka, bagi siapa saja yang mampu untuk amar ma’ruf nahi munkar, dan menahan dirinya untuk menyakiti, serta bersabar ketika disakiti."
 Imam An Nawawi berkata, “Ketahuilah, bergaul dengan manusia dengan cara seperti yang saya sebutkan, adalah jalan yang dipilih oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan seluruh Nabi Shalawatullah qwa Salamuhu ‘Alaihim, demikian pula yang ditempuh oleh Khulafa’ur Rasyidin, dan orang-orang setelah mereka dari kalangan sahabat, tabi’in, dan orang setelah mereka dari kalangan ulama Islam dan orang-orang pilihannya. Inilah madzhab kebanyakan dari tabi’in dan orang-orang setelah mereka, ini pula pendapat Asy Syafi’i dan Ahmad, dan kebanyakan fuqaha radhiallahu ‘anhum ajma’in. Allah Ta’ala berfirman: “Saling tolong menolonglah dalam kebaikan dan ketaqwaan" (QS. Al Maidah: 2) Ayat-ayat dengan makna seperti yang saya sebutkan sangat banyak dan telah diketahui. (Riyadhush Shalihin, hal. 182. tahqiq oleh Muhammad Ishamuddin Amin. Maktabatul Iman, Al Manshurah)
 Tapi, gaul tidak sembarang gaul apalagi jika kita dalam posisi lemah, maka bergaullah dgn mereka yg kuat agamanya dan bs membantu menuju surga.
الْمَرْءُ عَلَى دِينِخَلِيلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلْ
Seorang tergantung agama kawan dekatnya maka lihatlah kepada siapa kalian berkawan dekat. (HR. Ahmad No. 8417. Sanadnya jayyid. Ta'liq Musnad Ahmad No. 8417)
Wallahu A'lam

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Ikuti Kami di:
Telegram : https://is.gd/3RJdM0
Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
Twitter : https://twitter.com/grupmanis
Istagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis
Sebarkan dan raihlah pahala ...

0 Response to "Bergaul-lah Walau Ekslusif Itu Nyaman"

Post a Comment