Sikap menghadapi masalah

Jum'at, 02 Dzulqo'dah 1437 H/ 05 Agustus 2016
Pengembangan Diri dan Motivasi
 Ustadzah Heni, Ustadzah Dina, Ustadzah Wiwit
 *Sikap menghadapi masalah*
============================

Assalamu'alaikum bro n sist. Apa kabar?

Apakah ada yang sedang memiliki masalah? Atau ada yang pernah punya masalah?
樂樂樂樂樂樂樂
Hmmm hampir semua kita pasti pernah ya...
Nah, bagaimana kalau kita sekarang mau membahasnya? Apa sih seharusnya yang kita lakukan saat kita punya masalah?
Dalam kehidupan kita sehari-hari memang tidak semuanya menyenangkan seperti yang kita inginkan. Ada saja hal-hal yang menjadi masalah. Dari hal yang sederhana seperti mau pake sandal, ee gak ada sebelah. Bete banget kan? Sampai hal yang berat seperti  perceraian orang tua yang tidak kita inginkan. Atau gagal dalam ujian. Nggak nyaman ya rasanya? Dunia serasa mau runtuh. Seakan tidak ada yg dapat menolong kita. Apalagi  yang kita rasakan saat ada masalah? Sedih, marah, kecewa de el el.. pasti kita rasakan semua, bahkan secara fisik kadang muncul seperti kepala pusing, gatal-gatal, sakit perut, sesak nafas. Nah, itu semua salah satu ciri bahwa kita sedang ada masalah. Saat perasaan kita tidak nyaman maka otak kita hanya bekerja separuh bagian limbik saja. Sementara neutokorteks tidak dapat bekerja maksimal sehingga kita tidak mampu berpikir jernih, kreatif atau rasional. Ini yg menyebabkan kita makin terpuruk dan tidak mampu memikirkan solusinya.
Kadang saking betenya, uring-uringan sampai sendal didepan mata aja gak kelihatan.  
Nah, apa yang seharusnya kita lakukan saat mengalami perasaan tidak nyaman?
1⃣ Kita harus ingat bahwa ada Allah SWT yang Maha Kasih dan Sayang dan selalu pasti menolong kita, asal kita tidak menjauh dari Nya. Dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'd ayat 28,  Allah SWT berfirman:
_"Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah maka hati akan tenang"_
Bagaimana mengingat Allah SWT? yaitu dengan sholat, do'a, membaca Al-Qur'an dan berdzikir.
2⃣ Carilah seseorang yang kamu percaya dan berilmu  utk diajak bicara dan meminta pendapat, seperti orang tua, kakak, guru BP, guru ngaji dan lain-lain. Bila tidak ada orang yang bisa diajak bicara, tuliskan dan ungkapkan perasaan tidak nyaman itu. Ibarat gelas berisi air keruh, belum bisa diisi air bening kalau belum dikosongkan dulu. Bila perasaan kembali nyaman maka akan lebih mudah untuk memikirkan solusinya.
 
3⃣ Lakukan interaksi dengan orang-orang yang menyenangkan. Menjumpai sahabat, kerabat atau komunitas positif yang memberi kesempatan interaksi yang menyenangkan. Jangan terpuruk dengan mengurung diri karena akan semakin membuat mu merasa terabaikan.
4⃣ Lakukan kegiatan positif yang di sukai dan membuat lebih nyaman. Misalnya, olahraga, menyanyi, berkebun dan lain-lain. Dengan demikian, energi negatif akan tersalurkan menjadi kegiatan produktif.
5⃣ Lakukan "time out." Seperti kalau pertandingan basket, bila kondisi sudah "crowded" maka pelatih akan melakukan time out dengan menghentikan permainan. Nah, kita kadang juga membutuhkan "time out" agar bisa mengambil jarak dari masalah sehingga bisa melihat dari sudut berbeda. Kita bisa pergi berlibur atau beristirahat sejenak, santai-santai.
Jadi ya teman2...ada banyak jalan menuju Roma. Kalau kamu ada masalah pasti akan banyak cara untuk menyelesaikannya. Dan selalu melibatkan Allah SWT. Karena hanya Allah SWT yang dapat membantu menyelesaikannya. 
Cara paling mudah adalah dengan memperbanyak istighfar. Sesuai dengan hadits :
_"Perbanyaklah istighfar, niscaya Allah akan mudahkan urusanmu"._
Selamat beristighfar ya.. Salam sukses ✊

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
 Twitter : https://twitter.com/grupmanis
 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

0 Response to "Sikap menghadapi masalah"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI