QS. Al-Anfaal ayat 27

Sabtu, 25 Dzulqa'dah 1437 H/ 26 Agustus 2016
 Al-Qur'an
 Ustadz Noorahmat
 QS. Al-Anfaal ayat 27
============================

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh....

Adik-adik MFT....semoga Sabtu ini kita mendapat keberkahan usia dan waktu dari Allah Azza wa Jalla.

Alhamdulillah Allah Azza wa Jalla memperkenankan kita bersua kembali melalui wahana social media...

Pada kesempatan ini kita coba angkat bahasan tafsir sederhana terkait QS Al Anfaal ayat ke 27.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

_"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui."_ (QS Al Anfaal 8:27)

Terkait ayat tersebut, Imam Ibnu Katsir menyatakan: “Khianat itu mencakup dosa-dosa kecil dan dosa-dosa besar, yang berdampak pada diri seseorang, ataupun yang dampaknya menimpa orang lain.”

dari Ibnu `Abbas ra, Ali bin Abi Thalhah berkata berkenaan dengan firman Allah: wa takhuunuu amaanatukum (“Dan [juga janganlah] kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu.”). Amanah adalah segala macam amal perbuatan yang diamanahkan Allah Ta’ala kepada hamba-hamba-Nya. Maksudnya adalah kewajiban, ia juga berkata: _"Jangan berkhianat,”_ maksudnya adalah, jangan melanggar amanah itu.

Dalam riwayat lain, ia berkata: “Janganlah kamu mengkhianati Allah swt dan Rasul (Muhammad),” dengan meninggalkan sunnahnya dan melakukan kemaksiatan kepadanya.

Nah adik-adik....
Dari penjelasan ulama-ulama terdahulu terkait ayat tersebut, maka bisa kita dapatkan point-point berikut.

1⃣ Mengkhianati Allah Azza wa Jalla dan Rasulullah SAW melingkupi segala tindakan atau perbuatan dosa. Baik itu dosa kecil maupun besar.
2⃣ Dampak dari pengkhianatan kepada Allah swt dan Rasul tidak hanya berdampak pada diri sendiri saja, namun juga berdampak secara sosial terhadap orang di sekitar kita, negara dan masyarakat seluruhnya.
3⃣ Amanah merupakan tugas kewajiban yang harus ditunaikan secara utuh dengan berpedoman pada tuntunan Allah Azza wa Jalla dalam Al Qur'an dan tuntunan Rasulullah SAW dalam sunnah-sunnah beliau.
4⃣ Menunaikan amanah dengan melanggar Al Qur'an dan As Sunnah merupakan salah satu pengkhianatan terhadap Allah Azza wa Jalla dan Rasulullah SAW.

Adik-adik sekalian...
Dari empat point diatas, bisa ditarik sebuah tata nilai yang selayaknya menjadi dasar kita dalam kehidupan. Mencintai Allah Ar Rahmaan dan Rasulullah SAW harus kita tempatkan di posisi tertinggi. Dan karena tingginya rasa cinta tersebut maka kita harus berupaya menumbuhkan kesadaran untuk tidak sedikitpun menyakiti dan menselisihi Allah Ar Rahiim dan Rasulullah SAW. Karena kita tidak mau dibenci oleh Penguasa Alam Semesta.

Diriwayatkan dalam hadits shahih bahwa Rasulullah saw. bersabda:
_“Ada tiga hal, siapa saja yang tiga hal itu ada padanya, ia mendapatkan manisnya iman; (yaitu) hendaklah Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selain keduanya; hendaklah seseorang mencintai orang lain, ia tidak mencintainya kecuali karena Allah; dan hendaklah ia benci untuk kembali ke dalam kekufuran sebagaimana ia benci untuk dilemparkan ke dalam api neraka.”_ (HR. Al-Bukhari)

Semoga kita semua menjadi manusia-manusia yang dicintai Allah Azza wa Jalla, dicintai penduduk langit, sehingga kelak layak mendapat syafaat dari Qudwah hasanah kita tercinta...Rasulullah SAW...

Aamiin.

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
 Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
 Twitter : https://twitter.com/grupmanis
 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

0 Response to "QS. Al-Anfaal ayat 27"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI