Pembagian Daging Qurban

*�Ustadz Menjawab*
_Rabu, 24 Agustus 2016_
🌿Ustadz Farid Nu'man

🌿🌺🍄🍀🌷🌹🌻

Ada pertanyaan lagi dari I20 :
Assalamualaikum.. afwan ustadz ana masih belum faham tentang pembagian qurban. Ditempat ana ada sistem patungan satu ekor sapi untuk 7 0rang. Setelah dipotong dagingnya pun dibagi 7. Misal satu ekor sapi dagingnya 70 kg dibagi 7 jadi perorang dapat 10 kg. Nanti yang dapat 10 kg dibagi 1/3. Jadi yang qur an hanya mengambil 1/3 (kurang lebih 3 kg) untuk dimakan dan disimpan. sisanya dibagikan/disedekahkan ke kaum kerabat/tetangga masing2. Ini bagaimana ustadz .. apakah sudah sesuai ketentuan dalam berqurban. Jazaakallah khairan

🍃🍃jawaban🍃🍃

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Bismilkah wal Hamdulillah ..

Tidak ada pembagian yang lugas dan rinci dalam Al Quran dan As Sunnah mengenai hal ini, kecuali yang tertera dalam Al Quran yaitu untuk shahibul qurban dan faqir miskin.

Ada pun tentang berapa bagiannya, apakah 1/3, 1/2, dan lainnya adalah ijtihadiyah saja dari para ulama. Ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan yang lama berlangsung di sebuah negeri.

Pemilik hewan kurban (shahihul qurban) berhak mendapatkannya dan memakannya. Hal ini berdasarkan perintah dari Allah Ta’ala sendiri:

فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ  

“.. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al Hajj (22): 28)

Ayat ini menunjukkan bahwa pemilik hewan kurban berhak memakannya, lalu dibagikan untuk orang sengsara dan faqir, mereka adalah pihak yang lebih utama untuk mendapatkannya. Selain mereka pun boleh mendapatkannya, walau bukan prioritas.

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah memaparkan cara pembagian sebagai berikut:

للمهدي أن يأكل من هديه الذي يباح له الاكل منه أي مقدار يشاء أن يأكله، بلا تحديد، وله كذلك أن يهدي أو يتصدق بما يراه. وقيل: يأكل النصف، ويتصدق بالنصف .وقيل: يقسمه أثلاثا، فيأكل الثلث، ويهدي الثلث، ويتصدق بالثلث.

  “Si pemiliki hewan kurban dibolehkan makan bagian yang dibolehkan baginya *sesuai keinginannya tanpa batas.* Dia pun boleh menghadiahkan atau mensedekahkan sesuka hatinya. Ada pula yang mengatakan dia boleh memakannya setengah dan mensedekahkan setengah. Dan dikatakan: dibagi tiga bagian,  untuknya adalah sepertiga, dihadiahkan sepertiga, dan disedekahkan sepertiga.”  (Fiqhus Sunnah, 1/742-743)

Demikian. Wallahu a'lam

🌿🌺🍄🍀🌷🌹🌻

Dipersembahkan Oleh:
www.iman-manis.com

Ikuti Kami di:
Telegram : https://is.gd/3RJdM0
Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
Twitter : https://twitter.com/grupmanis
Istagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

💼Sebarkan! Raih Bahagia....

0 Response to "Pembagian Daging Qurban"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI