Muraqabatullah

 Kamis, 16 Dzulqa'dah 1437 H/ 18 Agustus 2016
 Ibadah
 Ustadzah Lelysia
 Muraqabatullah
============================

 Dekat sama Allah SWT itu Nikmat lho!!
 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Hay guys..Sehat selalu kan yah?
Ketemu lagi nih sama kita disini. Eh, kakak Mau nanya nih, pernah ga sih, kita selalu merasa diawasi? Kyk ada kamera CCTV gt kali yah? Pasti pernah kan yah? Nyaman? Pasti ada yang risih, ada juga yang biasa aja.
So, bagaimana kalau yang selalu ngawasi kita itu, Allah SWT? Bahagia banget kan guys...selalu diperhatikan sama Allah SWT..
 Muraqabah adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Karena dengan muraqabah inilah, seseorang dapat menjalankan keta'atan kepada Allah SWT dimanapun ia berada, hingga mampu mengantarkannya pada derajat seorang mukmin sejati. Demikian pula sebaliknya, tanpa adanya sikap seperti ini, akan membawa seseorang pada jurang kemaksiatan kepada Allah SWT kendatipun ilmu dan kedudukan yang dimilikinya. Inilah urgensi sikap muraqabah dalam kehidupan muslim.
 Makna Muraqabah Dari segi bahasa, muraqabah berarti pengawasan dan pantauan. Karena sikap muraqabah ini mencerminkan adanya pengawasan dan pemantauan Allah SWT terhadap dirinya.
 Adapun dari segi istilah, muraqabah adalah, suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa Allah SWT senantiasa mengawasinya, melihatnya, mendengarnya, dan mengetahui segala apapun yang dilakukannya dalam setiap waktu, setiap saat, setiap nafas atau setiap kedipan mata sekalipun.
 Syaikh Ibrahim bin Khawas mengatakan, bahwa muraqabah adalah "bersihnya segala amalan, baik yang sembunyi-sembunyi atau yang terang-terangan hanya kepada Allah SWT." Beliau mengemukakan hal seperti ini karena konsekuensi sifat muraqabah adalah berperilaku baik dan bersih hanya karena Allah SWT, dimanapun dan kapanpun. Salah seorang ulama juga mengungkapkan bahwa muraqabah ini merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan pemahaman sifat "Ar-Raqib, Al-Alim, As-Sami' dan Al-Bashir" pada Allah SWT. Maka, barang siapa yang memahami Sifat Allah SWT ini dan beribadah atas dasar konsekuensi sifat-sifat-Nya ini, akan terwujud dalam dirinya sifat muraqabah. Pada intinya, sikap ini mencerminkan keimanan kepada Allah SWT yang besar, hingga menyadari dengan sepenuh hati, tanpa keraguan, tanpa kebimbangan, bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi setiap gerak-geriknya, setiap langkahnya, setiap pandangannya, setiap pendengarannya, setiap yang terlintas dalam hatinya, bahkan setiap keinginannya yang belum terlintas dalam dirinya. Sehingga dari sifat ini, akan muncul pengamalan yang maksimal dalam beribadah kepada Allah SWT, dimanapun ia berada, atau kapanpun ia beramal dalam kondisi seorang diri, ataupun ketika berada di tengah-tengah keramaian orang.
 Urgensi Sifat Muraqabah
1⃣ Suatu hal yang sudah pasti dari adanya sifat seperti ini adalah optimalnya ibadah yang dilakukan seseorang serta jauhnya ia dari kemaksiatan. Karena ia menyadari bahwa Allah SWT senantiasa melihat dan mengawasinya. Abdullah bin Dinar mengemukakan, bahwa suatu ketika saya pergi bersama Umar bin Khattab ra, menuju Mekah. Ketika kami sedang beristirahat, tiba-tiba muncul seorang penggembala menuruni lereng gunung menuju kami. Umar berkata kepada penggembala: "Hai penggembala, jual lah seekor kambingmu kepada saya." Ia menjawab, "Tidak!, saya ini seorang budak." Umar menimpali lagi, "Katakan saja kepada tuanmu bahwa dombanya diterkam serigala." Penggembala mengatakan lagi, "kalau begitu, dimanakah Allah SWT?" Mendengar jawaban seperti itu, Umar menangis. Kemudian, Umar mengajaknya pergi ke tuannya lalu dimerdekakannya. Umar mengatakan pada pengembala tersebut, "Kamu telah dimerdekakan di dunia oleh ucapanmu dan semoga ucapan itu bisa memerdekakanmu di akhirat kelak." Penggembala ini sangat meyadari bahwa Allah SWT memahami dan mengetahuinya, sehingga ia dapat mengontrol segala perilakunya. Ia takut melakukan perbuatan kemaksiatan, kendatipun hal tersebut sangat memungkinkannya. Karena tiada orang yang akan mengadukannya pada tuannya, jika ia berbohong dan menjual dombanya tersebut. Namun, hal tersebut tidak dilakukannya.
2⃣ Rasa kedekatan kepada Allah SWT. Dalam Al-Qur'an pun Allah SWT pernah mengatakan, "Dan Kami lebih dekat padanya dari pada urat lehernya sendiri." Sehingga dari sini pula akan timbul kecintaan yang membara untuk bertemu dengan-Nya. Ia pun akan memandang dunia hanya sebagai ladang untuk memetik hasilnya di akhirat, untuk bertemu dengan Sang Kekasih, yaitu Allah SWT, dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda,
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أَحَبَّ اللهُ لِقَاءَهُ، وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَاءَهُ
"Barang siapa yang merindukan pertemuan dengan Allah, maka Allah pun akan merindukan pertemuannya dengan diri-Nya. Dan barang siapa yang tidak menyukai pertemuan dengan Allah, maka Allah pun tidak menyukai pertemuan dengannya." (HR. Bukhari)
3⃣ Sesorang yang bermuraqabah kepada Allah SWT, akan memiliki 'firasat' yang benar. Al-Imam Al-Kirmani mengatakan, "Barang siapa yang memakmurkan dirinya secara dzahir dengan ittiba' sunnah, secara batin dengan muraqabah, menjaga dirinya dari syahwat, manundukkan dirinya dari keharaman, dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang halal, maka firasatnya tidak akan salah." (Ighatsatul Lahfan, juz I/ 48)
4⃣ Muraqabah merupakan sunnah perintah Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits beliau mengatakan,
عَنْ أَبِي ذَرٍّ جُنْدَبِ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
"Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik guna menghapuskan perbuatan buruk tersebut, serta gaulilah manusia dengan pergaulan yang baik." (HR. Tirmidzi)
 Macam-macam Sifat Muraqabah
Syaikh DR. Abdullah Nasih Ulwan mengemukakan dalam 'Tarbiyah Ruhiyah; Petunjuk Praktis Mencapai Derajat Taqwa', ada empat macam bentuk muraqabah, yaitu:
 Muraqabah dalam ketaatan kepada Allah SWT, dengan penuh keikhlasan dalam menjalankan segala perintah-Nya. Seperti benar-benar memfokuskan tujuan amal ibadahnya hanya kepada Allah SWT dan karena Allah SWT, dan bukan karena faktor-faktor lainnya. Karena ia menyadari bahwa Allah Maha mengetahui segala niatan amalnya yang tersembunyi di balik relung-relung hatinya yang paling dalam sekalipun. Sehingga ia mampu beribadah secara maksimal, baik ketika sendirian ataupun di tengah-tengah keramaian.
 Muraqabah dalam kemaksiatan, dengan menjauhi perbuatan maksiat, bertaubat, menyesali perbuatan-perbuatan dosa yang pernah dilakukannya dan lain sebagainya. Sikap seperti berangkat dari keyakinannya bahwa Allah SWT mengetahuinya, dan Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang melakukan perbuatan maksiat. Sekiranya pun ia telah melakukan maksiat, ia akan bertaubat dengan sepenuh hati kepada Allah SWT dengan penyesalan yang mendalam, karena Allah SWT akan murka pada dirinya dengan kemaksiatannya itu.
 Muraqabah dalam hal-hal yang bersifat mubah, seprti menjaga adab-adab terhadap Allah SWT, bersyukur atas segala kenikmatan yang telah diberikan-Nya pada kita, bermuamalah yang baik kepada setiap insan, jujur, amanah, tanggung jawab, lemah lembut, perhatian, sederhana, ulet, berani dan lain sebagainya. Sehingga, seorang muslim akan tampil dengan kepribadian yang menyenangkan terhadap setiap orang yang dijumpainya. Dan jadilah ia sebagai seorang dai yang disukai umatnya.
 Muraqabah dalam musibah yang menimpanya, yaitu dengan ridha pada ketentuan Allah SWT serta memohon pertolongan-Nya dengan penuh kesabaran. Ia yakin bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang datang dari Allah SWT dan menjadi hal yang terbaik bagi dirinya, dan oleh karenanya ia akan bersabar terhadap sesuatu yang menimpanya.
 Bagaimanapun juga, Allah SWT pasti akan melihat, mendengar dan mengetahui segala gerak gerik kita, meskipun kita sendiri mungkin tidak menyadari hal tersebut. Namun, Allah SWT Maha mengetahui segalanya. Semoga kita semua mendapat ridha dari setiap amalan. Wallahu'alamubisshawab

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala
============================
Ikuti Kami di:
 Telegram : https://is.gd/3RJdM0
  Fans Page : https://m.facebook.com/majelismanis/
 Twitter : https://twitter.com/grupmanis
 Instagram : https://www.instagram.com/majelismanis/
 Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.manis

0 Response to "Muraqabatullah"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI