KENAPA YA NABI DILAHIRKAN DI MAKKAH?

📆Selasa, 21 Syawwal 1437 H/ 26 Juli 2016

📘Sirah

📝 Wido Supraha

📖 KENAPA YA NABI DILAHIRKAN DI MAKKAH?
=============================
🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Brother and Sista,

Alhamdulillah, ternyata mudah kan ya menghafalkan nasab Nabi Muhammad Saw, manusia yang telah dipilih Allah Swt sebagai penutup para Nabi. Setiap pilihan Allah Swt sejatinya menunjukkan Rububiyah Allah dan memperlihatkan keutamaan sesuatu itu pada jenisnya. Itulah yang terlihat ketika Allah memilih langit yang paling atas dari tujuh tingkatan, Surga Firdaus, Tiga Malaikat Utama (Jibril, Mikail, Israfil), dan 2 khalil (kekasih) dari 5 Rasul Ulul Azmi dari 313 Rasul dari 124.000 Nabi. Demikian pula pilihan Allah kepada Nabi Muhammad Saw dari Bani Hasyim, dari Suku Quraisy, dari keturunan Kinanah, dari Khuzaimah, dari keturunan Ismail a.s. Rahasia-rahasia seperti ini yang perlu kita lebih perdalam bersama.

Demikian pula terhadap pemilihan Tanah Suci untuk para Nabi juga tidak terlepas dari tujuannya sebagai tempat berkumpulnya manusia dari berbagai penjuru negeri untuk pelaksanaan ritual ibadah mereka, sebagai tempat tersucikannya hati mereka, sebagai tempat yang paling aman bagi penganutnya, dan sebagai sarana penghapusan dosa. Tentu saja tanah itu adalah menjadi negeri yang paling baik dan paling dicintai-Nya, sehingga Allah bersumpah dengannya (lihat Q.S. At-Tin: 3 dan Q.S.  Al-Balad: 1), menjadikan masjid pertama yang dibangun di muka bumi ada di dalamnya, melarang manusia membuang hajat sembari menghadap dan membelakangi titik pusatnya, menyebutnya sebagai induk dari semua kampung (Umm al-Qurā), menjatuhi hukuman kepada yang berniat jahat di dalamnya (lihat Q.S. Al-Hajj: 25), memasukinya dengan berihram dengan pengecualian, dan menjadikan perasaan manusia tidak akan pernah bosan untuk mengunjunginya kembali. Coba deh niatkan dalam hati agar di antara negara pertama yang nanti sahabat-sahabat kunjungi adalah Makkah al-Mukarramah, ada perasaan yang jauh lebih menentramkan di sana.

Oh ya, tanah air bangsa Arab asli itu berada di kawasan Barat Daya Asia. Bagian Utara berbatasan dengan Syam, bagian Timur dengan Teluk Arab dan Laut Amman, bagian Selatan dengan Samudera Hindia, dan bagian Barat dengan Laut Merah. Kawasan inilah yang disebut Jazirah Arab atau Anak Benua Arab, dengan menisbatkan nama ini kepada bangsa Arab karena merupakan tanah kelahiran asli mereka, dan sebagian bangsa Arab tinggal di luar jazirah Arab, terutama suku pedalaman di Syam. Sementara bangsa Arab pada aslinya merupakan keturunan dari dua bangsa besar: Qahthan dan ‘Adnan.

So, udah mulai kebayang kan sedikit tentang rahasia pemilihan lokasi kelahiran Nabi? Ada pertanyaan bro and sis? Nanti kita lanjutkan lagi yach.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼Sebarkan! Raih pahala....

0 Response to "KENAPA YA NABI DILAHIRKAN DI MAKKAH?"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI