Hikmah ramadhan

Kamis, 23 Syawal 1437 H/ 28 Juli 2016
Fiqih Ibadah
 Suci Susanti S.SoS.I
 *Hikmah Ramadhan*
=====================

Assalammualaykum adik-adik solehah..
Sebentar lagi bulan Syawal berakhir. Yuk... yang belum puasa sunnah syawal masih ada waktu beberapa hari lagi.
Masih ada yang ingat bahasan bunda minggu kemarin tentang hikmah Ramadhan ?
Nah... sekarang bunda akan bahas satu persatu.
Yang pertama tentang hikmah taat.
1. Sebenarnya apa sih arti taat itu ?
Taat adalah mengikuti aturan dan menjauhi larangan.
Sepertinya mudah ya adik-adik. Mudah untuk dituliskan dan diucapkan. Tapi dalam kenyataannya masih banyak yang berat melaksanakan.
Contoh kita menuruti perintah Allah adalah mengenakan hijab atau jilbab. Coba deh adik-adik lihat di sekitar lingkungan. Masih banyak sekali muslimah yang belum memakai hijab. Alasannya banyak. Ada yang katanya belum dapat hidayah, ada yang karena ngga mau aja, ada juga yang takut kalau pake hijab jadi ngga 'kekinian'. Padahal jelas sekali perintah Allah swt bahwa semua muslimah wajib berhijab.
2. Kepada siapa saja kita harus taat ?
2.1. Yang pertama pastinya kita harus taat kepada Allah swt dan Rasulullah saw. Seperti perintah Allah swt dalam QS An-Nisa 59 ;
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ
" Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya)... "
Wajib hukumnya bagi semua muslim untuk tunduk patuh pada perintah Allah swt dan Rasulullah saw. Semua perintah Allah swt harus dituruti. Dalam mentaati Allah swt, kita ngga boleh sepotong-sepotong. Mengambil yang sesuai dengan keadaan kita dan menjauhi yang ngga sesuai dengan keinginan kita. Perintah Allah swt harus kita jalani secara utuh.
Memang ada ya, yang mengambil aturan Allah swt sepotong-sepotong ?
Ada dan banyak banget adik-adik. Contohnya, ada sebagian muslim yang ngga mau pakai hijab dengan alasan hijab budaya Arab tapi dia tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Atau ada juga yang sudah berhijab tapi masih pacaran. Ini semua ngga utuh dalam mentaati perintah Allah swt. Seharusnya hijab dikerjakan, puasa Ramadhan dilaksanakan dan tidak berpacaran. Yang seperti ini artinya taat pada Allah swt secara utuh, tidak sepotong-sepotong.
2.2. Taat kepada orangtua
Nah.. untuk kita yang masih punya orangtua, wajib banget mentaati perintah mereka.
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya” [Al-Isra : 23]
Jelas sekali perintah Allah swt di atas agar kita mentaati orangtua. Kalau disuruh shalat ya shalat. Disuruh baca Alquran ya baca Alquran. Ikuti dan taati orangtua, selama nasehat yang diberikan tidak melanggar perintah Allah swt.
Selain taat pada orangtua, Allah swt jiga menyuruh kita untuk memperlakukan mereka sebaik-baiknya. Ada kalanya kita _bete_ banget sama nasehat orangtua.
Dalam hati kita ngomong "Ih.. mama ngga ngerti anak muda banget deh."
Atau malah ketika orangtua kita memberi nasehat, karena ngga sesuai maka kota lawan. Wah... jangan sampai ya adik-adik. Ngga boleh banget melawan orangtua. Membentak orangtua, apalagi sampai teriak-teriak.
Coba baca lagi ayat di atas. Allah swt secara jelas mengatakan bahwa berkata 'ah' saja ngga boleh. Apalagi sampai melawan, membentak bahkan berteriak.
Pokoknya ketika orangtua memberi nasehat kebaikan, kita wajib untuk taat. InsyaAllah ngga ada orangtua soleh yang akan menjerumuskan anaknya.
Sekian dulu ya adik-adik solehah. InsyaAllah hikmah selanjutnya akan dibahas minggu depan.
Enjoy your school...
Enjoy your life..
Put Allah always swt in your heart ☺
Wassalammualaykum...
------------------
Maroji :
Shahih Tafsir Ibnu Katsir

=====================
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala

0 Response to "Hikmah ramadhan"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI