Sejarah Kerajaan Saudi Arabia


👳Ustadz Menjawab👳
✒Ustadz Dr. Wido Supraha
(supraha.com)

📆Rabu, 1 Juni 2016 M
                25 Sya'ban 1437 H
🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Assalamu'alaikum Ustadz ingin tanya sejarah, sebelum kerajaan saudi berkuasa sekarang, kerajaan apa/siapa yg menguasai mekkah dan madinah? Dan mazhab apa yang di gunakan? Syukron.
afwan trs nyambung sampe kepada maksudnya, kpd munculnya Wahabi ?
Jzklh.

Jawaban:
------------

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Sebelum Kerajaan Saudi yang berkuasa sekarang, tentunya ragam kepemimpinan telah menguasai negeri sejak masa Nabi Muhammad ﷺ, hingga kemudian Kesultanan Turki Utsmani memimpin kekhalifahan.

Saudi sendiri sebagai sebuah kerajaan, dalam catatan sejarah, telah mencoba memisahkan diri dari Kekhalifahan Turki Utsmani, sehingga nantinya kita kenal tokoh-tokoh Turki seperti Muhammad Ali Pasya dan anaknya Ibrahim Pasya.

Sempat berhasil ditaklukkan Turki, kemudian mencoba untuk bangkit kembali, dan kemudian runtuh kembali, dan akhirnya pada 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman al-Saud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Saudi Arabia yang kita kenal sekarang, dengan wilayah kekuasaan jauh lebih kecil dibandingkan pada saat memisahkan diri pertama kali dari kekhalifahan Turki yang sempat menguasai Uni Emirat, Qatar, Oman, Yaman, dan Bahrain.
Wallāhu a'lam,

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

Dipersembahkan oleh :
www.iman- Islam. com

🕋Sebarkan! Raih Pahala..

0 Response to "Sejarah Kerajaan Saudi Arabia"

Post a Comment

loading...
loading...