Polemik Doa berbuka puasa

๐Ÿ“† Rabu,  3 Ramadhan 1437 H / 8 Juni 2016 M

๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.

๐Ÿ“‹  *Polemik Doa berbuka puasa*
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

Ada beberapa versi:

1⃣Versi 1:

ุนَู†ْ ู…ُุนَุงุฐِ ุจْู†ِ ุฒُู‡ْุฑَุฉَ ุฃَู†َّู‡ُ ุจَู„َุบَู‡ُ
ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ุฃَูْุทَุฑَ ู‚َุงู„َ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู„َูƒَ ุตُู…ْุชُ ูˆَุนَู„َู‰ ุฑِุฒْู‚ِูƒَ ุฃَูْุทَุฑْุชُ

 “Dari Mu’adz bin Zuhrah, bahwa dia menyampaikan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam; jika berbuka puasa dia membaca Allahumma laka shumtu, wa ala rizqika afthartu.

Hadits di atas diriwayatkan oleh:

๐Ÿ“ŒImam Abu Daud, No. 2011, dari Muadz bin Zuhrah.

๐Ÿ“ŒImam al Baihaqi, dalam kitab  As Sunan Al Kubra, Juz. 4/ 239, dari Muadz bin Zuhrah

๐Ÿ“ŒImam ath Thabarani, dalam kitab Al Mujam al Awsath, No. 7762, dari Anas bin Malik. Lihat juga kitabnya yang lain Al Mujam Ash Shaghir, No. 912, dari Anas bin Malik.

๐Ÿ“ŒImam al Baihaqi, dalam kitab Syu'abul Iman, No. 3747, dari Muadz bin Zuhrah

Jadi, hadits di atas diriwayatkan oleh dua jalur; yakni Anas bin Malik dan Muadz bin Zuhrah.

✅ Penilaian:

Dalam Jalur Anas bin malik, terdapat perawi bernama Ismail bin Amru al Bajali dan Daud bin Az Zibiriqan. Berkata Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany Rahimahullah:

ู‚ู„ุช : ูˆู‡ูˆ ุถุนูŠู ู‚ุงู„ ุงู„ุฐู‡ุจูŠ ููŠ ( ุงู„ุถุนูุงุก ) : ( ุถุนูู‡ ุบูŠุฑ ูˆุงุญุฏ ) . ู‚ู„ุช : ูˆุดูŠุฎู‡ ุฏุงูˆุฏ ุจู† ุงู„ุฒุจุฑู‚ุงู† ุดุฑู…ู†ู‡ ู‚ุงู„ ุงู„ุฐู‡ุจูŠ : ( ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ : ู…ุชุฑูˆูƒ ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ : ู…ู‚ุงุฑุจ ุงู„ุญุฏูŠุซ ) ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ ููŠ ( ุงู„ุชู‚ุฑูŠุจ ) : ( ู…ุชุฑูˆูƒ ูƒุฐุจู‡ ุงู„ุงุฒุฏูŠ )  . ูˆุงู„ุญุฏูŠุซ ู‚ุงู„ ุงู„ู‡ูŠุซู…ูŠ ููŠ ( ุงู„ู…ุฌู…ุน ) : ( ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ( ุงู„ุงูˆุณุท ) ูˆููŠู‡ ุฏุงูˆุฏ ุจู† ุงู„ุฒุจุฑู‚ุงู† ูˆู‡ูˆ ุถุนูŠู )


 “Aku (Syaikh al Albany) berkata: Dia (Isma’il bin Amru al Bajali) adalah dha’if (lemah). Berkata Imam Adz Dzahabi dalam kitab Adh Dhu’afa: “Yang mendha’ifkan lebih dari satu orang.” Aku (Syaikh al Albany) berkata: Gurunya, yaitu Daud bin Az Zibriqan lebih buruk darinya. Berkata Imam Adz Dzahabi: Berkata Abu Daud: Dia (Daud bin Az Zibriqan) adalah  matruk (haditsnya ditinggalkan). Imam Bukhari berkata: Haditsnya pertengahan/sedang-sedang saja. Imam Al hafizh Ibnu Hajar dalam kitab At Taqrib berkata: Haditsnya ditinggalkan, dan Al 'Azdi menganggapnya sebagai pendusta. Menurut Imam al Haitsami dalam Al Majma': Diriwayatkan Ath Thabarani dalam Al Ausath, dalam sanadnya terdapat Daud bin Az Zibriqan, dia adalah dhaif. (Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany, Irwa al Ghalil fii Takhriji Ahadits Manaris Sabil, Juz. 4, Hal. 37-38. Cet. 2, 1985M-1405H. Maktab Islami, Beirut-Libanon)

Jalur Muadz bin Zuhrah,  juga dhaif. Hadits ini mursal (riwayatnya tanpa melalui sahabat Nabi). Berkata Syaikh al Albany:

ู‚ู„ุช : ูˆู‡ุฐุง ุณู†ุฏ ุถุนูŠู ูุงู†ู‡ ู…ุน ุฅุฑุณุงู„ู‡ ููŠู‡ ุฌู‡ุงู„ุฉ ู…ุนุงุฐ ู‡ุฐุง

 “Aku (Syaikh al Albany) berkata: “Sanad hadits ini dha’if, karena mursal, dan Mu’adz ini adalah tidak dikenal biografinya.” (Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany, Irwa’ al Ghalil fii Takhriji Ahadits Manaris Sabil, Juz. 4, Hal. 38. Cet. 2, 1985M-1405H. Maktab Islami, Beirut-Libanon. Lihat juga dalam kitab Shahih wa Dhaif Al Jami' Ash Shaghir,  No. 9830)

 Hadits mursal adalah hadits yang terputus sanad (periwayatannya)  setelah generasi tabiin. Muadz bin Zuhrah ini seorang tabiin, yang tidak langsung mendengar hadits ini dari sahabat nabi.

Imam Ibnul Qayyim mendhaifkannya. (Zaadul Ma’ad, 2/51)

Tetapi Imam Ibnu Mulaqin mengatakan: “Isnad hadits ini HASAN, tetapi mursal, sebab Muadz bin Zuhrah belum pernah berjumpa dengan Nabi ๏ทบ.” (Badrul Munir, 5/710)

Syaikh Abdul Qadir Al Arnauth juga menyatakan hadits ini memiliki syahid (penguat), berikut keterangan dari Syaikh Dr. Abdullah Al Faqih:

ูˆู‚ุงู„ ุนู†ู‡ ุนุจุฏ ุงู„ู‚ุงุฏุฑ ุงู„ุฃุฑู†ุงุคูˆุท ููŠ ุชุญู‚ูŠู‚ู‡ ู„ู„ุฃุฐูƒุงุฑ ู„ู„ู†ูˆูˆูŠ: ูˆู„ูƒู†ู‡ ู„ู‡ ุดูˆุงู‡ุฏ ูŠู‚ูˆู‰ ุจู‡ุง

Abdul Qadir Al Arnauth berkata tentangnya, dalam penelitiannya terhadap Al Adzkar-nya Imam An Nawawi: “Hadits ini memiliki beberapa syawahid (saksi yang menguatkan) yang dengannya membuatnya menjadi kuat kedudukannya.” (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah, 10/1181)
2⃣Doa berbuka puasa Versi 2:

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช ูˆ ุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช ูˆ ุนู„ูŠูƒ ุชูˆูƒู„ุช ุณุจุญุงู†ูƒ ูˆ ุจุญู…ุฏูƒ ุชู‚ุจู„ ู…ู†ูŠ ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุณู…ูŠุน ุงู„ุนู„ูŠู… .

 “Bismillah wal hamdulillah, Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu, wa ‘alaika tawakkaltu, subhanaka wa bihamdika taqabbal minni innaka antas samii’ul ‘aliim.”

Hadits ini j

uga dha’if, dari Anas bin Malik. (Lihat Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany, Shahih wa Dha’if al Jami’ Ash Shaghir, No. 1644)

3⃣Doa berbuka puasa Versi 3:

 Dari Ibnu ‘Abbas:

ูƒุงู† ุฅุฐุง ุฃูุทุฑ ู‚ุงู„ : ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช ูˆ ุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช ูุชู‚ุจู„ ู…ู†ูŠ ุฅู†ูƒ ุฃู†ุช ุงู„ุณู…ูŠุน ุงู„ุนู„ูŠู… .

 “Adalah Rasululah jika berbuka, dia mengucapkan: “Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu, fataqabbal minni innaka antas samii’ul ‘Aliim.”

Imam Al Munawi mengatakan: waahin jiddan (sangat lemah). (At Taysir, 2/470)

 Hadits ini juga dha’if. (Syaikh al Albany, Shahih wa Dha’if Al jami’ Ash Shaghir, No. 9831)

*๐Ÿ“– Lalu, Bolehkah Mengamalkan hadits ini?*

Doa dalam hadits ini boleh dipakai selama tidak meyakini dan memastikan dari Rasulullah ๏ทบ, sebab pada prinsipnya berdoa pada pada saat menjelang berbuka memang dianjurkan dengan doa apa pun, bahkan dengan doa susunan sendiri sesuai hajat kita.  Begitulah keterangan para ulama.

Para ulama mengatakan:

ุฐَู‡َุจَ ุฌُู…ْู‡ُูˆุฑُ ุงู„ْูُู‚َู‡َุงุกِ ุฅِู„َู‰ ุฌَูˆَุงุฒِ ูƒُู„ ุฏُุนَุงุกٍ ุฏُู†ْูŠَูˆِูŠٍّ ูˆَุฃُุฎْุฑَูˆِูŠٍّ ، ูˆَู„َูƒِู†َّ ุงู„ุฏُّุนَุงุกَ ุจِุงู„ْู…َุฃْุซُูˆุฑِ ุฃَูْุถَู„ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِู‡ِ

Mayoritas fuqaha berpendapat bolehnya setiap doa duniawi dan ukhrawi, tetapi doa yang ma’tsur lebih utama daripada selainnya. (Raudhatuth Thalibin, 1/265, Asnal Mathalib, 1/16)

Para ulama kontemporer seperti Syaikh Utsaimin, Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad, Syaikh Abdurrahman Al Jazayri, dan lainnya juga membolehkan doa Allahumma Laka Shumtu ini.

*1.  Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin Rahimahullah*

Kami akan kutipkan tiga fatwa Beliau dalam kitab yang berbeda. Berikut ini keterangan dari Syaikh Utsaimin:
ุงู„ุณุคุงู„
 ู…ุง ู‡ูˆ ุงู„ุฏุนุงุก ุงู„ู…ุฃุซูˆุฑ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู†ุฏ ุงู„ุฅูุทุงุฑ؟
ุงู„ุฌูˆุงุจ
 ุงู„ุฃุฏุนูŠุฉ ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุงู„ุฅูุทุงุฑ ู„ู… ุชูƒู† ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ูˆู„ุง ููŠ ุฃุญุฏู‡ู…ุง، ู„ูƒู†ู‡ุง ููŠ ุงู„ุณู†ู†، ูˆู…ู†ู‡ุง: ( ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช ) ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช: ูˆู‡ุฐุง ุฅุฎู„ุงุต، ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช: ูˆู‡ุฐุง ุดูƒุฑ ู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„.

Pertanyaan: “Apakah doa yang berasal dari Nabi ๏ทบ saat berbuka puasa?
Jawaban: “Doa-doa yang berasal dari Nabi ๏ทบ saat berbuka, tidak dalam Shahihain (Bukhari dan Muslim), tidak pula pada salah satunya, tetapi ada dalam kitab-kitab As Sunan, di antaranya: “ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALA RIZQIKA AFTHARTU”. Maksud dari Allahumma Laka Shumtu (Ya Allah untukMu aku berpuasa): ini menunjukkan keikhlasan. Wa ‘Ala Rizqika Afthartu: ini menunjukkanrasa syukur. (Jalsaat Ramadhaniyah Lil ‘Utsaimin, 2/14)

Syaikh Utsaimin juga berkata dalam fatwanya yang lain:

ู„ูƒู† ูˆุฑุฏ ุฐูƒุฑ ุฅู† ุตุญ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ูุฅู†ู‡ ูŠูƒูˆู† ุจุนุฏ ุงู„ุฅูุทุงุฑ: (ุฐู‡ุจ ุงู„ุธู…ุฃ، ูˆุงุจุชู„ุช ุงู„ุนุฑูˆู‚، ูˆุซุจุช ุงู„ุฃุฌุฑ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡) ู‡ุฐุง ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุฅู„ุง ุจุนุฏ ุงู„ูุทุฑ، ูˆูƒุฐู„ูƒ ูˆุฑุฏ ุนู† ุจุนุถ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠู‚ูˆู„: (ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช، ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช) ูุฃู†ุช ุงุฏุน ุงู„ู„ู‡ ุจุงู„ุฏุนุงุก ุงู„ู…ู†ุงุณุจ ุงู„ุฐูŠ ุชุฑู‰ ุฃู†ูƒ ู…ุญุชุงุฌ ุฅู„ูŠู‡.

Tetapi telah sampai dzikir yang jika shahih dari Nabi ๏ทบ dibacanya setelah berbuka: Dzahabazh zhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya Allah. Doa ini hanya saat setelah berbuka. Demikian juga telah sampai dari sebagaian sahabat Nabi bahwa Beliau membaca: ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALA RIZQIKA AFTHARTU, maka anda bisa berdoa kepada Allah dengan doa-doa yang pas, yang anda anggap sesuai kebutuhan anda. (Al Liqa Asy Syahri, 8/18)

Dalam Fatawa-nya Beliau berkata:

ูˆุงู„ุฏุนุงุก ุงู„ู…ุฃุซูˆุฑ: «ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช، ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช» ูˆู…ู†ู‡ ุฃูŠุถุงً ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…: «ุฐู‡ุจ ุงู„ุธู…ุฃ ูˆุงุจุชู„ุช ุงู„ุนุฑูˆู‚ ูˆุซุจุช ุงู„ุฃุฌุฑ ุฅู† ุดุงุกุงู„ู„ู‡». ูˆู‡ุฐุงู† ุงู„ุญุฏูŠุซุงู† ูˆุฅู† ูƒุงู† ููŠู‡ู…ุง ุถุนู ู„ูƒู† ุจุนุถ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุญุณู†ู‡ู…ุง، ูˆุนู„ู‰ ูƒู„ ุญุงู„ ูุฅุฐุง ุฏุนูˆุช ุจุฐู„ูƒ ุฃูˆ ุจุบูŠุฑู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ุฅูุทุงุฑ ูุฅู†ู‡ ู…ูˆุทู† ุฅุฌุงุจุฉ.

Doa yang ma’tsur: (Allahumma Laka Shumtu wa ‘Ala Rizqika Afthartu), di antaranya juga ucapan Nabi ๏ทบ: Dzahabazh zhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya Allah. Dua hadits ini, jika di dalamnya ada kelemahan, tetapi sebagian ulama telah menghasankan keduanya. Bagaimana pun juga, jika And aberdoa dnegan doa ini atau selainnya saat menjelang berbuka, maka itu adalah momen dikabulkannya doa. (Majmu’ Fatawa wa Rasail, 19/363)

*2.   Penjelasan lain dari Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr Hafizhahullah:*

ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ุฑุณู„؛ ู„ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุจู„ุบู‡ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒุฐุง، ูู„ู… ูŠุฐูƒุฑ ุงู„ูˆุงุณุทุฉ، ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ูู‡ูˆ ุบูŠุฑ ุตุญูŠุญ، ูˆู„ูƒู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅุฐุง ุฏุนุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ุฏุนุงุก ุฃูˆ ุจุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุฃุฏุนูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ุฃู†ู‡ุง ุณู†ุฉ ูˆู„ุง ูŠุนุชุจุฑ ุฃู†ู‡ุง ุซุงุจุชุฉ ูˆู„ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ุฃู†ู‡ ุญูŠู† ูŠู‚ูˆู„ู‡ุง ูŠุฃุชูŠ ุจุณู†ุฉ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุฅู†ู…ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ุฃู†ู‡ ูŠุฏุนูˆ ุจุฏุนุงุก ูŠุฑุฌูˆ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู‚ุจูˆู„ู‡ ุนู†ุฏ ุฃุฏุงุก ู‡ุฐู‡ ุงู„ุนุจุงุฏุฉ، ูˆูŠุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ู‡ ุงู„ู…ุบูุฑุฉ ูู„ุง ุจุฃุณ ุจุฐู„ูƒ، ูˆู„ูƒู† ูƒูˆู†ู‡ ูŠู‚ูˆู„: ู‡ุฐู‡ ุณู†ุฉ ุซุงุจุชุฉ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุฐู„ูƒ ุฅู„ุง ุจุนุฏ ุซุจูˆุชู‡ุง ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…، ูˆู‡ุฐุง ู„ู… ูŠุซุจุช؛ ู„ุฃู†ู‡ ุฌุงุก ู…ู† ุทุฑูŠู‚ ู…ุฑุณู„ุฉ ุบูŠุฑ ุซุงุจุชุฉ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

Hadits ini mursal, karena dia (Muadz bin Zuhrah) mengatakan bahwa telah sampai kepadanya bahwa Nabi ๏ทบ membaca seperti itu, Beliau tidak sebutkan siapa perantara yang membawa hadits ini, oleh karena itu hadits ini tidak shahih. Tetapi, jika manusia berdoa dengan doa ini, atau doa-doa selainnya, yang tidak diyakini bahwa itu dari sunah, tidak memastikan dari nabi, dan tidak meyakini ketika membacanya sebagai sunah yang datang dari Rasulullah ๏ทบ , dia hanya meyakini dengan doa ini harapan kepada Allah untuk mengabulkannya saat menunaikan ibadah ini, dan dia meminta kepada Allah ampunan, maka hal ini TIDAK APA-APA.
Namun, jika dia mengatakan bahwa ini adalah sunah yang pasti dari Rasulullah ๏ทบ MAKA ITU TIDAK BOLEH, kecuali setelah hadits ini shahih dari Nabi ๏ทบ , tapi hadits ini tidak shahih, sebab hadits ini datang secara mursal dari Nabi ๏ทบ. (Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr, Syarh Sunan Abi Daud, 13/91)

*3.  Syaikh Abdurrahman Al Jazayri*

Beliau mengkategorikan membaca doa tersebut sebagai perbuatan yang disukai (mustahab):

ูŠุณุชุญุจ ู„ู„ุตุงุฆู… ุฃู…ูˆุฑ : ู…ู†ู‡ุง ุชุนุฌูŠู„ ุงู„ูุทุฑ ุจุนุฏ ุชุญู‚ู‚ ุงู„ุบุฑูˆุจ ูˆู‚ุจู„ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆูŠู†ุฏุจ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุนู„ู‰ ุฑุทุจ ูุชู…ุฑ ูุญู„ูˆ ูู…ุงุก ูˆุฃู† ูŠูƒูˆู† ู…ุง ูŠูุทุฑ ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ุฐู„ูƒ ูˆุชุฑุง ุซู„ุงุซุฉ ูุฃูƒุซุฑ ูˆู…ู†ู‡ุง ุงู„ุฏุนุงุก ุนู‚ุจ ูุทุฑู‡ ุจุงู„ู…ุฃุซูˆุฑ ูƒุฃู† ูŠู‚ูˆู„ : ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช ูˆุนู„ูŠูƒ ุชูˆูƒู„ุช ูˆุจูƒ ุขู…ู†ุช ุฐู‡ุจ ุงู„ุธู…ุฃ ูˆุงุจุชู„ุช ุงู„ุนุฑูˆู‚ ูˆุซุจุช ุงู„ุฃุฌุฑ ูŠุง ูˆุงุณุน ุงู„ูุถู„ ุงุบูุฑ ู„ูŠ ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ุฃุนุงู†ู†ูŠ ูุตู…ุช ูˆุฑุฒู‚ู†ูŠ ูุฃูุทุฑุช ูˆู…ู†ู‡ุง ุงู„ุณุญูˆุฑ ุนู„ู‰ ุดูŠุก ูˆุฅู† ู‚ู„ ูˆู„ูˆ ุฌุฑุนุฉ ู…ุงุก ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… : " ุชุณุญุฑูˆุง ูุฅู† ููŠ ุงู„ุณุญูˆุฑ ุจุฑูƒุฉ "

  Disukai bagi orang yang berpuasa beberapa perkara:

-  Menyegerakan berbuka puasa setelah masuknya waktu maghrib dan sebelum shalat
-  Dianjurkan mulai dengan kurma basah, kurma kering, lalu manisan, lalu air. Dan melakukannya secara ganji, tiga kali atau lebih.
-  Juga diantaranya berdoa setelah berbuka dengan yang ma’tsur: Allahumma Laka Shumtu wa ‘Ala Rizkika afthartu wa ‘Alaika tawakkaltu wa bika aamantu dzahaba zhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru ... dst
-  Juga dianjurkan berahur, minimal seteguk air, karena Nabi ๏ทบ bersabda: “Bersahurlah karena pada sahur ada keberkahan.” (Al Fiqhu ‘Alal Madzaahib Al Arba’ah, 1/926)

*4.  Syaikh Dr Abdullah Al Faqih, mufti Asy Syabakah Al Islamiyah berkata:*

ูˆุจุงู„ู†ุณุจุฉ ู„ู„ุฃุฏุนูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ูƒุงู† ูŠุฏุนูˆ ุจู‡ุง ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุฑู…ุถุงู†، ูู‚ุฏ ุซุจุช ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ูŠุฏุนูˆ ุนู†ุฏ ุงู„ุฅูุทุงุฑ ุจู…ุง ูŠู„ูŠ:
- ุฐู‡ุจ ุงู„ุธู…ุฃ ูˆุงุจุชู„ุช ุงู„ุนุฑูˆู‚ ูˆุซุจุช ุงู„ุฃุฌุฑ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุบูŠุฑู‡، ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ .
- ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูƒ ุตู…ุช ูˆุนู„ู‰ ุฑุฒู‚ูƒ ุฃูุทุฑุช . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ . .........

Dan yang terkait doa-doa yang dipakai oleh Nabi ๏ทบ saat Ramadhan, telah shahih bahwa Beliau berdoa saat berbuka dengan doa berikut:

-  dzahaba zhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya Allah
-  Allahumma Laka Shumtu wa ‘Ala Rizkika afthartu
-  ...... (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah , 13/16174)


*Sementara Imam Al Munawi Rahimahullah berkata:*

( ูƒุงู† ุฅุฐุง ุฃูุทุฑ ู‚ุงู„ ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ุฃุนุงู†ู†ูŠ ูุตู…ุช ูˆุฑุฒู‚ู†ูŠ ูุฃูุทุฑุช ) ููŠู†ุฏุจ ู‚ูˆู„ ุฐู„ูƒ ุนู†ุฏ ุงู„ูุทุฑ ู…ู† ุงู„ุตูˆู… ูุฑุถุง ุฃูˆ ู†ูู„ุง

(Dahulu saat berbuka Beliau membaca ALHAMDULILLAH A'ANANIY FASHUMTU WA RAZAQANIY FA AFTHARTU) Dianjurkan membaca doa ini saat berbuka baik puasa wajib dan sunnah. (At Taisir, 2/470)

Dan, masih banyak lagi ulama lainnya yang tidak mempermasalahkan menggunakan doa tersebut.

*๐Ÿ“šJalan Tengah*

Inilah jalan tengah yang tidak kontroversi karena disepakati validitasnya, yaitu ada tiga doa khusus dari Nabi ๏ทบ menjelang makan, dan ini dibaca saat makan kapan pun, termasuk makan ifthar.

1⃣.  Membaca Bismillah

  Diriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah Radhiallahu ‘Anhu:

ูَู‚َุงู„َ ู„ِูŠ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุง ุบُู„َุงู…ُ ุณَู…ِّ ุงู„ู„َّู‡َ ูˆَูƒُู„ْ ุจِูŠَู…ِูŠู†ِูƒَ ูˆَูƒُู„ْ ู…ِู…َّุง ูŠَู„ِูŠูƒَ

  “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata kepadaku, “Wahai anak! sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang terdekat denganmu.” (HR. Bukhari, No. 5062, 5063. Muslim,  No. 2022. Ibnu Majah, No. 3267. Ahmad, No. 15740)

  Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha:

ู‚َุงู„َ ุฅِุฐَุง ุฃَูƒَู„َ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ูَู„ْูŠَุฐْูƒُุฑْ ุงุณْู…َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰ ูَุฅِู†ْ ู†َุณِูŠَ ุฃَู†ْ ูŠَุฐْูƒُุฑَ ุงุณْู…َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰ ูِูŠ ุฃَูˆَّู„ِู‡ِ ูَู„ْูŠَู‚ُู„ْ ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَูˆَّู„َู‡ُ ูˆَุขุฎِุฑَู‡ُ

  “Beliau bersabda: “Jika salah seorang kalian hendak makan, maka sebutlah nama Allah Ta’ala, jika lupa menyebut nama Allah di awalnya, maka katakanlah: “Bismillahi awwalahu wa akhirahu (Dengan nama Allah di awal dan di akhirnya.” (HR. Abu Daud,  No. 3767.  At Timidzi,  No. 1858. Dalam teks Imam At Tirmidzi agak berbeda yakni: “Jika salah seorang kalian hendak makan, maka katakanlah, “Bismillah,” jika lupa membaca di awalnya, maka bacalah, “Bismillahi fi awalihi wa akhirihi.” Beliau berkata: hadits ini hasan shahih. Dengan teks serupa juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah,  No. 3264.  Ahmad,   No. 23954. Al Hakim dalam Mustadrak ‘Alas Shahihain, Juz. 16, No. 412, No. 7087, katanya sanad hadits ini shahih, tapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

  Dalam hadits lain:

ูƒุงู† ุฅุฐุง ู‚ุฑุจ ุฅู„ูŠู‡ ุงู„ุทุนุงู… ูŠู‚ูˆู„ : ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ، ูุฅุฐุง ูุฑุบ ู‚ุงู„ : ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุทุนู…ุช ูˆ ุฃุณู‚ูŠุช ูˆ ุฃู‚ู†ูŠุช ูˆ ู‡ุฏูŠุช ูˆ ุฃุญูŠูŠุช ، ูู„ู„ู‡ ุงู„ุญู…ุฏ ุนู„ู‰ ู…ุง ุฃุนุทูŠุช

  “Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika disuguhkan kepadanya makanan, dia membaca: “Bismillah,” setelah makan ia membaca,”Allahumma Ath’amta, wa asqaita, wa aqnaita, wa hadaita, wa ahyaita, falillahil hamdi ‘ala maa a’thaita.” (HR. Ahmad, hadits ini shahih, seluruh periwayatnya tsiqah (kredibel) sesuai syarat Imam Muslim, Lihat Silsilah Ash Shahihah, Juz. 1, hal. 70, pembahasan hadits no.71)

2⃣.  Membaca:
ALLAHUMMA BARIK LANAA FIIH WA ATH'IMNAA KHAIRAN MINHU ..

  Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma berkata:

ู…ู† ุฃุทุนู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุทุนุงู… ูู„ูŠู‚ู„ ุงู„ู„ู‡ู… ุจุงุฑูƒ ู„ู†ุง ููŠู‡ ูˆุฃุทุนู…ู†ุง ุฎูŠุฑุง ู…ู†ู‡ ูˆู…ู† ุณู‚ุงู‡ ุงู„ู„ู‡ ู„ุจู†ุง ูู„ูŠู‚ู„ ุงู„ู„ู‡ู… ุจุงุฑูƒ ู„ู†ุง ููŠู‡ ูˆุฒุฏู†ุง ู…ู†ู‡

  Siapa yang diberikan makan oleh Allah dengan sebuah makanan, maka hendaknya membaca: ALLAHUMMA BARIK LANAA FIIH WA ATH’AMANA KHAIRAN MINHU, dan barang siapa yang diberikan oleh Allah susu maka hendaknya membaca: ALLAHUMMA BAARIK LANA FIIH WA ZIDNAA MINHU.

(HR. At Tirmdzi No. 3455, Imam At Tirmidzi berkata: hasan. Abu Daud No. 3732, Ahmad No. 1978, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 5641)

Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: hasan. (Ta’liq Musnad Ahmad No. 1978), juga  Syaikh Al Albani mengatakan hasan diberbagai kitabnya. (Al Misykah, Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3732, Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 3455, Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 3322, Mukhtashar Asy Syamail No. 176)

3⃣.  Membaca: Dzahabazh Zhama’au ...dst

Berikut ini keterangannya:

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐَุง ุฃَูْุทَุฑَ ู‚َุงู„َ ุฐَู‡َุจَ ุงู„ุธَّู…َุฃُ ูˆَุงุจْุชَู„َّุชْ ุงู„ْุนُุฑُูˆู‚ُ ูˆَุซَุจَุชَ ุงู„ْุฃَุฌْุฑُ ุฅِู†ْ ุดَุงุกَ ุงู„ู„َّู‡ُ

  “Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika sedang berbuka puasa dia membaca: “Dzahaba Azh Zhama’u wab talatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.” (HR. Abu Daud, Juz. 6, Hal. 308, No. 2010, As Sunan Al Kubra Lil Baihaqi, Juz. 4, Hal. 239, Al Hakim dalam Mustadrak ‘alas Shahihain, No. 1484)

Dishahihkan oleh Imam Al Hakim menurutnya sesuai syarat Bukhari-Muslim. Menurut Syaikh al Albany hadits ini hasan. (Misykat Al Mashabih, Juz.1, Hal. 450, No. 1993), juga dihasankan oleh Imam Ad Daruqthni, Imam Al Munawi, dan lainnya.

Wallahu A’lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala...