Persiapan Ramadhan

Senin, 23 Sya'ban 1437 H/  30 Mei 2016
 Akhlak
 Ustadzah Kingkin Anida
 Persiapan Ramadhan
=========================

Assalamu’alaikum, hai sahabat fillah.
Sebentar ramadhan akan tiba. Horeee! Kamu gembira ngga menghadapinya? Insya Allah hati kita semua happy yah. Happy dan semangat karena kita bakalan ketemu tamu agung atau syahrul azhim (bulan yang agung).
Anas bin Malik ra berkata, Rasulullah bersabda:
اللهم بارك لنا في رجب و شعبان و بلغنا رمضان. (احمد و الطبراني)
"Ya Allah berikanlah keberkahan bagi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan."
Ternyata Ramadhan jadi bulan yang ditunggu tunggu oleh orang orang yang mulia, Nabi dan para sahabatnya. Mengapa? Selain karena ini adalah kewajiban sebagaimana ada dalam Al Qur’an :
َا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS.Al-Baqarah 183)
Mereka orang orang mulia tahu bahwa kegembiraan menyambutnya itu menandai bahwa hati hati mereka termasuk kedalam golongan hati bertakwa :
ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ
"Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati." (QS. Al-Hajj:32)
Kenapa senang dikategorikan sebagai orang yang memiliki hati yang baik, beriman bahkan bertakwa? Yah lantaran kelak, mereka akan menjadi paling mulia disisi Allah.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Jadi target Ramadhan kita tahun 1437 H ini adalah menjadi hamba yang bertakwa.
Supaya target itu tercapai, maka kita perlu lihat indikatornya dulu ya...ternyata kata takwa itu mengandung empat makna menurut sahabat Rasulullah yang juga menantu Rasulullah yaitu Ali bin Abi Thalib
✏Al Khaufu minal Jalil (takut kepada Allah yang Maha  Agung),
✏Al ‘Amal bil Tanziili (mengamalkan al Qur’an dan as Sunnah),
✏Al Ridla bil Qalil (ridla atas pembagian rizki yang sedikit),
✏Al isti’dad liyaum al Rahiil (mempersiapkan diri untuk perjalanan di akhirat).”
Ini artinya dalam beramal, kita perlu punya harapan dan juga ketakutan. Takut pada Allah, bila amal yang kita kerjakan tak diterima. Makanya jangan sampai over convidence, lalu berani bilang "ah minum alias nge drug ngga papa kali asal nggak ngga mabok mah". itu salah!
Perhatikan, apakah amal amal kita sudah sesuai tuntunan Al Qur'an dan Sunnah? Kalau minum misalnya, minum apa yang dilarang? Kalau makan, pilih makanan yang halal bukan yang dilarang. Pokoknya yang dilarang jangan dilanggar deh. Makin banyak melanggar, nanti makin galau.
Terus cek, apakah kita cukup bersyukur dengan yang sedikit yang ada dalam genggaman tangan? atau nggerundel, ngedumel, menggerutu, bersungut sungut? kalau semua jawaban pertanyaan itu adalah "ya" berarti faktor ketakwaan kita masih harus ditingkatkan.
Untuk apa? yah buat menyiapkan diri menghadapi kematian. ingat yah, mati itu tidak harus menunggu tua. saya memandikan jenazah pertama kali itu seorang gadis 17 tahun. Memang mati tidak harus selalu menunggu usia tua.
Cerdaslah dalam merangcang kematian yang keren, oke deh, sekarang kita balik ke soal takwa ya
Takwa adalah target kita! jadi siapkan diri secara mental emosional, spiritual, fisikal dan finansial buat mencapainya.
Selamat menikmati indahnya Ramadhan tahun ini ya Sahabat Fillah.
See u . Bilahitaufik wal hidayah.
Wassallamu'alaikum.

===========================
Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com
Sebarkan! Raih pahala......