Halalkah Meminang Tanpa Wali

👳🏽 Ustadz Menjawab
📝 Ustadz Djunaedi, SE
=================
🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
izin bertanya, apakah syar'i jika seorang wanita dilamar secara terang terangan di hadapan wanita tsb & orang banyak (tanpa wali wanita tsb), sehingga pinangan tersebut diketahui khalayak umum & menjadi perbincangan. jikalau sudah begitu bolehkan si wanita mempertimbangkan pinangan tersebut dihadapan orang banyak (dengan melanjutkannya ke jalur syar'i tukar menukar CV & observasi), ataukah lebih ahsan jika langsung menolak pinangan tersebut dan melanjutkan ke jalur belakang (yang lebih rahasia sifatnya sesuai dgn hadis Rasulullah rahasiakan pinangan umumkan pernikahan), sedangkan jika caranya seperti itu (langsung menolak) juga ada hadits tidak boleh menolak pinangan laki2 yg baik agamanya. Mohon nasihat & ilmunya,
jazakumullah khairan katsiran.
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.  A39

=========
Jawaban

و عليكم  السلام  و  رحمة  الله  و  بركاته ،
Sudah bagus dengan sikap mempertimbangkan pinangan tersebut... tidak mengapa dengan diketahui khalayak tadi agar lebih jelas, tidak ada fitnah dan selanjutnya dilanjutkan ke jalur yang lebih syar'i. Dalam hal ini sebaiknya ada yg dapat membantu menjelaskan ke ikhwannya..

Jawaban iya atau tidaknya ditentukan kemudian setelah data2 jelas diketahui.. atau dapat juga jika penolakan langsung disampaikan diawal jika memang diketahui ada hal-hal yg kurang ahsan dan dianggap syar'i pada ikhwan tersebut.
Wallahu a'lam.

🍃🍃🌸🍃🍃🌸🍃🍃

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

📲 Sebarkan! Raih pahala....

0 Response to "Halalkah Meminang Tanpa Wali"

Post a Comment

loading...
loading...