Fiqih Shalat Witir (Bag. 3)

๐Ÿ“† Kamis,  18 Ramadhan 1437 H / 23 Juni 2016 M

๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits

๐Ÿ“ *Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.*

๐Ÿ“‹ *Fiqih Shalat Witir (Bag. 3)*

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐Ÿ€

๐Ÿ“š *_Bolehkah Shalat Lagi Setelah Witir?_*

  Banyak yang menyangka witir sebagai penutup shalat, sehingga tidak boleh lagi shalat. Yang benar adalah BOLEH, karena Nabi ๏ทบ melakukannya, dan anjuran menjadikan witir sebagai penutup shalat malam sifatnya sunah saja.
Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata:

ูˆَู‚َุฏْ ุซَุจَุชَ ุนَู†ْู‡ُ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฃَู†َّู‡ُ ( «ูƒَุงู†َ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฌَุงู„ِุณًุง ุชَุงุฑَุฉً، ูˆَุชَุงุฑَุฉً ูŠَู‚ْุฑَุฃُ ูِูŠู‡ِู…َุง ุฌَุงู„ِุณًุง، ูَุฅِุฐَุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุฃَู†ْ ูŠَุฑْูƒَุนَ، ู‚َุงู…َ ูَุฑَูƒَุนَ» ، ูˆَูِูŠ "ุตَุญِูŠุญِ ู…ุณู„ู… " ุนَู†ْ ุฃุจูŠ ุณู„ู…ุฉ ู‚َุงู„َ: « (ุณَุฃَู„ْุชُ ุนุงุฆุดุฉ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ุนَู†ْ ุตَู„َุงุฉِ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ูَู‚َุงู„َุชْ: (ูƒَุงู†َ ูŠُุตَู„ِّูŠุซَู„َุงุซَ ุนَุดْุฑَุฉَ ุฑَูƒْุนَุฉً، ูŠُุตَู„ِّูŠ ุซَู…َุงู†َ ุฑَูƒَุนَุงุชٍ، ุซُู…َّ ูŠُูˆุชِุฑُ، ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ูˆَู‡ُูˆَ ุฌَุงู„ِุณٌ، ูَุฅِุฐَุง ุฃَุฑَุงุฏَ ุฃَู†ْ ูŠَุฑْูƒَุนَ، ู‚َุงู…َ ูَุฑَูƒَุนَ، ุซُู…َّ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุจَูŠْู†َ ุงู„ู†ِّุฏَุงุกِ ูˆَุงู„ْุฅِู‚َุงู…َุฉِ ู…ِู†ْ ุตَู„َุงุฉِ ุงู„ุตُّุจْุญِ) » ูˆَูِูŠ "ุงู„ْู…ُุณْู†َุฏِ" ุนَู†ْ ุฃู… ุณู„ู…ุฉ ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ( «ูƒَุงู†َ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุฎَูِูŠูَุชَูŠْู†ِ ูˆَู‡ُูˆَ ุฌَุงู„ِุณٌ  (
ูˆَู‚َุงู„َ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ: ุฑُูˆِูŠَ ู†َุญْูˆُ ู‡َุฐَุง ุนَู†ْ ุนุงุฆุดุฉ، ูˆุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ، ูˆَุบَูŠْุฑِ ูˆَุงุญِุฏٍ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ.
ูˆَูِูŠ "ุงู„ْู…ُุณْู†َุฏِ" ุนَู†ْ ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ุฉ، ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ( «ูƒَุงู†َ ูŠُุตَู„ِّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ ูˆَู‡ُูˆَ ุฌَุงู„ِุณٌ، ูŠَู‚ْุฑَุฃُ ูِูŠู‡ِู…َุง ุจِู€ {ุฅِุฐَุง ุฒُู„ْุฒِู„َุชِ} [ุงู„ุฒู„ุฒู„ุฉ: ูก] ูˆَ {ู‚ُู„ْ ูŠَุงุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ْูƒَุงูِุฑُูˆู†َ} [ุงู„ูƒุงูุฑูˆู†: ูก  [ูˆَุฑَูˆَู‰ ุงู„ุฏَّุงุฑَู‚ُุทْู†ِูŠُّ ู†َุญْูˆَู‡ُ ู…ِู†ْ ุญَุฏِูŠุซِ ุฃู†ุณ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ.

Telah SHAHIH dari Nabi  ๏ทบ   bahwa:   (Beliau shalat lagi setelah witir sebanyak dua rakaat kadang sambil duduk). Dalam kesempatan lain, Beliau pernah membaca dua rakaat itu sambil duduk dan ketika hendak ruku Beliau berdiri untuk ruku.

Disebutkan dalam SHAHIH MUSLIM dari Abu Salamah, dia berkata:  Aku bertanya kepada 'Aisyah tentang Shalat Rasulullah ๏ทบ, lalu dia memjawab:

 "Beliau ๏ทบ   biasanya melakukan shalat 13 rakaat. Menunaikan 8 raka'at, lalu witir, kemudian shalat 2 raka'at lagi dengan duduk, dan apabila hendak ruku beliau berdiri lalu ruku. Kemudian, Beliau nantinya shalat lagi antara azan dan iqamah shubuh."

Di dalam Musnad disebutkan dari Ummi Salamah Radhiallahu 'Anha, "Bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melakukan shalat 2 rakaat ringan dengan duduk setelah shakat witir." (HR. Ahmad, No. 26553, Ibnu Majah No. 1195. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth)
Kata Imam At Tirmidzi: "Hadits seperti ini juga diriwayatkan oleh Aisyah, Abu Umamah, dan tidak hanya satu sahabat Nabi ๏ทบ."

Dalam Musnad juga disebutkan, dari Abu Umamah: "Bahwa setelah shalat witir, Rasulullah ๏ทบ   melakukan shalat 2 rakaat dengan duduk dan membaca surat Al Zalzalah dan Al Kafirun." (HR. Ahmad,  Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 5018, Ath Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 8065. Sanadnya hasan)

Imam Ad Daruquthni meriwayatkan hadits yang sama dari Anas bin Malik Radhiallahu 'Anhu. (Selesai)

Lalu Imam Ibnul Qayyim mengutip dari para ulama:

 ุฅِู†َّู…َุง ูَุนَู„َ ู‡َุงุชَูŠْู†ِ ุงู„ุฑَّูƒْุนَุชَูŠْู†ِ، ู„ِูŠُุจَูŠِّู†َ ุฌَูˆَุงุฒَ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ، ูˆَุฃَู†َّ ูِุนْู„َู‡ُ ู„َุง ูŠَู‚ْุทَุนُ ุงู„ุชَّู†َูُّู„َ، ูˆَุญَู…َู„ُูˆุง ู‚َูˆْู„َู‡ُ: ( «ุงุฌْุนَู„ُูˆุง ุขุฎِุฑَ ุตَู„َุงุชِูƒُู…ْ ุจِุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูˆِุชْุฑًุง» ) ุนَู„َู‰ ุงู„ِุงุณْุชِุญْุจَุงุจِ، ูˆَุตَู„َุงุฉَ ุงู„ุฑَّูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุจَุนْุฏَู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุฌَูˆَุงุฒِ.

Sesungguhnya dilakukannya dua rakaat ini hanyalah untuk menjelaskan BOLEHNYA SHALAT SETELAH WITIR, bahwasanya shalat witir itu tidaklah memutuskan shalat. Mereka memaknai maksuda hadits Nabi : "Jadikankah akhir shalat kalian pada malam hari adalah witir", itu menunjukkan sunah saja, dan shalat dua rakaat setelahnya itu dibolehkan." (Lihat semua dalam Zaadul Ma'ad fi Hadyi Khairil 'Ibaad, 1/321-323)

๐Ÿ“š *_Tidak Boleh Dua Kali Witir Dalam Semalam_*

Ada sebuah hadits yang melarang dua kali shalat witir dalam satu malam. Dari Qais bin Thalq, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ู„َุง ูˆِุชْุฑَุงู†ِ ูِูŠ ู„َูŠْู„َุฉ

“Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (HR.  At Tirmidzi No. 470, katanya: hasan, Abu Daud No. 1439, An Nasa’i No. 1679, juga dalam As Sunan Al Kubra-nya No.  No. 1388, Ahmad No. 16339, Ibnu Hibban No. 2449, Ibnu Khuzaimah No. 1101, dll. Imam Ibnul Mulqin mengatakan: hasan. Lihat Badrul Munir, 4/317. Al Hafizh Ibnu Hajar juga menghasankannya. Lihat Fathul Bari, 2/488)

    Para ulama berbeda pendapat tentang orang yang sudah witir di awal malam, apakah di akhir malam witir lagi?  berkata Imam At Tirmidzi:

ูˆَุงุฎْุชَู„َูَ ุฃَู‡ْู„ُ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูِูŠ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠُูˆุชِุฑُ ู…ِู†ْ ุฃَูˆَّู„ِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุซُู…َّ ูŠَู‚ُูˆู…ُ ู…ِู†ْ ุขุฎِุฑِู‡ِ ูَุฑَุฃَู‰ ุจَุนْุถُ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ู…ِู†ْ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَู…َู†ْ ุจَุนْุฏَู‡ُู…ْ ู†َู‚ْุถَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ ูˆَู‚َุงู„ُูˆุง ูŠُุถِูŠูُ ุฅِู„َูŠْู‡َุง ุฑَูƒْุนَุฉً ูˆَูŠُุตَู„ِّูŠ ู…َุง ุจَุฏَุง ู„َู‡ُ ุซُู…َّ ูŠُูˆุชِุฑُ ูِูŠ ุขุฎِุฑِ ุตَู„َุงุชِู‡ِ ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู„َุง ูˆِุชْุฑَุงู†ِ ูِูŠ ู„َูŠْู„َุฉٍ ูˆَู‡ُูˆَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฐَู‡َุจَ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ุฅِุณْุญَู‚ُ

  Para ulama berbeda pendapat tentang orang yang witir pada awal malam, lalu dia mendirikan lagi pada akhir malam. Sebagian ulama dari kalangan sahabat nabi dan setelah mereka menyatakan witir tersebut (yang akhir, pen) batal. Mereka mengatakan: hendaknya dia menambahkan witirnya itu satu rakaat lagi lalu dia shalat seperti permulaan kemudian barulah dia witir pada akhir shalatnya, hal ini karena tidak ada dua witir pada satu malam. Ulama yang berpendapat seperti ini adalah Ishaq. (Sunan At Tirmidzi No. 470) Hal ini dilakukan oleh para sahabat  Radhiallahu ‘Anhum, seperti Utsman, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, dan Sa’ad bin Malik. (Tuhfah Al Ahwadzi, 2/469)

  Jadi tidak boleh dua kali witir, jika dilakukan juga maka witir yang kedua adalah batal. Namun jika setelah bangun dia  memulai dengan satu rakaat untuk menggenapkan witir sebelumnya, lalu shalat lagi seperti awal dia shalat, barulah dia boleh witir, karena witir sebelumnya sudah digenapkan dengan satu rakaat tadi. Maka, witir yang dilakukan terakhir itulah witir yang sebenarnya.

  Imam At Tirmidzi Rahimahullah berkata tentang pendapat kedua:

ูˆَู‚َุงู„َ ุจَุนْุถُ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ู…ِู†ْ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَุบَูŠْุฑِู‡ِู…ْ ุฅِุฐَุง ุฃَูˆْุชَุฑَ ู…ِู†ْ ุฃَูˆَّู„ِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุซُู…َّ ู†َุงู…َ ุซُู…َّ ู‚َุงู…َ ู…ِู†ْ ุขุฎِุฑِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ูَุฅِู†َّู‡ُ ูŠُุตَู„ِّูŠ ู…َุง ุจَุฏَุง ู„َู‡ُ ูˆَู„َุง ูŠَู†ْู‚ُุถُ ูˆِุชْุฑَู‡ُ ูˆَูŠَุฏَุนُ ูˆِุชْุฑَู‡ُ ุนَู„َู‰ ู…َุง ูƒَุงู†َ ูˆَู‡ُูˆَ ู‚َูˆْู„ُ ุณُูْูŠَุงู†َ ุงู„ุซَّูˆْุฑِูŠِّ ูˆَู…َุงู„ِูƒِ ุจْู†ِ ุฃَู†َุณٍ ูˆَุงุจْู†ِ ุงู„ْู…ُุจَุงุฑَูƒِ ูˆَุงู„ุดَّุงูِุนِูŠِّ ูˆَุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْูƒُูˆูَุฉِ ูˆَุฃَุญْู…َุฏَ ูˆَู‡َุฐَุง ุฃَุตَุญُّ ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู‚َุฏْ ุฑُูˆِูŠَ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِ ูˆَุฌْู‡ٍ ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุฏْ ุตَู„َّู‰ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْูˆِุชْุฑِ

  Sebagian ulama dari sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan selain mereka mengatakan bahwa jika seorang melakukan witir di awal malam kemudian dia tidur lalu shalat lagi di akhir malam, maka dia shalat sebagaimana awal dia melakukan, hal itu tidak membatalkan witirnya itu dan tidak usah dia tinggalkan witir yang sudah dia lakukan. Inilah pendapat Sufyan Ats Tsauri, Malik bin Anas, Ibnul Mubarak, Asy Syafi’i, penduduk Kufah, dan Ahmad, inilah pendapat yang lebih shahih.  Diriwayatkan dari jalan lain bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam   melakukan shalat setelah dia witir. (Sunan At Tirmidzi No. 470)

                Berkata Syaikh Abdurrahman  Mubarkafuri Rahimahullah:

ู‚َุงู„َ ุงِุจْู†ُ ุงู„ْุนَุฑَุจِูŠِّ ูِูŠ ุนَุงุฑِุถَุฉِ ุงู„ْุฃَุญْูˆَุฐِูŠِّ : ู…َุนْู†َุงู‡ُ ุฃَู†َّ ู…َู†ْ ุฃَูˆْุชَุฑَ ูِูŠ ุขุฎِุฑِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุซُู…َّ ุตَู„َّู‰ ุจَุนْุฏَ ุฐَู„ِูƒَ ู„َุง ูŠُุนِูŠุฏُ ุงู„ْูˆِุชْุฑَ ุงِู†ْุชَู‡َู‰ .

“Berkata Ibnul ‘Arabi dalam ‘Aridhah Al Ahwadzi: Artinya adalah bahwa barangsiapa yang shalat witir pada akhir malam kemudian shalat setelahnya, maka hendaknya dia tidak mengulangi witir, selesai. “ (Syaikh Abdurrahman Mubarakafuri, Tuhfah al Ahwadzi,  2/469)

  Jadi, pendapat kedua adalah ketika telah melakukan shalat witir di awal malam, lalu tidur, maka ketika bangun, hendaknya shalat malam dilakukan seperti biasa saja tidak susah membatalkan witir sebelumnya dengan menambahkan satu rakaat. Selesainya tidak usah lagi ada witir, karena witirnya sudah dilakukan pada awal malam. Inilah pendapat yang benar menurut Imam At Tirmidzi.

๐Ÿ”ธBersambung ๐Ÿ”ธ



๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala...

0 Response to "Fiqih Shalat Witir (Bag. 3)"

Post a Comment

loading...
loading...