Fiqih I'tikaf (Bag. 4)

๐Ÿ“† Rabu,  10 Ramadhan 1437 H / 15 Juni 2016 M

๐Ÿ“š Fiqih dan Hadits

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.

๐Ÿ“‹  *Fiqih I'tikaf (Bag. 4)*
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ


๐Ÿ“š *Bolehkah I’tikaf Selain Ramadhan dan Tanpa Puasa?*

Dalam hal ini terjadi khilafiyah, Syaikh Utsaimin berkata:

ูุงู„ุฐูŠ ูŠุธู‡ุฑ ู„ูŠ ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ูˆ ุงุนุชูƒู ููŠ ุบูŠุฑ ุฑู…ุถุงู†، ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ูƒุฑ ุนู„ูŠู‡ ุจุฏู„ูŠู„ ุฃู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ّู… ุฃุฐู† ู„ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฃู† ูŠูˆููŠ ุจู†ุฐุฑู‡ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ู‡ุฐุง ุงู„ู†ุฐุฑ ู…ูƒุฑูˆู‡ุงً ุฃูˆ ุญุฑุงู…ุงً، ู„ู… ูŠุฃุฐู† ู„ู‡ ุจูˆูุงุก ู†ุฐุฑู‡، ู„ูƒู†ู†ุง ู„ุง ู†ุทู„ุจ ู…ู† ูƒู„ ูˆุงุญุฏ ุฃู† ูŠุนุชูƒู ููŠ ุฃูŠ ูˆู‚ุช ุดุงุก، ุจู„ ู†ู‚ูˆู„ ุฎูŠุฑ ุงู„ู‡ุฏูŠ ู‡ุฏูŠ ู…ุญู…ุฏ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ّู…، ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ّู… ูŠุนู„ู… ุฃู† ููŠ ุงู„ุงุนุชูƒุงู ููŠ ุบูŠุฑ ุฑู…ุถุงู†، ุจู„ ูˆููŠ ุบูŠุฑ ุงู„ุนุดุฑ ุงู„ุฃูˆุงุฎุฑ ู…ู†ู‡ ุณู†ุฉ ูˆุฃุฌุฑุงً ู„ุจูŠู†ู‡ ู„ู„ุฃู…ุฉ ุญุชู‰ ุชุนู…ู„ ุจู‡

“Yang nampak benar bagi saya, bahwa manusia jika i’tikaf pada selain Ramadhan, hal itu tidaklah   diingkari berdasarkan dalil bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengizinkan Umar bin Al Khathab menepati nazarnya.

Seandainya nazar tesebut makruh atau haram, niscaya Beliau tidak akan mengizinkan memenuhi nazarnya. Tetapi, kami tidak menuntut setiap orang untuk beri’tikaf pada bulan apa saja semaunya dia, bahkan kami katakan sebaiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam . Seandainya Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan I’tikaf selain Ramadhan, bahkan diluar 10 hari terakhir adalah sunah dan berpahala, niscaya Beliau akan menjelaskan kepada umat sehingga umat mengerjakannya.” (Syarhul Mumti’, 6/164. Mawqi’ Ruh Al Islam)

    Hadits yang dimaksud oleh Syaikh Utsaimin, yakni Dari Ibnu Umar, bahwa Umar bin Khatab berkata:

ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุฅู†ูŠ ู†ุฐุฑุช ููŠ ุงู„ุฌุงู‡ู„ูŠุฉ ุฃู† ุฃุนุชูƒู ู„ูŠู„ุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุงู„ุญุฑุงู…. ูู‚ุงู„: ุฃูˆู ุจู†ุฐุฑูƒ

“Wahai Rasulullah, saya bernazar pada masa jahiliyah untuk i’tikaf pada malam hari di masjidil haram.” Beliau bersabda: “Penuhi nazarmu.” (HR. Bukhari No. 1927, 1937,1938)

Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:

ููู‰ ุฃู…ุฑ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู‡ ุจุงู„ูˆูุงุก ุจุงู„ู†ุฐุฑ ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุงู† ุงู„ุตูˆู… ู„ูŠุณ ุดุฑุทุง ููŠ ุตุญุฉ ุงู„ุงุนุชูƒุงู، ุฅุฐ ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุตุญ ุงู„ุตูŠุงู… ููŠ ุงู„ู„ูŠู„.

Maka, pada perintah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepadanya  (Umar) untuk memenuhi nazar, merupakan dalil bahwa berpuasa bukanlah syarat bagi sahnya i’tikaf, mengingat bahwa tidak sahnya berpuasa malam hari. (Fiqhus Sunnah, 1/478)

Inilah pendapat Ali, Ibnu Mas’ud, Al Hasan Al Bashri, Asy Syafi’i, dll. Sedangkan ‘Aisyah, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Sa’id bin Al Musayyib,  Urwah bin Zubeir, Az Zuhri,  Al Auza’i, Malik, Abu Hanifah, menyatakan bahwa I’tikaf tidak sah tanpa berpuasa. (Ibid, 1/479)

Faktanya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah I’tikaf pada bulan Syawwal, yaitu 10 hari terakhir bulan Syawwal, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam kitab Shahihnya:
ุจَุงุจ ุงู„ِุงุนْุชِูƒَุงูِ ูِูŠ ุดَูˆَّุงู„ٍ

  Bab I’tkaf Pada Bulan Syawwal

Maka, pandangan yang lebih kuat adalah bahwa I’tikaf tetap sah dilakukan tanpa puasa dan sah pula di luar Ramadhan. Jika ditambah puasa maka itu afdhal.

Wallahu A’lam

๐Ÿ”นBersambung ๐Ÿ”น

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala...