Jangan Meremehkan Amalan Ringan

๐Ÿ“† Jumat, 22 Rajab 1437H / 29 April 2016

๐Ÿ“š MUAMALAH

๐Ÿ“ Ust. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

๐Ÿ“‹ Jangan Meremehkan Amalan Ringan

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ

๐Ÿ“šHadits:

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุณَุนِูŠุฏٍ ุฃَู†َّ ุฑَุฌُู„ًุง ุณَู…ِุนَ ุฑَุฌُู„ًุง ูŠَู‚ْุฑَุฃُ ู‚ُู„ْ ู‡ُูˆَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฃَุญَุฏٌ ูŠُุฑَุฏِّุฏُู‡َุง، ูَู„َู…َّุง ุฃَุตْุจَุญَ ุฌَุงุกَ ุฅِู„َู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَุฐَูƒَุฑَ ุฐَู„ِูƒَ ู„َู‡ُ ูˆَูƒَุฃَู†َّ ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ูŠَุชَู‚َุงู„ُّู‡َุง، ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَุงู„َّุฐِูŠ ู†َูْุณِูŠ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ุฅِู†َّู‡َุง ู„َุชَุนْุฏِู„ُ ุซُู„ُุซَ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ِ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)

Dari Abu Sa'id ra berkata, 'bahwa ada seoseorang yang mendengar orang lain membaca QUL HUWALLAHU AHAD (surat Al-Ikhlas), ia membacanya secara berulang-ulang. Pagi harinya, laki-laki tadi menemui Rasulullah Saw dan menceritakan kisahnya, seolah-olah ia menganggap remeh bacaan (orang tersebut).

Maka Rasulullah Saw bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-NYA, sesungguhnya membaca surat Al-Ikhlas itu menyamai (pahala) sepertiga al qur'an". (HR. Bukhari)

๐Ÿ“šHikmah Hadits:

❣1. Larangan menganggap remeh satu amalan ringan yang dilakukan oleh orang lain.

Karena bisa jadi amalan ringan tersebut memiliki nilai dan bobot yang sangat mulia di sisi Allah Swt. Terlebih jika amalan tersebut dilakukan secara ikhlas, kontinou dan penuh dengan kesungguhan.

❣2. Cara Nabi Saw yang sangat bijak dalam meluruskan kesalahan para sahabat.

Betapa beliau tidak "terbawa" oleh isu orang yang menyampaikan informasi kepada beliau, namun di sisi lain beliau juga tidak mencela sahabat yang menganggap remeh amalan yang dilakukan oleh sahabat lainnya.

Namun justru Nabi Saw lebih fokus pada substansi nilai yang lebih manfaat, yaitu penegasan tentang keutamaan membaca surat Al-Ikhlas.

❣3. Anjuran untuk senantiasa membaca surat Al-Ikhlas dalam segala aktivitas.

Karena surat yang sangat ringan di lisan ini memiliki bobot pahala yang berlimpah, yaitu sebanding dengan sepertiga Al-Qur'an.

Maka, mari kita hiasi aktivitas kita dengan dengan bacaan surat Al-Ikhlas; dalam berdzikir bada shalat, ketika keluar dari rumah dan di perjalanan, ketika memulai bekerja, ketika berdoa, ketika akan beristirahat dan dalam kondis-kondisi lainnya.

Tidakkah kita senang mendapatkan pahala yang senilai dengan sepertiga Al-Qur'an dalam setiap aktivitas kita?

Wallahu A'lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala...

0 Response to "Jangan Meremehkan Amalan Ringan"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI