Ilmu Yang Bermanfaat



๐Ÿ‘‘Ustadzah Menjawab
Ustadzah Dra. Indra Asih

๐Ÿ“†Kamis, 21 April 2016 M
                  13 Rajab 1437 H
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒบ๐ŸŒป๐ŸŒผ๐ŸŒฟ

Assalamu'alaikum wr.wb

Ustadzah.....Apakah amalan seorang guru ngaji masih mengalir pd sang guru itu (karena ilmu yg dia ajarkan masih di amalkan sama murid2 nya sampai saat ini)tetapi sekarang sang guru itu sudah tdk serajin dulu dlm beribadah.
๐Ÿ…ฐ2⃣1⃣

๐Ÿ’–Jawaban๐Ÿ’–

Wa'alaikumsalam Wr.Wb

In shaa Allah pahala akan terus mengalir pada beliau selama msh ada yg terus mengamalkan ajarannya...bahkan walau beliau sudah wafat... sesuai hadits berikut:

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู…َู†ْ ุฏَู„َّ ุนَู„َู‰ ุฎَูŠْุฑٍ ูَู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِ ูَุงุนِู„ِู‡ِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim).

Kebaikan yang dimaksudkan dalam hadits ini adalah kebaikan agama maupun kebaikan dunia.

Termasuk dalam memberikan kebaikan di sini adalah dengan memberikan wejangan, nasehat, menulis buku tentang ilmu yang bermanfaat.

Hadits di atas semakna dengan hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ู…َู†ْ ุณَู†َّ ูِู‰ ุงู„ุฅِุณْู„ุงَู…ِ ุณُู†َّุฉً ุญَุณَู†َุฉً ูَุนُู…ِู„َ ุจِู‡َุง ุจَุนْุฏَู‡ُ ูƒُุชِุจَ ู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِ ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุจِู‡َุง ูˆَู„ุงَ ูŠَู†ْู‚ُุตُ ู…ِู†ْ ุฃُุฌُูˆุฑِู‡ِู…ْ ุดَู‰ْุกٌ ูˆَู…َู†ْ ุณَู†َّ ูِู‰ ุงู„ุฅِุณْู„ุงَู…ِ ุณُู†َّุฉً ุณَูŠِّุฆَุฉً ูَุนُู…ِู„َ ุจِู‡َุง ุจَุนْุฏَู‡ُ ูƒُุชِุจَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู…ِุซْู„ُ ูˆِุฒْุฑِ ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุจِู‡َุง ูˆَู„ุงَ ูŠَู†ْู‚ُุตُ ู…ِู†ْ ุฃَูˆْุฒَุงุฑِู‡ِู…ْ ุดَู‰ْุกٌ

“Barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim)

Bentuk pengajaran ilmu yang bisa diberikan ada dua macam:

Dengan lisan seperti mengajarkan, memberi nasehat dan memberikan fatwa.

Dengan perbuatan atau tingkah laku yaitu dengan menjadi qudwah hasanah, memberi contoh kebaikan.
Wallahu a'lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน๐ŸŒบ๐ŸŒป๐ŸŒผ๐ŸŒฟ

Dipersembahkan Oleh :
www.iman-islam.com


๐Ÿ’ผ Sebarkan ! Raih pahala..

0 Response to "Ilmu Yang Bermanfaat"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI