Syarat Mrnjadi Imam

๐Ÿ“Roffita Sari, S.Pd.I

๐ŸŒฟ๐Ÿ€๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐Ÿ„๐ŸŒน๐ŸŒท 

Assalamualaykum ustadzah, terimakasih sebelumnya sudah mendapatkan izin gabung di Manis ☺
Ustadzah mau nanya nih, apa syarat dan keutamaan menjadi Imam shalat, sedangkan diantara kami (lk 24th 2juz ), (Pr 43th 1juz), ( Pr 22th 4juz) saya pernah dengar yang menjadi imam yang paling banyak hafalannya ?

[Nurul Laili_A32]
-------------

๐Ÿ‘†jawaban: 

Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Alhamdulillah ya Ukhti Nurul. 

Syarat – Syarat Imam Shalat Syarat Utama menjadi Imam Shalot seperti disebutkan dalam kitab Fiqh Al Islami Wa karya Syaikh Wahbah Al Zuhaili antara lain, ” Islam, Berakal, Baligh, Laki – Laki, Suci dari Hadats, Bagus Bacaan dan Rukunnya, Bukan Makmum, Sehat dan belum tua serta Lidahnya Fasih dapat mengucapakan Lafal Arab dengan tepat dan jelas. Sabda Nabi Muhammad Saw , ” Jika ada 3 (Tiga) Orang, maka hendaklah memilih salah seorang di antara mereka menjadi imam dan yang paling berhak diantara mereka ialah yang paling bagus bacaannya (HR. Muslim)."

Dalam konteks diatas. Seseorang yang paling bagus bacaannya. Selama masih ada seorang laki-laki dalam jama'ah sholat maka laki-laki 24 tahun hafal 2 juz itu yang berhak menjadi imam shalat. Jika, semua jama'ah perempuan maka perempuan 22 tahun hafal 4 juz yang berhak menjadi imam tsb.

๐ŸŒฟ๐Ÿ๐ŸŒบ๐ŸŒธ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ€๐ŸŒท๐ŸŒน

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผSebarkan! Raih Bahagia...

0 Response to "Syarat Mrnjadi Imam"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI