Memanggil Istri dengan Sebutan "Ummi" Termasuk Zihar?

✏Ustadz Dr.Wido Supraha

🌿🌺🍁🌸🍄🌻🍀🌷🌹

Assalamu'alaikum Ustadz. Ada pertanyaan dari Niha khomsi #A 29

Temanku memberitahu tafsir Qs. 58 ayat 2- 4... kata nya termasuk memanggil istri dengan kata ibu, ummi, emak dll sama dengan zihar di ayat tersebut.

Jawaban:

Wa 'alaikumussalaam warahmatullah,

Allah Swt berfirman,

وَٱلَّذِينَ يُظَـٰهِرُونَ مِن نِّسَآٮِٕہِمۡ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُواْ فَتَحۡرِيرُ رَقَبَةٍ۬ مِّن قَبۡلِ أَن يَتَمَآسَّا‌ۚ ذَٲلِكُمۡ تُوعَظُونَ بِهِۦ‌ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٌ۬

"Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka [wajib atasnya] memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Mujadilah/58:2)

Al Imam Ibn Jarir ath-Thabari menjelaskan dalam tafsirnya, bahwa maksudnya adalah orang yang mengharamkan istrinya untuk dirinya, sebagaimana Allah mengharamkan punggung ibu mereka untuk mereka, sehingga mereka mengatakan kepada istri mereka, "Kamu bagiku bagaikan punggung ibuku!", dan ini adalah bentuk thalaq pada masa Jahiliyah.

Untuk lebih memahami persoalan ini, Al Imam Ibn Katsir dalam tafsirnya memasukkan satu riwayat dari Imam Ahmad dengan sanad sampai kepada Khaulah binti Tsa'labah r.a., yang mengalami 'thalaq' dari suaminya yang marah kepadanya saat Khaulah r.a. tidak mau melayaninya, sehingga Khaulah r.a. pergi menemui Rasulullah Saw., dan turun ayat 1-4 dari Surat Al-Mujadilah, dan mewajibkan kepada suami Khaulah r.a. untuk membayar kafarat. Inilah kisah seorang wanita yang aduannya didengar Allah Swt.

Dari kisah di atas dapat kita ambil key-term, istilah-kunci-nya adalah niatan menthalaq di atas kemarahan yang memuncak.

Pertanyaan Ibu adalah bagaimana jika seorang suami yang justru memanggil suaminya dengan kasih sayang: 'ummi', maka ini tidak memenuhi syarat thalaq di atas, namun tentu ini bukan kebiasaan Nabi Saw., maka hendaknya suami dapat memanggil dengan nama atau panggilan tersayang lainnya.

Wallahu a'lam,

Wassalam,
supraha.com
qudwatuna.com

🌿🌺🍁🍀🌸🍄🌻🌷🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼Sebarkan! Raih bahagia...

0 Response to "Memanggil Istri dengan Sebutan "Ummi" Termasuk Zihar?"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI