Kehendak dan Ridha Allah ﷻ

✏Ustadzah Nurdiana S.pd.I

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹
                                                                       
📌Assalamualaikum wr wb

Saya pernah dengar tausiyah dari DR.Qurais shihab, beliau mengatakan “bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia adalah kehendak Allah tapi belum tentu semua yang terjadi dapat ridho Allah” , mohon penjelasannya

Jawabannya:

Walaikumsalam wr wb,

Apa yang disampaikan oleh Dr quraish shihab untuk poin ini benar, dan kita bisa menyaksikannya dalam  kehidupan sehari-hari, Allah berfirman:
“Sesungguhnya agama (yang haq) di sisi Allah adalah Islam.” (QS. Ali Imron 19)

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah kuridhoi Islam itu sebagai agamamu.” (QS. Al Maidah 3)

Ibnu Katsir berkata, “Ini adalah nikmat terbesar dari berbagai nikmat yang Allah berikan kepada umat ini. Yaitu Allah telah menyempurnakan untuk mereka agama mereka, sehingga mereka tidak membutuhkan agama yang lain dan juga tidak membutuhkan nabi selain nabi mereka, Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itulah, Allah menjadikan beliau sebagai penutup para nabi dan menjadikannya pula sebagai nabi yang diutus kepada seluruh manusia dan jin. Maka tidak ada yang halal melainkan apa yang dihalalkannya dan tidak ada yang haram selain apa yang diharamkannya serta tidak ada agama yang benar kecuali agama yang disyari’atkannya.”

Realitas kehidupannya banyak yang memilih agama atau pedoman hidup selain Islam, Allah berfirman. Yang artinya , Katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; Maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir". Sesungguhnya kami Telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.( Q. S. Al Kahfi : 29 )

Menyimak surat al kahfi diatas manusia di beri kebebasan untuk memilih dan apapun pilihan sikap kita semua harus dipertanggung jawabkan dan ada konsekwensi logisnya. 

Kesimpulannya ; Semua hal yang terjadi, yang melanggar atau tidak sesuai dengan syariat Allah maka  semua  tidak di ridhoi Allah. Ini dikuatkan oleh firman Allah (artinya): “Tidaklah patut bagi laki-laki mukmin dan perempuan mukmin, untuk memilih pilihan (lain) dalam urusan mereka, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan”. [QS. Al-Ahzab: 36].

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membuat perkara yang baru dalam urusan agama kami ini sesuatu yang bukan bagian darinya, maka ia tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim)
Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad mengomentari hadits ini, “Hadits ini secara mutlak menunjukkan bahwa semua amal yang tidak sesuai syari’at itu tertolak, meskipun tujuan pelakunya baik” (lihat Fathul Qowiy Al Matin), wa Allahu a’lam.

🌿🌺🍀🌻🍁🍄🌷🌸🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼Sebarkan! Raih bahagia..

0 Response to "Kehendak dan Ridha Allah ﷻ"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI