GERHANA TIDAK TERLIHAT BERARTI TIDAK ADA SHALAT GERHANA?

✏Ustadz Farid Nu'man

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐Ÿ€๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒป๐Ÿ„๐ŸŒน

GERHANA TIDAK TERLIHAT BERARTI TIDAK ADA SHALAT GERHANA

Karena shalat gerhana ini dikaitkan dengan penglihatan, bukan berdasarkan hisab atau hasil perkiraan ilmu falak atau astronomi. Nabi saw bersabda : 

ูุงุฐุง ุฑุงูŠุชู…ูˆู‡ุง ูุงูุฒุนูˆุง ุงู„ูŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ

Jika kalian melihat gerhana (matahari atau bulan) maka bersegeralah untuk melaksanakan sholat. ( HR. Bukhori no 1047)

Syaikh Muhammad bin sholeh al utsaimin pernah ditanya, "apa hukum jika gerhana matahari tertutup awan mendung, namun sudah dinyatakan di berbagai surat kabar sebelum itu bahwa nanti akan terjadi gerhana dengan izin Alloh pada jam sekian dan sekian. Apakah shalat gerhana tetap dilaksanakan walau tidak terlihat gerhana..? 

Syaikh menjawab, " Tidak boleh berpatokan pada berbagai berita yang tersebar atau berpatokan semata-mata dengan berita dari para astronom. Jika langit mendung, maka tidak ada shalat gerhana karena Nabi Saw mengaitkan hukum dengan penglihatan. Nabi saw bersabda : jika kalian melihat terjadinya gerhana, maka segeralah sholat. Satu hal yang mungkin Alloh menyembunyikan penglihatan gerhana pada suatu daerah, lalu menampakkannya pada daerah lainnya. Ada hikmah di balik itu semua." ( sumber: saaid.Net)

Sehingga jika ada yang shalat gerhana padahal cuma melihat di TV atau berpatokan pada berita saja, nyatanya di daerahnya sendiri tidak tampak gerhana karena tertutup mendung, maka ia telah keliru.  (Penulis : Muhammad Abduh Tausikal. Rumaysho.com )

Catatan : jika suatu daerah tidak terlihat gerhana, maka tidak ada keharusan shalat gerhana. Karena shalat gerhana ini diharuskan bagi siapa saja yang melihatnya sebagaimana disebutkan dalam hadist di atas. Wallahu A'lam
 Terkait artikel di atas, hukumnya sholat gerhana di jakarta gmn ya ?

Anisa - Manis 05

Jazakallah Ustadz๐Ÿ™๐Ÿป

___________________
JAWABAN: 
Wa 'alaikumussalam warahmatullah wa barakatuh... , saat ini sdh ada ahlinya apakah gerhana terjadi atau tidak, bhkan mrk sdh tahu kadar gerhana di sebuah daerah, yaitu lembaga semacam bmkg .. mrka sdh mengumumkan daerah2 yg mengalami gerhana karena mereka melihatnya  ..
Walau kita tdk melihatnya tp bmkg sdh melihatnya dgn alat2 mereka .. itu sdh mencukupi, sbb penglihatan 1 org adil dan terpercaya sdh cukup. Apakah gerhana harus dilihat seluruh manusia? Tidak, penglihatan para pakar sudah cukup. Fatwa Syaikh Utsaimin benar dan sudah cocok dengan apa yang sedang terjadi bahwa gerhana terjadi dan terlihat oleh orang-orang terpercaya.

Wallahu  a'lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ๐Ÿ€๐ŸŒธ๐ŸŒท๐Ÿ„๐ŸŒน

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผSebarkan! Raih bahagia....

0 Response to "GERHANA TIDAK TERLIHAT BERARTI TIDAK ADA SHALAT GERHANA?"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI