Bolehkan Pria Terlihat Lekuk Tubuhnya?

✏Ust. Farid Nu'man Hasan

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Assalamualaikum.
Ust saya ijin bertanya.
Di sekolah kami ada peraturan memasukkan baju bagi yg ikhwan. Nah ada seorang guru yg menolak kesepakatan tsb dg alasan bahwa jika memasukan baju maka bentuk tubuhnya/uaratnya nampak. Dia menyamakan dg wanita yg dilarang menampakkan bentuk tubuhnya.
Bagaimana menyikapi ini ust, karena beberapa siswa (SD) yg melanggar tidak memasukkan baju seragamnya beralasan bahwa bpk itu aja gak masukin baju dan kata beliau gak papa g dimasukin.

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wa rahmatullah .., Bismillah wal Hamdulillah ..

Masalah ini perlu diperjelas batasan aurat laki-laki dulu, bahwa jumhur ulama mengatakan dari pusar ke lutut. Lengkapnya buka link berikut ini:

http://www.iman-islam.com/2015/11/ustadz-menjawab-batalkah-shalat-jika.html

Jadi, jika laki-laki sudah menutup bagian auratnya dengan baik maka itu sudah cukup.

Ada pakaian seragam saat ini tdk ada yang  hanya menutup pas auratnya saja, tapi atasan bawahan sekaligus.

Ada pun memasukan baju, tidak apa-apa, apalagi jika  pakaiannya longgar dan mereka masih SD,  sebab ini tidak bisa disamakan dengan lekuk tubuh wanita. Tidak ada dasarnya, dan tidak benar diqiyaskan dengan wanita.

Justru Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah buka baju di hadapan sahabatnya, dan ini sudah pasti terlihat lekuk tubuhnya.

Berikut ini kisahnya:

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ، أَخْبَرَنَا خَالِدٌ، عَنْ حُصَيْنٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنْ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ، رَجُلٍ مِنَ الْأَنْصَارِ قَالَ: بَيْنَمَا هُوَ يُحَدِّثُ الْقَوْمَ وَكَانَ فِيهِ مِزَاحٌ بَيْنَا يُضْحِكُهُمْ فَطَعَنَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي خَاصِرَتِهِ  بِعُودٍ فَقَالَ: أَصْبِرْنِي فَقَالَ: «اصْطَبِرْ» قَالَ: إِنَّ عَلَيْكَ قَمِيصًا وَلَيْسَ عَلَيَّ قَمِيصٌ، «فَرَفَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَمِيصِهِ، فَاحْتَضَنَهُ وَجَعَلَ يُقَبِّلُ كَشْحَهُ»، قَالَ إِنَّمَا أَرَدْتُ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ

Berkata kpd kami ‘Amru bin ‘Aun, mengabarkan kami Khalid, dari Hushain, dari Abdurrahman bin Abi Laila, dari USAID BIN HUDHAIR, dia seorang laki-laki dari Anshar: “Ketika dia (Usaid bin Hudhair) sedang berbicara dengan kaumnya dan di dalamnya ada canda yang membuat mereka tertawa, maka Nabi  ﷺ memukul pinggangnya  dengan sebatang kayu. Maka dia (USAID) berkata, ‘Beri saya kesempatan untuk qishash (membalas setimpal).” Beliau bersabda, “Silakan membalas.” Dia berkata, “Engkau memakai baju, sedangkan saya (ketika engkau pukul) tidak memakai baju.” Maka Rasulullah  ﷺ mengangkat bajunya. Maka dia (Usaid bin Khudair) langsung memeluknya dan mencium pinggangnya. Lalu dia berkata, ‘Inilah yang aku inginkan wahai Rasulullah.” (HR. Abu Daud No.  5224, Ath Thabarani, Al Mu’jam Al Kabir No. 556,  Al Baihaqi, Syu’abul Iman, No. 13586,  Al Baghawi,  10/169,  Al Hakim, Al Mustadrak ‘Alash Shahihain, 3/288)

Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: “Isnadnya shahih sesuai syarat Syaikhain/Al Bukhari dan Muslim.” (Lihat Ta’liq Musnad Ahmad, 17/329. Cat kaki hadits No. 11229)

Juga Syaikh Al Albani (Lihat Misykah No. 4675, Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 2554).

Maka, pelarangan memasukan baju buat anak-anak SD selain sikap kelewat batas, dan menunjukkan minimnya pemahaman syariah.

Wallahu A'lam

✏ Farid Nu'man Hasan

🌿🌺🍂🍀🌼🍄🌷🍁🌹

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

💼 Sebarkan! Raih pahala...

0 Response to "Bolehkan Pria Terlihat Lekuk Tubuhnya?"

Post a Comment

NASEHAT HARI INI